Standar 5

Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

 

5.1  Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

5.1.1  Kompetensi

5.1.1.1  Uraikan secara ringkas kompetensi utama lulusan

 

Kompetensi Utama Lulusan program studi Tadris IPA Biologi adalah sebagai berikut:

  1. Berprilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia
  2. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
  3. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat sekitar
  4. Berprilaku sesuai dengan kode etik profesi pendidik dan memiliki etos kerja serta tanggung jawab yang tinggi selaku pendidik
  5. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir Keilmuan Biologi secara menyeluruh dalam kerangka integrasi Islam dan ilmu pengetahuan
  6. Memahami lingkup dan kedalaman biologi sekolah
  7. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  8. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
  9. mengembangkan materi pembelajaran Biologi secara kreatif
  10. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  11. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  12. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
  13. Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

 

 

5.1.1.2  Uraikan secara ringkas kompetensi pendukung lulusan

Untuk mendukung terpenuhinya tujuan program studi, maka ditetapkan kompetensi pendukung lulusan sebagai berikut:

  1. Menguasai wawasan dan keterampilan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan
  2. Menerapkan hukum-hukum Biologi dalam teknologi yang terkait dengan Biologi
  3. Mengembangkan kemandirian dan sikap wirausaha dengan memanfaatkan penguasaan keilmuan biologi

 

 

5.1.1.3  Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Untuk mendukung ciri khas sebagai program studi yang berada di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam negeri, yaitu pengembangan pembelajaran Biologi dalam kerangka integrasi Islam dan ilmu pengetahuan, maka ditetapkan kompetensi khusus sebagai berikut:

  1. Berprilaku yang mencerminkan kepribadian ilmuwan muslim Indonesia
  2. Menguasai wawasan dasar ilmu-ilmu agama Islam secara komprehensif, serta mampu membaca dan menulis Al Quran dengan baik

 

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

 

5.1.2  Struktur Kurikulum

 

5.1.2.1  Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) :  …  sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah Sks Keterangan
(1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 155 Matakuliah ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa
Mata Kuliah Pilihan 4 Mata kuliah pilihan wajib dipilih dari mata kuliah yang ditawarkan
Jumlah Total 159  

 

(catatan  sebaiknya yang dipilih minimal 9 sks, dan yang ditawarkan  20 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Tuliskan struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:

 

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas*** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti** Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
SEMESTER I
I IAIN 103 Alqur’an 0   Institut
2 IAIN 106 PPKn 2   Institut
3 IAIN 108 Bahasa Arab 1 2   Institut
4 IAIN 112 Metodologi Studi Islam 2     Institut
5 IPA 116 Matematika Dasar 2     Jurusan
6 IPA 117 Biologi Umum & Praktikum 3     Jurusan
8 IPA 218 Kimia Dasar 1& Praktikum 3     Jurusan
10 IPA 217 Fisika Dasar 1 & Praktikum 2     Jurusan
12 TAR 209 Ilmu Pendidikan 2     Fakultas
    Total SKS 19              
SEMESTER II
1 IAIN 214 Bahasa Arab 2 2     Institut
2 IAIN 107 Bahasa Indonesia 2   Institut
3 IAIN 215 Sejarah Peradaban Islam 2     Institut
4 IAIN 219 Fiqh/Ushul Fiqh 2     Institut
5 IPA 402 Sosiologi Pendidikan 2              
6 IPA 313 Anatomi Tumbuhan&Praktikum 3              
7 TAR 236 Psikologi Pendidikan 2     Fakultas
8 IPA 202 Kimia Dasar 2 & Praktikum 3     Jurusan
9 IPA 210 Fisika Dasar 2 & Praktikum 3     Jurusan
    Total SKS 21              

 

Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)

**   Menurut rujukan peer group / SK Mendiknas 045/2002 (ps. 3 ayat 2e)

*** Beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (PR atau makalah) ≥ 20%.

****Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP.  Sediakan dokumen pada saat visitasi.

 

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas*** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti** Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
SEMESTER III
1 IAIN 300 Bahasa Inggris 1 2     Institut
2 IAIN 303 Ulumul Qur’an 2     Institut
3 IAIN 109 Sejarah Pemikiran Islam 2     Institut
4 TAR 301 Tafsir Tarbawy & Sains 2     Fakultas
5 IPA 316 Ilmu Peng. Bumi dan Antariksa 2     Jurusan
6 TAR 323 Teori Belajar & Pembelajaran 2     Fakultas
7 IPA 317 Zoologi Avertebrata & Praktikum 3     Jurusan
9 IPA 309 Kimia Organik & Praktikum 3     Jurusan
11 IPA  209 Struktur Hewan/Histologi 2     Jurusan
12 IPA 429 Taksonomi Cryptogamae & Praktikum 3     Jurusan
    Total SKS 23              
SEMESTER IV
1 IAIN 415 Bahasa Inggris 2 2     Institut
2 IPA 315 Pengelolaan Laboratorium IPA 2     Jurusan
3 IPA 426 Strategi Pemb. Biologi 2     Jurusan
4 IPA 429 Taksonomi Phanerogamae & Praktikum 3     Jurusan
5 IPA 430 Zoologi Vertebrata & Praktikum 3     Jurusan
6 IPA 431 Biokimia & Praktikum 3     Jurusan
7 IPA 432 Biologi Sel 2     Jurusan
8 TAR 321 Administrasi Pendidikan 2     Fakultas
9 TAR 412 Hadis Tarbawy 2     Institut
10 TAR 428 Bimbingan Konseling 2     Fakultas
Total SKS 23      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas*** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti** Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
SEMESTER V
1 TAR 519 Statistik Pendidikan 2     Fakultas
2 IPA 527 Mikrobiologi & Praktikum 3     Jurusan
3 IPA 528 Genetika & Praktikum 3     Jurusan
4 IPA 507 Ekologi & Praktikum 3     Jurusan
5 IPA 530 Ilmu Lingkungan 2     Jurusan
6 TAR 524 Biologi Reproduksi 2     Jurusan
7 IPA 525 Media Pembelajaran Biologi Biologi 2     Fakultas
8 IPA 526 Model Pembelajaran Biologi 2     Fakultas
9 IPA 667 Kapita Selekta Biologi Kls X & XI 2     Jurusan
10 IPA 416 Pengembangan Kurikulum Biologi 2     Fakultas
    Total SKS 23              
SEMESTER VI
1 IAIN Praktek Ibadah 0             Institut
2 IAIN 662 Filsafat Umum 2     Institut
3 IPA 637 Bioteknologi 2     Jurusan
4 IPA 665 Fisiologi Tumbuhan dan Praktikum 3     Jurusan
5 IPA 666 Fisiologi Hewan dan Praktikum 3     Jurusan
6 IPA 667 Kapita Selekta Biologi SMA Kls XI & XII 2     Jurusan
7   Mata Kuliah Pilihan 2     Jurusan
8 TAR 607 Micro Teaching (PPL 1) 2     Jurusan
9 TAR 663 Met. Penel. Pend.Bio. & Praktikum 3     Jurusan
10 TAR 664 Evaluasi Pembelajaran dan Praktikum 3     Jurusan
11 TAR 524 Etika Profesi Keguruan 2              
    Total SKS 24     Jurusan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas*** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti** Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
SEMESTER VII                
1 TAR 701 PPL 1 2     Jurusan
2   KKM 4              
3 TAR 703 Keterpaduan Islam & IPTEK 2     Jurusan
4 IPA 704 Studi Literatur Biologi 2     Jurusan
5 IPA 707 Penelitian Tindakan Kelas 2     Fakultas
6 IPA 713 Pemb. Bio. Berbasis Komputer & Internet 2     Jurusan
7 IPA 715 Biologi Reproduksi & Embriologi 2     Jurusan
8 IPA 716 Filsafat Sains (IPA) 2     Jurusan
9   Mata kuliah Pilihan 2     Jurusan
10 TAR 712 Seminar Pendidikan Biologi 2     Jurusan
    Total SKS 20      
SEMESTER VIII
1 IAIN 861 PPL 2 2              
2 IAIN 862 Skripsi 6              
    Total SKS 8              
TOTAL SKS 159      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tuliskan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:

 

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot sks Bobot Tugas* Unit/ Jur/ Fak Pengelola
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
VII/2011 Pil.6.03 Inovasi Pembelajaran Biologi 2 Jurusan
  Pil.6.06 Biologi Konservasi 2 Jurusan
  Pil.6.02 Assesmen Alternatif dalam IPA 2 Jurusan
  Pil.6.16 Pembelajaran sains Terapan 2 Jurusan
           
VI/2010 Pil.6.03 Inovasi Pembelajaran Biologi 2 Jurusan
  Pil.6.02 Assesmen Alternatif dalam IPA 2 Jurusan
           
VII/2010 Pil.6.03 Inovasi Pembelajaran Biologi 2 Jurusan
  Pil.6.04 Teknik dan Keterampilan Lab. 2 Jurusan
  Pil.6.06 Biologi Konservasi 2 Jurusan
           
Total sks 18    

* beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (PR atau makalah) ≥ 20%.

 

Matakuliah pilihan yang ditawarkan jurusan/prodi didistribusikan mulai semester VI sampai dengan semester VII. Hal ini didasarkan pada kebijakan lembaga yakni penawaran mata kuliah semester I sampai dengan semester IV masih dalam bentuk paket. Selain itu semester I sampai IV diberikan program unggulan berupa intensif bahasa. Program Intensif tersebut merupakan salah satu program unggulan kelembagaan dimana semester I dan II diberikan intensif Bahasa Arab, sedangkan semester III dan IV diberikan program intensif Bahasa Inggris. Program lainnya yang diberikan adalah bimbingan dan ujian baca tulis Al-Quran pada semester I dan II, dan bimbingan dan ujian Praktek Ibadah pada semester III dan IV.

 

 

 

 

 

 

5.1.4   Tuliskan substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu, dengan mengikuti format di bawah ini:

 

No. Nama Praktikum/Praktek Isi Praktikum/Praktek Tempat/

Lokasi Praktikum/Praktek

Judul/Modul Jam Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Biologi Umum  & Praktikum ·      Penggunaan Mikroskop

·      Keanekaragaman dalam struktur sel

·      Mengenal jaringan pada organ tumbuhan

·      Mikroorganisme dalam lingkungan kampus

·      Genetika mendelian

·      Kapasitas pernafasan paru-paru

·      Kandungan gizi pada berbagai zat makanan

·      Denyut nadi

·      Keanekaragaman hayati

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
2 Fisika Dasar 1 & Praktikum ·      Pengukuran

·      Ayunan matematis

·      Kalorimeter

·      Jembatan wheastone

·      Indeks bias

·      Cermin

·      Lensa

·      Osiloskop

·      Kisi difraksi

·      Osilasi pegas

·      Gerak lurus

·      Gaya gesekan

 

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
3 Kimia Dasar 1  & Praktikum ·      Pengenalan alat dan bahan

·      Pembuatan larutan

·      Pemisahan dan pemurnian zat

·      Pemisahan dengan metode kromatografi

·      Reaksi kimia dan persamaan reaksi kimia

·      Reaksi kimia tidak menyebbakan perubahan massa

·      Penentuan massa atom relative

·      Penentuan rumus molekul suatu senyawa

·      Penentuan orde reaksi dan tetapan laju reaksi

·      Kesetimbangan kimia

·      Penurunan titik beku larutan

·      Kenaikan titik didih larutan

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
4 Anatomi Tumbuhan & Prak. ·      Bentuk Sel

·      Bagian sel tumbuhan

·      Jaringan Epidermis

·      Jaringan Parenkim

·      Jaringan Penguat

·      Jaringan pengangkut

·      Organologi akar (radix) dan batang (caulis)

·      Daun dan Bunga

8 x3x 50’ Lab Biologi
6 Kimia Dasar  2 & Praktikum ·      Termokimia

·      Kalor pembakaran

·      Hukum Hess

·      Asam basa

·      Derajat Keasaman

·      Titrasi asam basa

·      Hasil kali kelarutan kalium hidroksida

·      Buffer dan hidrolisa

·      Beberapa reaksi larutan halide

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
7 Fisika Dasar 2 & Praktikum ·      Pengukuran Listrik

·      Jembatan wheastone

·      Listrik magnet I

·      Listrik magnet II

·      Resonansi bunyi

·      Indeks bias

·      Cermin

·      Lensa

·      Osiloskop

·      Arus boalk-balik

·      Prinsip kerja transformator

·      Kisi difraksi

 

   
7 Taksonomi Cryptogamae & Prak. ·      Cyanophyta, Chrysophyta dan Euglenophyta

·      Chlorophyta, Phaeophyta dan Rhdodophyta

·      Fungi I: Zygomycota dan Ascophyta

·      Fungi II: Basiomycota

·      Lichenes dan Mikoriza

·      Hepaticopsida dan Antoceratopsida

·      Bryopsida

·      Pteridophyta

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
8 Kimia Organik & Praktikum ·   Pembuatan Senyawa Alkana

·   Reaksi Pembuatan Alkena dengan Dehidrasi Alkohol

·   Reaksi Aldehid dan Keton

·   Pembuatan Etuna (Asetilena)

·   Isobutyl Aldehid A

·   Asam Karboksilat

·   Pembuatan Ester

·   Pembuatan Metil Ester

·   Uji Karbohidrat

·   Uji Lipid dengan Menggunakan Eter

·   Amyl Asetat

·   Ekstraksi

·   Kristalisasi

·   Amina

·   Polimer dan Perekat Alami

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
9 Zoologi Avertebrata & Prak. ·      Pengamatan spesies Phyllum Protozoa

·      Pengamatan spesies Porifera dan Coelenterata

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi spesies Phyllum Mollusca

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Spesies Phyllum Echinodhermata

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Spesies Vermes (Phyllum Annelida , Platyhelminthes dan Nemathelminthes)

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Spesies Phyllum  Arthropoda (Classis Crustaceae, Myriapoda,Insecta)

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Spesies Phyllum Arthropoda (Classis  Insecta)

·      Pembuatan Preparat Awetan kering (Insectarium) Hewan Avertebrata

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
10 Zoologi Vertebrata & Prak. ·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Ikan Mas (Cyprinu Carpio)

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Katak (Rana sp) dan Kodok (Bufo sp)

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Kadal (Mabouya multifasciata)

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Burung Merpati (Columba Domestica)

·      Pengamatan Morfologi dan Anatomi Kelinci (Cavia porcellus)

·      Pengamatan proses terjadinya fertilisasi pada mencit  (Mus musculus)

·      Pembuatan Preparat Awetan Tulang Hewan Vertebrata

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
11 Biokimia & Praktikum ·      Karbohidrat

·      Protein

·      Lipid

·      Uji Kandungan Vitamin

·      Identifikasi hormon hCG dalam urine

·      Isolasi DNA

·      Enzim Katalase

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
12 Taksonomi Phanerogamae & Prak ·   Pinophyta (Gymnospermae)

·   Magnoliidae dan Hammameliidae

·   Caryophylliidae dan Dilleniidae

·   Rosiidae dan Asteriidae

·   Zingiberiidae dan Liliidae

·   Commeliniidae dan Alismatiidae

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
13 Mikrobiologi & Praktikum ·   Pengenalan mikroskop

·   Pembuatan media dan sterilisasi

·   Solasi mikroba dan pemurnian

·   Teknik pewarnaan

·   Peranan mikroba di bidang pangan

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
14 Genetika & Praktikum ·      Imitasi persilangan monohibrid

·      Imitasi persilangan dihibrid

·      Epistasis-Hipostasis

·      Keanekaragaman tumbuhan dan indeks kesamaan

·      Keanekaragaman pada manusia

·      Penggunaan lalat drosophila sebagai organism percobaan genetika

·      Siklus hidup drosophila melanogaster

·      Pewarisan monohybrid

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
15 Ekologi & Praktikum ·   Pendahuluan

·   Pengenalan Alat

·   Ekosistem Daratan dan Perairan

·   Faktor-faktor Lingkungan

·   Suksesi

·   Siklus Hidrologi

·   Allelopati

·   Pendugaan Populasi

·   Pertumbuhan populasi

·   Analisis Vegetasi

·   Kinerja Hewan di Lingkungannya : Pola Aktivitas dan Jarak Edar Harian Hewan

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
16 Fisiologi Tumbuhan & Prak. ·   Difusi osmosis

·   Potensial osmosis dan plasmolisis

·   Status water deficit   pada tumbuhan kecukupan dan kurang air

·   Respirasi tumbuhan

·   Transpirasi dan evaporasi

·   Tanggapan tropisme pada tumbuhan

·   Fotosintesis

·   Pengaruh air,  asam, pupuk (organik dan an organik) dan ketebalan kulit  pada perkecambahan biji

 

8 x3x 50’ Lab Biologi
17 Fisiologi Hewan & Prak. ·      Penyesuaian Hewan Poikilotermik Terhadap Oksigen Lingkungan

·      Komposisi Darah

·      Handling, Pemberian Perlakuan Dan Pengambilan Sampel Berbagai Hewan Perobaan

·      Gerak Refleks

· Distribusi, Dan Aktivitas Reseptor Kulit

· Percobaan Digesti

·      Respirasi

·      Termoregulasi

·      Mikrosirkulasi Pada Katak

·      Kontraksi Otot Rangka

·      Kontraksi Otot Jantung

·      Ekstensibilitas Dan Elastisitas Otot

·      Iritabilitas Otot Dan Saraf

8 x3x 50’ Lab Biologi
18 PPL 1 Panduan PPL 1 12 x 2 x 50’ Lab Microteaching
19 PPL 2 Panduan PPL 2 12x 2 x 50’ Sekolah-sekolah Wilayah III Cirebon
20 Praktek Ibadah   10 x2 x 50’ Kelas atau ruang dosen
21 Al-Quran   10 x2 x 50’ Ruang PPTQ
22 KKM Panduan teknis KKM 10 x2 x 50’ Wilayah III Cirebon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2. Peninjauan silabus/SAP dan buku ajar dalam 5 tahun terakhir

Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan tersebut.  Tuliskan hasil peninjauan tersebut, mengikuti format tabel berikut.

 

No. No. MK Nama MK MK

Baru/

Lama/Hapus

Perubahan pada Alasan Peninjauan Atas usulan/ masukan  dari Berlaku mulai Sem./Th.
Silabus/SAP Buku Ajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1   Keterampilan Proses sains Dihapus     Mengikuti kebutuhan pasar

Penguatan keilmuan pendidikan Biologi

Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi

 

Rapat dosen Prodi  
2   Pedagogi Materi Subyek Dihapus     Mengikuti kebutuhan pasar    
3   Teknik Laboratorium Dihapus     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
4   Gizi dan Masyarakat Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
5   Zoologi Zoologi Vertebrata

Zoologi Avertebtara

    Mengikuti kebutuhan pasar    
6   Histologi Struktur Hewan     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
7   Taksonomi Tumbuhan Taksonomi Kryptogamae

Taksonomi Panerogamae

    Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
8   Biometrik Dihapus     Mengikuti kebutuhan pasar    
9   Fisika Dasar Fisika dasar 1

Fisika dasar 2

    Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
10   Biologi Umum 1 Biologi Umum     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
11   Biologi Umum 2 Biologi Umum     Mengikuti kebutuhan pasar    
12   Pengembangan Sumber Belajar Media Pembelajaran Biologi     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
13   Kewirausahaan Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
14   Immunologi Dihapus     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
15           Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
16   Desain alat dan Peraga Biologi Media Pembelajaran Biologi     Mengikuti kebutuhan pasar    
17   Civic Education PPKN     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
18   Kimia Dasar Kimia Dasar 1

Kimia Dasar 2

    Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
19   Metodologi Pengajaran Biologi Strategi Pembelajaran Biologi     Mengikuti kebutuhan pasar    
20   Botani Dihapus     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
21   Manajemen PLS Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
22   Filsafat Ilmu Filsafat sains     Mengikuti kebutuhan pasar    
23   Biologi Seluler dan Molekuler Biologi Sel     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
24   Anatomi dan Morfologi Tumbuhan Anatomi Tumbuhan     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
25   Perencanaan Pengajaran Biologi Administrasi Pendidikan     Mengikuti kebutuhan pasar    
26   Sosiologi Antropologi Pendidikan Sosiologi Pendidikan     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
27   Biologi, Manusia dan Gizi Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
28   AMDAL Dihapus     Mengikuti kebutuhan pasar    
29   Hortikultura Dihapus     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
30   Imunologi dan Toksikologi Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
31   Leadership dan Enterpreneurship Dihapus     Mengikuti kebutuhan pasar    
32   Pendidikan kependudukan Lingkungan Hidup Dihapus     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
33   Pengelolaan Laboratorium Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
34   Kapita Selekta Kapita Selekta 1

Kapita Selekta 2

    Mengikuti kebutuhan pasar    
35   Biosistematika Dihapus     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
36   Anatomi dan Fisiologi Manusia Dihapus     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
37   Reproduksi dan Embriologi Biologi Reproduksi     Mengikuti kebutuhan pasar    
38   Kurikulum Biologi Sekolah menengah Pengembangan Kurikulum Biologi SMA     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
39   E-Learning Pembelajaran Biologi Berbasis Komputer dan Internet     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
40     Asesmen Alternatif     Mengikuti kebutuhan pasar    
41     Pendidikan Nilai     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    
42     Keterpaduan Islam dan IPTEK     Mengikuti perkembangan keilmuan dan kemajuan teknologi    
43     Inovasi Pembelajaran Biologi     Mengikuti kebutuhan pasar    
44     Model Model Pembelajaran Biologi     Penguatan keilmuan pendidikan Biologi    

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3    Pelaksanaan Proses pembelajaran

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.

Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

 

5.3.1   Mekanisme Monitoring Perkuliahan

Jelaskan mekanisme untuk memonitor perkuliahan, antara lain kehadiran dosen dan mahasiswa, serta materi perkuliahan.

 

        Jurusan/Program  Studi  mendorong prinsip akuntabilitas sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi kegiatan akademik. Monitoring perkuliahan telah diatur dalam Ketentuan Pokok Kurikulum dan Pedoman Akademik IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Monitoring tersebut mencakup pelaksanaan perkuliahan, kehadiran dosen dan mahasiswa, ketersediaan SAP/Silabus perkuliahan, dan kesesuaian materi perkuliahan dengan Silabus.

Kehadiran dosen dan mahasiswa dimonitor melalui instrumen berita acara perkuliahan, daftar hadir dosen,  dan daftar hadir mahasiswa serta angket mahasiswa. Hasil monitoring dan perkembangan kehadiran dosen dan tingkat pelaksanaan perkuliahan kemudian menjadi salah satu agenda rutin pertemuan dosen dan rapat jurusan/prodi.  Pada setiap kegiatan perkuliahan/praktikum/ujian dilampirkan berita acara pelaksanaan yang ditandatangani oleh dosen maupun mahasiswa .  Presensi (daftar hadir) disediakan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengetahui tingkat kehadiran dosen dan mahasiswa.

Kehadiran mahasiswa juga terpantau melalui daftar hadir mahasiswa. Mahasiswa yang tidak memenuhi batas minimal kehadiran (75 % perkuliahan)  tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester. Monitoring kehadiran dan kelancaran studi mahasiswa juga dibantu oleh peran Pembimbing Akademik yang memantau perkembangan studi mahasiswa setiap semester.  Adapun data aktivitas mengajar dosen merujuk pada tabel 4.3.4 dan 4.3.5. Presensi dosen dan berita acara memungkinkan monitoring materi perkuliahan telah diberikan sebagaimana yang direncanakan.

Selain itu disiapkan pula kuesioner penilaian kinerja dosen yang diisi oleh mahasiswa sebagai bahan evaluasi tiap dosen. Dari kuesioner tersebut dapat dilakukan evaluasi kinerja (pengukuran indeks kepuasan/IK) terhadap dosen yang bersangkutan baik dalam pelaksanaan kuliah maupun praktikum.

Evaluasi Materi perkuliahan dilakukan dalam suatu rapat jurusan/prodi dan diikuti paling sedikit oleh Tim Teaching mata ajaran yang bersangkutan.  Pelaksanaan rapat evaluasi materi perkuliahan dilaksanakan sedikitnya 2 kali dalam satu semester yaitu pada awal dan akhir semester. Pertimbangan untuk mengubah materi perkuliahan didasarkan pada perkembangan teknologi, tuntutan pasar serta kondisi keilmuan dan kompetensi yang ingin dicapai.

Kesesuaian materi perkuliahan dipantau melalui pengecekan teradap silabus perkuliahan yang harus diserahkan dosen sebelum perkuliahan di awal semester.  Pembaharuan terhadap silabus juga dilakukan secara berkala oleh kelompok dosen yang memiliki keahlian/kompetensi mata kuliah yang sama.

 

5.3.2  Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.

  1. Soal ujian matakuliah Ekologi
  2. Soal ujian matakuliah Biokimia
  3. Soal ujian matakuliah Zoologi Avertebrata
  4. Soal ujian matakuliah Taksonomi Cryptogamae
  5. Soal ujian matakuliah Sruktur Hewan

 

 

 

 

 

 

 

 

5.4   Sistem Pembimbingan Akademik

 

  • Tuliskan nama dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut:

 

No Nama Dosen Pembimbing Akademik Jumlah Mahasiswa Bimbingan Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester
(1) (2) (3) (4)
1 Prof. Dr. Wahidin, M.Pd 40 5
2 Drs. Endang AR., M.Pd 40 4
3 Dr. Anda Juanda, M.Pd 40 5
4 Dr. Dewi Cahyani, M. Pd 40 5
5 Djohar Maknun, M. Si 40 5
6 Edy Chandra, MA 40 5
7 Kartimi, M. Pd 40 5
8 Saifuddin, M. Ag 40 4
9 Novianti Muspiroh, MP 40 5
10 Ina Rosdiana L, M. Si 40 5
11 Evi Roviati, M. Pd 35 5
12 Hj. Ria Yulia Gloria, M. Pd 35 4
13 Dra. Emah Khuzaemah, M. Pd 40 5
14 Dra. Hj. Nurul Azmi, MA 40 4
15 Eka Fitriah,S.Si,M.Pd 30 4
16 Yuyun Maryuningsih,S.Si,M.Pd 30 5
17 Asep Mulyani,M.Pd 30 4
Total 640  

 

 

5.4.2  Jelaskan proses pembimbingan akademik  yang diterapkan pada Program Studi ini dalam hal-hal berikut:

 

No Hal Penjelasan
(1) (2) (3)
1 Tujuan pembimbingan 1.    Memberikan informasi tetntang pemanfaatan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan akademik

 

2.    Memfasilitasi atau memberikan berbagai arahan dan bimbingan kepada mahasiswa agar mereka mampu menyelesaikan studinya dengan lancar dan tepat waktu

 

3.    Membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan akademik yag dihadapi

 

4.    Membantu mahasiswa dalam mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik

 

2 Pelaksanaan pembimbingan 1.    Bimbingan dilaksanakan selama perkuliahan sampai mahasiswa mendapatkan pembimbing tugas akhir.

2.    Bimbingan dilakukan diruang dosen atau tempat lain disekitar kampus,mahasiswa diberikan kesempatan berkonsultasi bila ada permasalahan dengan perkuliahan dan hal lain

3.    Pelaksanaan pembimbingan tidak lepas dari nilai-nilai yang terkandung dalam agama, falsafah Negara, perundang-undangan

3 Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan ialah

1.    cara belajar di perguruan tinggi

2.     adaptasi dengan lingkungan kampus

3.     aktualisasi diri yang mendukung proses pembelajaran

4.    Bobot pengambilan jumlah SKS

5.    Penentuan wilayah kajian penelitian

6.    Penentuan matakuliah pilihan

7.    Masalah-masalah non teknis yang sekiranya dapat menghambat  akademik  mahasiswa

4 Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya  

1.    Penyesuaian waktu mahasiswa dengan dosen, dosen memberikan kesempatan bimbingan lewat sms dan melakukan perjanjian tentang waktu

2.    Tempat pembimbingan dikarenakan dosen masih belum memiliki ruangan tersendiri dan upaya mengatasinya adalah proses pembimbingan dapat dilaksanakan di kelas atau tempat lain di sekitar kampus.

3.

5 Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan 1.    Menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing, bila ada permasalahan dapat segera memperoleh arahan dan bimbingan

2.    Mahasiswa dapat lebih terarah dalam menempuh studi, sehingga dapat  berpengaruh pada peningkatan IPK, pengembangan pribadi, dan peningkatan motivasi untuk menyelesaikan studi

 

5.5   Pembimbingan Tugas Akhir / Skripsi

5.5.1   Jelaskan pelaksanaan pembimbingan Tugas Akhir atau Skripsi yang diterapkan pada PS ini.

 

  • Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir (TA)

7-8 mahasiswa/dosen TA.

  • Rata-rata jumlah pertemuan dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir : 10 kali mulai dari saat mengambil TA hingga menyelesaikan TA.
  • Tuliskan nama-nama dosen yang menjadi pembimbing tugas akhir atau skripsi, dan jumlah mahasiswa yang bimbingan dengan mengikuti format tabel berikut:

 

No Nama Dosen Pembimbing Jumlah Mahasiswa
(1) (2) (3)
1 Prof. Dr. Wahidin, M.Pd 13
2 Drs. Endang AR., M.Pd 10
3 Dr. Anda Juanda, M.Pd 10
4 Dr. Dewi Cahyani, M. Pd 13
5 Djohar Maknun, M. Si 12
6 Edy Chandra, MA 12
7 Kartimi, M. Pd 12
8 Saifuddin, M. Ag 11
9 Novianti Muspiroh, MP 11
10 Ina Rosdiana L, M. Si 11
11 Evi Roviati, M. Pd 11
12 Hj. Ria Yulia Gloria, M. Pd 10
13 Dra. Emah Khuzaemah, M. Pd 10
14 Dra. Hj. Nurul Azmi, MA 10
15 Eka Fitriah,S.Si,M.Pd
16 Yuyun Maryuningsih,S.Si,M.Pd
17 Asep Mulyani,M.Pd
18 Drs. Hadi Pramono, M. Pd 4
  • Ketersediaan panduan pembimbingan tugas akhir (Beri tanda Ö pada pilihan yang sesuai):

   Ya

  • Tidak

 

Jika Ya, jelaskan cara sosialisasi dan pelaksanaannya.

 

Panduan pelaksanaan skripsi (tugas akhir) tersedia dalam bentuk buku yang diberikan kepada semua mahasiswa yang akan mengambil skripsi. Buku panduan tersebut disediakan oleh Bagian Akademik dan dapat diambil ketika mahasiswa telah menyelesaikan proses pengisian KPPS. Selain panduan pelaksanaan skripsi, mahasiswa juga dibekali dengan kartu perkembangan skripsi serta tingkat kehadiran dan konsultasi dalam pengerjaan skripsi. Pada tiap saat konsultasi, mahasiswa diminta untuk mengisi kartu perkembangan skripsi dan melaporkan kepada dosen pembimbing skripsi untuk mendapatkan persetujuan.

 

 

5.5.2  Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/skripsi pada tiga tahun terakhir : 7-8 bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan 1 (satu) semester).

 

5.6  Upaya Perbaikan Pembelajaran

Uraikan upaya perbaikan pembelajaran serta hasil yang telah dilakukan dan dicapai dalam tiga tahun terakhir dan hasilnya.

 

Butir Upaya Perbaikan
Tindakan Hasil
(1) (2) (3)
Materi 1.    Rapat Rutin dosen Jurusan/Program Studi

2.    Peninjauan silabus dan SAP

3.    Workshop Kurikulum

4.    Penyusunan buku/bahan ajar

1.    Beberapa matakuliah lebih diorientasikan pada keterampilan keahlian

2.    Adanya Silabus dan SAP terbaru

3.    Adnya buku/bahan ajar

Metode Pembelajaran 1.    Pembelajaran dengan Team Teaching

2.    Pelatihan desain pembelajaran

3.    Diskusi dan presentasi

4.    Analisis buku,jurnal

1.    Dosen menggunakan strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran

2.    Mahasiswa mampu menganalisis dari berbagai sumber,dapat menghubungkan teori dengan aplikasi,serta mengaplikasikan teori dalam kegiatan praktek

Penggunaan Teknologi Pembelajaran 1.    Penambahan sarana LCD

2.    Adanya area Hotspot

3.    Pemanfaatan email dan internet

1.    Bertambahnya jumlah LCD

2.    Materi lebih tersampaikan dan lebih menarik sehingga mahasiswa tidak jenuh

3.    Dosen yang menggunakan teknologi pembelajaran semakin bertambah

Cara-cara evaluasi 1.    Membagikan kuesioner kepada mahasiswa

2.    mengadakan penilaian kinerja dosen setiap semester

3.    menyediakan kotak saran

4.    Mengadakan rapat jurusan untuk evaluasi perkuliahan

1. Masukan bagi penilaian kinerja dosen

2. Teridentifikasinya permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh mahasiswa dan solusinya

4. Meningkatnya kinerja dosen dalam proses pembelajaran

Sumber-Sumber/referensi 1.    dowload dan print out buku-buku pendidikan dan pembelajaran biologi secara bertahap

2.    Sumbangan buku dari wisudawan

3.    Update buku2 teks oleh dosen pengampu mata kuliah

1.    Jurusan/Prodi memiliki sejumlah buku-buku baru untuk sumber/referensi perkuliahan

2.    Adanya perpustakaan jurusan/prodi sebagai sumber referensi pembelajaran

 

5.7  Upaya Peningkatan Suasana Akademik

Berikan gambaran yang jelas mengenai upaya dan kegiatan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan PS, khususnya mengenai hal-hal berikut:

 

  • Kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik).

 

          Pengembangan suasana akademik yang dikembangkan pada Prodi Tadris IPA Biologi dilandaskan atas asas pengintegrasian faktor manajemen, hubungan personil, kejelasan aturan, dan memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang diarahkan dalam upaya mensinergikan kegiatan profesional melalui aspek motif berprestasi, disiplin kerja, iklim kerja, dan partisipasi.

Dengan adanya sarana gedung (ruang dosen, laboratorium, ruang kuliah dan seminar) beserta peralatan laboratorium yang memadai, interaksi akademik dosen-mahasiswa lebih intensif dilakukan di dalam kampus baik ruang dosen, laboratorium, ruang kelas, maupun ruang seminar. Upaya yang telah dilakukan untuk memfungsikan sarana tersebut pimpinan jurusan telah mengedarkan lembar isian tentang jadwal kerja masing-masing dosen yang harus ditempelkan di ruang kerja untuk diketahui oleh para mahasiswa.

Motif berprestasi dikembangkan melalui pemberian tugas sesuai bidang keahliannya, pemantauan ketuntasan dalam menyelesaikan tugas, pemantauan kualitas kerja yang ditunjukkan dari karya nyata, dan diberi peluang dalam mengikuti kegiatan yang relevan dengan keahlian.

Disiplin kerja dikembangkan melalui pengarahan awal semester kepada dosen, teknisi/tenaga pembantu laboratorium, dan tenaga administrasi tentang masing-masing tugas dan tanggung jawab yang harus diembannya. Sekalipun beban kerja dosen relatif tinggi misalnya pada semester ganjil tahun 2011/2012 rata-rata 12 sks hanya untuk kegiatan kuliah, bimbingan seminar, diskusi rutin dosen, dan skripsi, ternyata dengan adanya kejelasan atas tanggung jawab yang harus dipikulnya, maka penyelesaian tugas tertunjukkan dapat diselesaikan dengan baik.

Iklim kerja dikembangkan melalui semangat kebersamaan dan kekeluargaan di dalam penanganan tugas, melibatkan sebanyak mungkin pegawai dan dosen dalam suatu kegiatan, memfungsikan personil sesuai kemampuan yang menunjang kesuksesan pelaksanaan program.

Beban kerja dosen dalam setiap semester diusahakan merata dan untuk pemantauannya digunakan format beban tugas setiap semester yang harus diisi oleh dosen setiap semester. Sekalipun beban kerja relatif tinggi misalnya pada semester ganjil tahun ajaran 2001/2002 rata-rata beban kerja dosen 14 sks yang meliputi (kuliah, praktikum, bimbingan seminar, dan Skripsi), maka kuantitas interaksi dosen-mahasiswa relatif tinggi. Belum termasuk tugas dosen sebagai pembimbing akademik, tugas Tridarma lain yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga kuantitas akademik dosen dikategorikan sangat tinggi.

Kualitas kegiatan akademik dosen-mahasiswa selama beberapa tahun terakhir ini relatif meningkat. Kegiatan yang telah dan sedang dilakukan diarahkan pada peningkatan kualitas penyediaan software pembelajaran dilakukan melalui pelaksanaan revisi kurikulum, pengadaan perangkat material teaching (SAP, bahan ajar, penuntun praktikum, media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran). Peningkatan kualitas pembelajaran ditunjukkan oleh meningkatnya frekuensi kehadiran dosen, kehadiran mahasiswa, latihan, tugas dan tes yang diberikan, dan pemberian feed back terhadap mahasiswa. Demikian dalam pelaksanaan seminar dan Skripsi merujuk pada karya ilmiah yang kadar keilmuannya baku (menggunakan Journal sebagai rujukan).

Rancangan menyeluruh pengembangan iklim akademik diarahkan melalui peningkatan: (1) penyampaian deskripsi tugas masing-masing personalia, (2) penataan jadwal kerja setiap personalia, (3) alur komunikasi antar dosen-mahasiswa (4) frekuensi pertemuan kelompok bidang keahlian dosen, (5) frekuensi keterlibatan dosen dalam suatu program yang relevan bidang keahlian, (6) frekuensi keterlibatan mahasiswa dalam seminar dosen atau sebaliknya, (7) frekuensi bimbingan akademik dan bimbingan Skripsi, (8) kesempatan bagi dosen untuk menyampaikan temuan dari hasil penelitian, atau kunjungan kerja dari instansi lain.(9) budaya saling hormat menghormati atas pendapat orang lain termasuk mahasiswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

 

          Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, telah terjadi peningkatan signifikan dalam hal penyediaan sarana dan prasarana akademik, yang tentu saja didukung oleh dana yang memadai bagi peningkatan kualitas interaksi akademik di kalangan civitas akademik program studi.  Misalnya,  dalam hal peningkatan prasarana dapat terlihat dari meningkatnya jumlah ruangan perkuliahan dan laboratorium penunjang perkuliahan.

Bila sebelumnya masih digunakan bersama, Tahun ini jurusan/program studi telah mengelola sendiri ruangan perkuliahan dan kegiatan akademik program studi. Program studi ditunjang oleh tersedianya ruang laboratorium Biologi Dasar,  Laboratorium Biologi Lanjut, Laboratorium Fisika,Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, serta perpustakan jurusan dan perpustakaan Fakultas sebagai pelengkap dari Perpustakaan Pusat.  Tersedianya berbagai prasarana ruang kelas dan laboratorium tersebut mendorong peningkatan interaksi akademik antara mahasiswa dan dosen.

Peningkatan sarana penunjang akademik juga terlihat dari ketersediaan Over Head Projector dan LCD Projector dalam jumlah yang memadai.  Di samping itu, ketersediaan alat dan bahan praktikum telah semakin meningkat sehingga praktikum mata kuliah dapat berjalan dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas, untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

 

Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif, program studi telah banyak melakukan berbagai program dan kegiatan yang variatif dan beragam, antara lain:

  1. Studium general yang dilaksanakan setiap awal tahun akademik.  Pada tahun 2011, misalnya, diselenggarakan pada tanggal 12 September 2011 yang bertemakan Upaya Peningkatan integritas akademik dan moralitas mahasiswa, yang diikuti segenap mahasiswa program studi
  2. Setiap tahun diselenggarakan Seminar dengan topik yang beragam, misalnya pada tanggal 12 Februari 2011 diselenggarakan Seminar Nasional Bioenterpreneurship, dengan pembicara Prof. Dr. Supartono, Eka Fitriah,M.Pd  dan Alif Ringga,M.Pd yang diikuti oleh mahasiswa dan umum
  3. Kuliah Ta’aruf yang berfungsi dalam Pengenalan Kehidupan Kampus diselenggarakan setiap awal tahun ajaran  dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program studi
  4. Laboratorium Biologi telah mengadakan beberapa kali kegiatan Workshop Bioenterpreneurship dan Chemoentrerpreneurship bagi mahasiswa pada tanggal 30 Juni -1 Juli 2011 yang diikuti oleh asisten mata kuliah praktikum dan mahasiswa program studi pada umumnya
  5. Setiap tahun diselenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa, diantaranya berupa Workshop Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah pada tanggal 16 September 2011 dan Workshop Pengolahan Data Statistik Penelitian pada tangal 17 September 2011 yang diikuti oleh mahasiswa semester 7.
  6. Setiap bulan diadakan Temu Dosen Jurusan, yang ditujukan tidak hanya sebagai media komunikasi dan koordinasi antara program studi dan dosen, tetapi juga sekaligus sebagai wahana diskusi bagi perkembangan akademik dan keilmuan terkini. Para dosen terjadual secara bergiliran untuk berbagi minat akademik dan penelitian yang ditekuninya.
  7. Secara berkala diselenggarakan kegiatan pelatihan yang dianggap perlu sebagai bagian dari program peningkatan kualitas mahasiswa, diantaranya pada tanggal 16 November 2011 telah diadakan Workshop Pemanfaatan Macromedia Flash sebagai Media Pembelajaran yang diikuti oleh mahasiswa program studi dan mahasiswa lainnya. Pada tahun sebelumnya juga telah diselenggarakan Workshop Optimalisasi Software Komputer Anates dan Testing Analysis Program dalam Evaluasi Pembelajaran yang diikuti oleh mahasiswa semester 6.

 

 

  • Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen.

 

          Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa berlangsung secara formal maupun informal. Secara formal interaksi tersebut berlangsung melalui kegiatan perkuliahan, praktikum, kuliah lapang,  bimbingan akademik, bimbingan skripsi, kegiatan workshop/pelatihan,  dan lain sebagainya.  Secara informal interaksi akademik berlangsung dalam bentuk diskusi maupun temu dosen- mahasiswa di luar kegiatan yang terjadual.

Interaksi akademik antar mahasiswa berlangsung juga secara formal maupun informal. Secara formal, interaksi akademik antar mahasiswa berlangsung di ruang kelas maupun di luar kelas, melalui kegiatan perkuliahan, tugas kelompok, praktikum, tugas lapang, observasi lapangan, praktik pengalaman lapang (PPL), Kuliah Kerja Mahasiswa / Kuliah Kerja Nyata (KKM / KKN), dan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio).

Interaksi akademik antar dosen berlangsung secara formal maupun informal, melalui kegiatan rapat dosen dan rapat program studi, diskusi bulanan dosen, penelitian kelompok, team teaching dalam perkuliahan, penulisan buku daras dan panduan praktikum secara berkelompok, kegiatan workshop/pelatihan dan kegiatan lainnya.

 

 

  • Pengembangan perilaku kecendekiawanan.

 

             Perilaku kecendekiawanan yang terejawantahkan dalam atmosfer akademik di Jurusan/Program studi Tadris IPA Biologi berorientasi pada perubahan pola pikir serta tindakan yang dapat berdaya guna maupun berhasil guna paling tidak untuk diri sendiri dan lebih lagi bagi masyarakat.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh program studi sebagaimana diuraikan pada point sebelumnya, telah berperan dalam meningkatkan perilaku kecendekiawanan bagi dosen maupun mahasiswa.  Meskipun belum terlalu maksimal, telah terjadi peningkatan budaya menulis dan meneliti di kalangan dosen dan mahasiswa.  Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah karya ilmiah dosen, meningkatnya keterlibatan dosen dalam penelitian dan forum ilmiah, serta mulai dilibatkannya mahasiswa dalam penelitian dosen.   Beberapa data dapat ditunjukkan, misalnya,:

  1. Tahun 2011, ada beberapa dosen jurusan/prodi Tadris IPA Biologi yang mendapatkan dana penelitian yang dibiayai oleh DIPA melalui LEMLIT lembaga.
  2. Tahun 2010 terdapat kelompok dosen biologi (Evi Roviati, S.Si., M.Pd dkk) yang mendapatkan dana penelitian kompetitif kelompok dari Direktorat Diktis Kementerian Agama,
  3. Tahun 2010 salah seorang mahasiswa program studi (Aulia Ur Rahman) juga berhasil mendapatkan bantuan penelitian skripsi dari Direktorat Diktis Kementerian Agama.
  4. Tahun 2010, ada beberapa dosen jurusan/prodi Tadris IPA Biologi yang mendapatkan dana penelitian yang dibiayai oleh DIPA melalui P3M lembaga
  5. Tahun 2010 tentang kebijakan penerapan kurikulum PKLH di MAN Se Jawa Barat
  6. Tahun 2010, salah seorang dosen program studi (Edy Chandra, S.Si., M.A) berkesempatan lolos seleksi Dikti Kemendiknasi RI untuk mengikuti Program Sandwich selama 4 bulan di Sydney University, Australia.
  7. Tahun 2009 tentang Gender Mindstreaming dalam Konteks pengembangan madrasah
  8. Tahun 2009, ada beberapa dosen jurusan/prodi Tadris IPA Biologi yang mendapatkan dana penelitian yang dibiayai oleh DIPA melalui P3M lembaga
  9. Tahun 2008, ada kelompok dosen jurusan/prodi Tadris IPA Biologi yang mendapatkan dana penelitian yang dibiayai oleh DIPA melalui P3M lembaga