Standar 4

Sumber Daya Manusia

 

4.1  Sistem Seleksi dan Pengembangan

Jelaskan sistem seleksi/perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik.

 

a.    Sistem seleksi/perekrutan

 

Seleksi/rekruitmen tenaga dosen dan tenaga kependidikan dilakukan melalui seleksi  penerimaan CPNS yang telah ditentukan mekanismenya oleh Kementrian Agama. Mekanisme rekruitmen meliputi seleksi administrasi, tes tulis, wawancara, dan tes performance (microteaching untuk calon dosen, baca tulis al-Qur’an, dan praktek ibadah).

Tahapan rekrutmen  dosen dilakukan dengan mengacu pada pedoman penerimaan tenaga dosen sebagai berikut:

  1. Jurusan/Prodi mengusulkan kebutuhan jumlah tenaga dosen ke fakultas dengan persyaratan  minimal berpendidikan S2 sesuai dengan kompetensi  bidang keahlian yang dibutuhkan.
  2. Hasil pengajuan dari jurusan/prodi disampaikan oleh Fakultas dengan mengusulkan formasi tersebut ke rektorat (Biro AUAK) untuk kemudian diteruskan ke Kemenag.
  3. Tahapan seleksi dilakukan meliputi kelengkapan dan kesesuaian berkas administrasi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Apabila lolos seleksi administrasi maka  peserta mengikuti ujian tulis (sesuai bidang keahlian yang dibutuhkan). Hasil ujian tulis diseleksi oleh Kemenag dan diumumkan secara on-line dan media cetak. Peserta yang dinyatakan lulus ujian tulis selanjutnya mengikuti interview dan tes performance yang diselenggarakan oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil interview dan tes performance diakumulasi dengan hasil ujian tulis untuk ditentukan nama-nama peserta yang lulus seleksi penerimaan CPNS di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon oleh Kemenag melalui publikasi internet dan publikasi cetak.
  4. Setelah keluarnya SK CPNS, calon dosen mengikuti short course Keislaman dan Kependidikan selama 3 bulan. Bagi peserta yang dinyatakan lolos berhak mengikuti Diklat Prajabatan.
  5. Setelah lulus Diklat Prajabatan dan lulus general chekup calon memperoleh SK PNS dan mendapat tugas menjadi asisten dalam kegiatan perkuliahan yang dibina oleh dosen senior, serta mendapat tugas menjadi tenaga administrasi di jurusan/Prodi.
  6. Setelah dinilai oleh dosen Pembina dan Ketua Jurusan/Prodi, calon dosen diusulkan ke fakultas untuk dikukuhkan dan ditempatkan menjadi dosen pada jurusan/prodi masing-masing dengan pertimbangan senat fakultas.

 

Prosedur Pengangkatan tenaga kependidikan

  1. Jurusan/Prodi mengusulkan kebutuhan jumlah tenaga tenaga kependidikan ke fakultas dengan persyaratan  minimal berpendidikan S1 sesuai dengan kompetensi  bidang keahlian yang dibutuhkan.
  2. Hasil pengajuan jurusan/prodi oleh Fakultas diusulkan ke rektorat (Biro AUAK) untuk kemudian diteruskan ke Kemenag.
  3. Tahapan seleksi dilakukan meliputi kelengkapan dan kesesuaian berkas administrasi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Penerimaan CPNS di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon diumumkan oleh Kemenag melalui publikasi internet dan publikasi cetak.
  4. Setelah keluarnya SK CPNS, calon tenaga kependidikan  ditempatkan pada unit/jurusan untuk selanjutnya  berhak mengikuti Diklat Prajabatan.

Setelah lulus Diklat Prajabatan dan lulus general chekup calon tenaga kependidikan memperoleh SK PNS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGAN ALUR SELEKSI CPNS DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIK

PENGUMUMAN
SELEKSI ADMINISTRASI
WAWANCARA
TES TULIS
LAMARAN
GAGAL
GAGAL
GAGAL
SK
PRAJABATAN
PENEMPATAN
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.    Penempatan :

 

Setelah calon dosen dinyatakan lulus dalam seleksi, maka Jurusan/prodi mengajukan nama-nama dosen yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh Jurusan/prodi. Penempatan dosen pada prodi disesuaikan dengan formasi, dan latar pendidikan yang sesuai  dengan ditetapkan dalam home based dosen. Penempatan dosen dalam pengampuan mata kuliah disesuaikan dengan bidang keahlian berdasarkan latar belakang pendidikan dan sertifikat pendidik.

Rata-rata beban kinerja dosen di prodi tadris IPA Biologi mencapai 12-16 sks.Dosen yang ada diberi beban mengajar sesuai dengan bidang keahlian dan latar belakang pendidikan yang sesuai. Bagi mereka yang memiliki bidang keahlian yang sama  dibentuk konsorsium. Penempatan disesuaikan dengan SK Ketua STAIN Cirebon No. STA.05/PP.00.9/PP/2925/2008 dan tidak bertentangan dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor:SJ/B.II/1-b/Kp.01.2/7468/2010.

 

c.    Pengembangan :

Peningkatan kualifikasi akademik dosen melalui short course (sesuai dengan Surat Edaran Nomor:Dj.I/Dt.I.IV/3/PP.00.9/1533/2011) dan study S3.

Dalam dua tahun terakhir, pengembangan tenaga  dosen jurusan/prodi Tadris IPA Biologi dilakukan melalui berbagai macam kegiatan yang telah diprogramkan. Program kegiatan pengembangan meliputi orientasi metodologi pembelajaran berbasis Active Learning,  pelatihan multi media pembelajaran, diskusi rutin bulanan, pelatihan metodologi penelitian, pelatihan metodologi pengabdian kepada masyarakat, pelatihan penulisan buku teks, pelatihan penulisan karya ilmiah, workshop pengembangan kurikulum, workshop enterpreneurship.

Adapun bagi dosen yang hendak melanjutkan studi ke S3, Jurusan/prodi melakukan konsultasi bagi program studi yang sebaiknya ditempuh di S3 dengan mempertimbangkan kebutuhan akademik dan kurikulum jurusan.

 

d.    Retensi dosen

Adanya penyediaan ruang dosen secara bersama-sama dilakukan dalam rangka mendorong dosen untuk senantiasa aktif didalam kampus. Beberapa dosen juga seringkali menyarankan berbagai ide-ide dalam rangka pengembangan jurusan/prodi untuk kedepannya. Kegiatan diskusi formal kajian ilmiah senantiasa dilakukan secara rutin di jurusan/prodi. Selain itu, adanya kegiatan informal  dan suasana kekeluargaan yang dibangun oleh jurusan/prodi sehingga suasana kampus senantiasa semarak dan tercipta suasana keakraban antara sesama dosen dengan tetap menjaga iklim akademik.

 

e.    Pemberhentian dosen

Teguran terhadap dosen dilakukan atas dasar masukan dari mahasiswa melalui tahap prosedural yang ada. Mahasiswa melalui kosmanya memberikan masukan atau pengaduan kepada jurusan/prodi,kemudian jurusan/prodi memanggil dosen untuk klarifikasi, selanjutnya memberikan saran, bila masih belum teratasi,  maka jurusan/prodi akan mengganti dosen dengan alasan agar proses perkulihaan dapat berjalan dengan baik.

Pemberhentian dosen dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tiga tahapan diberikan pada dosen yang bermasalah yaitu: (1) teguran, (2) peringatan dan sanksi admistrasi, dan (3) pemberhentian. Hal ini dilakukan apabila melanggar kode etik dan tindakan amoral lainnya. Pemberhentian dosen mengacu pada Surat Keputusan Ketua STAIN Cirebon Nomor: STA.05/PP.00.9/2919/2008, Surat Keputusan Ketua STAIN Cirebon No: STA.05/PP.00.9/2925/2008 dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata kerja IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

 

 

4.2  Monitoring dan Evaluasi

Jelaskan sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan kinerja tenaga kependidikan. (termasuk informasi tentang ketersediaan pedoman tertulis, dan monitoring dan evaluasi kinerja dosen dalam  tridarma serta dokumentasinya).

 

Sistem monitoring dan evaluasi

Setiap dosen dan tenaga kependidikan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  setiap hari diwajibkan untuk menandatangani Daftar Hadir Manual (Presensi) dan melakukan finger print (absensi elektronik). Presensi (manual dan elektronik) dosen maupun tenaga kependidikan tersebut dievaluasi dan dikirimkan ke rektorat setiap bulan sebagai laporan dan dikirimkan ke KPKN untuk pertanggungjawaban uang lauk pauk.

Sistem monitoring dan evaluasi terhadap dosen dilakukan terhadap kinerjanya dalam hal pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pegabdian pada masyarakat. Pada bidang pendidikan dan pengajaran  monev dilakukan pada keliniearan untuk studi lanjut, pengampuan matakuliah, dan keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah. Selain itu, monev dalam hal pengajaran dilakukan melalui kesesuaian SAP dengan silabus, daftar hadir dosen dan mahasiswa, tingkat kepuasaan mahasiswa. Adapun metode yang digunakan untuk monev antara lain, rapat rutin jursan/prodi, diskusi formal dan nonfomal, kunjungan ke kelas, dan kuesioner bagi mahasiswa.

Untuk bidang penelitian dosen, sistem monev mengacu pada mekanisme yang ada di Lembaga Penelitian (Lemlit) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Monitoring dan evaluasi yang dilakukan yaitu pada tahapan seleksi proposal, perbaikan proposal, pelaksanaan penelitian, seminar hasil (progress report) dan pelaporan hasil (final report). Untuk bidang pengabdian pada masyarakat, monitoring dan evaluasi mengacu pada mekanisme yang ada di Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sedangkan tenaga kependidikan dimonitor dan dievaluasi dengan melakukan rapat pembinaan pegawai yang dilaksanakan setiap bulan.

 

Rekam jejak kinerja akademik dosen

Kinerja akademik dosen dimonitor dan dievaluasi dengan sistem Indek Kinerja Dosen dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Komponen penilaian kinerja dosen meliputi:

(a) Kompetensi Pedagogik, di antaranya; kesiapan memberikan kuliah, mengatur perkuliahan secara tertib, mampu menghidupkan suasana kelas, menyampaikan materi dan jawaban secara jelas, memanfaatkan media dan teknologi pembelajaran, menilai prestasi belajar pada mahasiswa dengan adil, memberi umpan balik terhadap tugas kelas dan tugas rumah, menyesuaikan materi tugas/ujian dengan silabus mata kuliah, dan menyesuaikan nilai dengan kemampuan mahasiswa.

(b) Kompetensi Profesional, di antaranya; mampu menjelaskan pokok bahasan/topik secara tepat, mampu memberikan contoh konkret dari konsep yang diajarkan, mampu menjelaskan hubungan bidang/topik yang diajarkan dengan ilmu lain, mampu menjelaskan hubungan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan, menguasai isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan, dan menggunakan hasil-hasil penilaian untuk memperbaiki perkuliahan.

(c) Kompetensi kepribadian, di antaranya; berwibawa, arif, populer, santun, taat beragam, dan fair terhadap mahasiswa.

(d) Kompetensi Interpersonal, di antaranya; mampu menyampaikan pendapat dengan baik, terbuka terhadap pendapat orang lain, dekat dengan mahasiswa, dan toleran terhadap perbedaan pendapat.

2. Terkait dengan sertifikasi dosen, maka dosen diwajibkan untuk melaporkan Beban Kinerja Dosen (BKD)(Lihat lampiran BKD).

 

2.    Adanya penilaian Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) yang diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979, merupakan instrumen penilaian kinerja bagi sumber daya manusia (PNS) yang telah melakukan tugas dan fungsinya selama kurun waktu satu tahun.

 

Kinerja tenaga kependidikan

1. Adanya penilaian Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) yang diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979, merupakan instrumen penilaian kinerja bagi sumber daya manusia (PNS) yang telah melakukan tugas dan fungsinya selama kurun waktu satu tahun.

2. Monitoring dan evaluasi kinerja kependidikan dilakukan prodi dengan bekerjasama dengan Kabag administrasi mengacu pada  Pedoman Job Description Pegawai Administrasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

 

4.3  Dosen Tetap

 

Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan; termasuk dosen penugasan Kopertis, dan dosen yayasan pada PTS dalam bidang yang relevan dengan keahlian bidang studinya. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum 20 jam/minggu.

 

Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok, yaitu:

  1. dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS
  2. dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.1  Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang PS:

 

No. Nama Dosen Tetap  

NIP / NIDN**

Tgl. Lahir Jabatan Akademik*** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas* Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Wahidin   Ciamis, 02 Okt 1965 Guru Besar*** Prof.Dr.

M.Pd

S1; IKIP BDG

S2; UNSIL

S3; UKM Malaysia

Pendidikan IPA

Pendidikan Lingk Hidup

S3 Science education

2 Djohar Maknun 0921027602632 Majalegka, 04 okt 1965 Lektor Kepala*** S.Si

M.Si

S1, ITB Bandung

S2, IPB

Bogor

Biologi

Biologi Laut

 

3  Dewi Cahyani 0921027602565 Ciamis, 28 juli 1968 Lektor Kepala*** Dr.

M.Pd

S1, UNSIL;Tasikmalaya

S2, UNSIL Tasikmalaya

S2, STIMA Jakarta

S3, UNJ Jakarta

Pendidikan Biologi

Pendididkan Lingk Hidup

Manajemen SDM

Manajemen Lingkungan

4 Edy Chandra 102102706330 Jakarta, 07 Mei 1972 Lektor*** S.Si

MA

S1, IPB Bogor

S2, UIN Syarif Hidayatullah

FMIPA

Pendidikan Islam

5 Kartimi 0921027602567 Cirebon, 14 Mei 1968 Lektor*** S.Pd

M.Pd

S1, UPI  Bandung

S2, UPI Bandung

Pendidikan IPA

Pendidikan IPA

6 Ina Rosdiana, L 102102706349 Cirebon, 26 Maret 1974 Asisten ahli*** S.Si

M.Si

S1, IPB Bogor

S2, IPB Bogor

Biologi

Biologi

7 Novianti Muspiroh 102102706361 Brebes, 14 Nov 1972 Lektor*** S.P

M.P

S1, INSTIPER Yogyakarta

S2, UNSWAGATI Cirebon

Botani

Botani Pertanian

8 Evi Roviati. 102102706333 Indramayu, 29 des 1977 Asisten Ahli*** S.Si

M.Pd

S1, UNSOED Purwokerto

S2, UNNES

Semarang

Biologi

Pendidikan  Biologi

9 Ria Yulia Gloria

(Serdos)

19690828 200901 2 001 Tasikmalaya, 28 Agt 1969 Asisten Ahli SP.

MP.

S1, UNWIM Sumedang

S2, UNNES

Semarang

Fisiologi Tumbuhan

Pendidikan Biologi

10 Eka Fitriah 19770828 201101 2 005 Cirebon, 28 Agt 1977 Asisten ahli S.Si

M.Pd

S1, UNSOED Purwokerto

S2, UNNES Semarang

Biologi

Pendidikan Biologi

11 Yuyun Maryuningsih 19761125 201101 2 006 Cirebon, 25 November 1976 Asisten Ahli S.Si

M.Pd

S1, UNPAD Bandung

S2, UNNES Semarang

Biologi

Pendidikan Biologi

12 Asep Mulyani 19770828 201101 1 004 Garut, 18 Sept 1979 Asisten ahli S.Pd

M.Pd

S S1, STKIP Garut; Pendidikan Biologi

S2, UPI Bandung

Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi

 

* Lampirkan fotokopi ijazah.

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***) dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.2  Data dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS:

 

No. Nama Dosen Tetap  

NIDN**

Tgl. Lahir Jabatan Akademik*** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas*

 

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Endang A.R. 0921027602592 Ciamis, 24 April 1963 Lektor Kepala*** S.Pd.I

M.Pd

S1, IAIN SGD Bandung

S2, IKIP Bandung

S1, IAIN SGD;

S2, IKIP Bandung;

2  Anda Juanda 0921027602592 . Lektor*** Dr.

S.Pd.I

M.Pd

S1, IAIN SGD;  Bandung

S2,  UPI Bandung

S3, UPI Bandung

S1, IAIN SGD;

S2,  UPI,Filsafat Pendidikan

S3,UPI; Pengembangan Kurikulum

3 Ema Khuzaemah 102102706332 Indramayu, 20 Juni 1969 Lektor*** S.Pd

M.Pd

S1, IKIP;Bandung

S2, IKIP,Bandung

S1, IKIP;Bahasa Indonesia

S2, IKIP Bandung: Bahasa Indonesia

4 Saefudin   Cirebon, 7 Januari 1972 Lektor*** S.Ag

M.Ag

S1, IAIN SGD Bandung

S2, IAIN SGD Bandung

S1 IAIN SGD, PAI

S2 IAIN SGD,

5 Nurul Azmi   Martapura,1 Agustus 1967 Lektor*** Dra

MA

S1,IAIN Antasari Banjarmasin

S2, UMJ Jakarta

S1 Tarbiyah Pendidikan Islam

S2  Studi Islam

* Lampirkan fotokopi ijazah.

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

 

 

 

 

 

 

Diagram batang Jumlah Dosen tetap yang sesuai bidang dan yang tidak sesuai bidang

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.3  Aktivitas dosen tetap yang bidang bidang keahliannya sesuai dengan PS dinyatakan dalam sks rata-rata per semester   pada satu tahun akademik terakhir, diisi dengan perhitungan sesuai SK Dirjen DIKTI no. 48 tahun 1983 (12 sks setara dengan 36 jam kerja per minggu)

No. Nama

Dosen Tetap

Sks

Pengajaran pada

sks

Penelitian

sks

Pengabdian kepada Masya-rakat

sks

Manajemen**

Jumlah sks
PS Sendiri PS lain

PT sen-diri

PT lain
PT sendiri PT lain
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
1 Prof. Dr. Wahidin, M.Pd 3 4 0 2 2 5 0 16  
2 Djohar Maknun, M.Si 6 2 0 2 2 4 0 16  
3 Dr. Dewi Cahyani, M.Pd. 12 0 0 2 2 0 0 16  
4 Edy Chandra, S.Si., M.A. 6 0 0 2 2 3 0 16  
5 Kartimi, M.Pd. 9 0 0 2 2 3 0 16  
6 Ina Rosdiana, M.Si 9 0 0 2 2 3 0 16  
7 Novianti Muspiroh, M.P. 12 0 0 2 2 0 0 16  
8 Evi Roviati, S.Si., M.Pd. 12 0 0 2 2 0 0 16  
9 Ria Yulia Gloria,SP, M.Pd 12 0 0 2 2 0 0 16  
10 Eka Fitriah, S.Si., M.Pd. 12 0 0 2 2 0 0 16  
11 Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd. 12 0 0 2 2 0 0 16  
12 Asep Mulyani, M.Pd. 12 0 0 2 2 0 0 16  
Jumlah                  
Rata-rata*                  

 

Catatan:

SKS pengajaran sama dengan SKS mata kuliah yang diajarkan. Bila dosen mengajar kelas paralel, maka beban SKS pengajaran untuk satu tambahan kelas paralel adalah 1/2 kali sks mata kuliah.

*   rata-rata adalah jumlah SKS dibagi dengan jumlah dosen tetap.

**  sks manajemen dihitung sbb :

Beban kerja manajemen untuk jabatan-jabatan ini adalah sbb.

– rektor 12 SKS

– pembantu rektor / dekan 10 SKS

– ketua sekolah tinggi / pembantu dekan 8 SKS

– ketua jurusan / ketua PS 6 SKS

– sekretaris jurusan/ sekretaris PS 6 SKS

– ketua laboratorium universitas/institut/sekolah tinggi 6 SKS

– ketua laboratorium jurusan/PS 3 SKS

Bagi PT yang memiliki struktur organisasi yang berbeda, beban kerja manajemen untuk jabatan baru disamakan dengan beban kerja jabatan yang setara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.4 Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS,  dalam satu tahun akademik terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut :

 

No. Nama

Dosen Tetap

Bidang Keahlian Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah Kelas Jumlah Pertemuan yang direncanakan Jumlah Pertemuan yang dilaksanakan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Prof. Dr. Wahidin, M.Pd Pendidikan IPA TAR 663

 

IPA 309

Metodologi Penelitian Pendidikan

Kimia Organik

4

 

2

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 14 kali pertemuan
2 Djohar Maknun, M.Si Fisologi Hewan IPA 666

IPA 117

IPA 315

Fisiologi Hewan

Biologi Umum

Pengelolaan Lab

4

2

3

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
3 Dr. Dewi Cahyani, M.Pd. Ekologi IPA 507

IPA 426

Ekologi

Strategi Belajar Mengajar

 

4

3

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
4 Edy Chandra, S.Si., M.A. Biokimia IPA 431

IPA 713

 

TAR 664

Biokimia

Pembelajaran Biologi berbasis Komputer

Evaluasi Pembelajaran

3

4

 

4

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
5 Kartimi, M.Pd. Kimia Organik IPA 309

IPA 119

IPA 707

Kimia Organik

Kimia Dasar

PTK

2

3

4

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
6 Ina Rosdiana, L,M.Si Ilmu Lingkungan IPA 530

IPA 637

IPA 117

Ilmu Lingkungan

Bioteknologi

Biologi umum

 

4

4

1

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
7 Novianti Muspiroh, M.P. Anatomi Tumbuhan IPA 313

IPA 429

Anatomi Tumbuhan

Taksonomi Cryptogamae

 

3

3

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
8 Evi Roviati, S.Si., M.Pd. Mikrobiologi IPA 527

IPA 432

Mikrobiologi

Biologi sel

 

4

3

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
9 Ria Yulia Gloria,M.Pd Fisiologi Tumbuhan IPA 665 Fisiologi tumbuhan, Kapita selekta 3

4

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
10 Eka Fitriah, S.Si., M.Pd. Zoologi IPA 317

IPA 430

IPA 526

Zoologi Avertebrata

Zoologi Vertebrata,

Model Pembelajaran,

3

3

4

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
11 Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd. Genetika IPA 209

IPA 528

PIL 616

Struktur hewan,

Genetika

Sains Terapan

 

4

3

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
12 Asep Mulyani, M.Pd. Taksonomi Phanerogamae IPA 531

IPA  525

 

PIL 603

Taksonomi Phanerogamae

Media Pembelajaran

Inovasi Pembelajaran

 

4

 

4

 

1

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.5  Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS,  dalam satu tahun akademik terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut:

No. Nama

Dosen Tetap

Bidang Keahlian Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah Kelas Jumlah Pertemuan yang direncanakan Jumlah Pertemuan yang dilaksanakan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Endang A.R. M.Pd. Administrasi Pendidikan TAR 321

IAIN 303

Administrasi Pendidikan

Ulumul Qur’an

 

2

 

3

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 14 kali pertemuan
2 Dr. Anda Juanda, M.Pd Pengembangan Kurikulum IPA 416

 

IAIN 662

Pengembangan kurikulum Biologi

Filafat umum,

3

 

4

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
3 Ema Khuzaemah, M.Pd Bahasa Indonesia IAIN 107 Bahasa Indonesia 3 16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
4 Saefudin, M.Ag. Tafsir tarbawi TAR 301

IAIN 112

TAR 321

 

Tafsir tarbawi,

Metodologi Studi Islam

Administrasi pendidikan

 

3

3

1

16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan

 

4.4  Dosen Tidak Tetap

 

4.4.1  Tuliskan data dosen tidak tetap pada PS dengan mengikuti format tabel berikut:

 

No. Nama Dosen Tidak Tetap  

NIP/NIDN**

Tgl. Lahir Jabatan Akademik*** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas * Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Megayani Cirebon,13 Juli 1986 S.Pd.I

M.Pd

S1, STAIN Cirebon

S2, UPI Bandung

Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi

2 Ipin Aripin Cirebon, 11 Juni 1985 SPdI

MPd

S1, STAIN Cirebon

S2, UPI Bandung

Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi

3 Hadi Pramono 1031009215182730 Cirebon,25 Juli 1965 Asisten ahli S.Pd,

M.Pd

S1 UPI Bandung

S2, UNNES Semarang

S1,UPI, Pendididkan fisika

S2, Pendidikan IPA konsentrasi Fisika

4 Sumaryono, M.Pd. 196607121995121004 Blora, 12 Juli 1966 S.Pd

M.Pd

S1,

S2,UNNES Semarang

Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi

 

 

* Lampirkan fotokopi ijazah.

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4.2  Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tidak tetap pada satu tahun terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut :

 

No. Nama

Dosen

Tdk Tetap

Bidang Keahlian Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah Kelas Jumlah Pertemuan yang direncanakan Jumlah Pertemuan yang dilaksanakan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Megayani, MPd Pendidikan Biologi IPA 714 Kapita selekta SMA Kls XI&XII 4 16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 15 kali pertemuan
2 Ipin Aripin, MPd Pendidikan Biologi Ipa 667 Kapita selekta SMA Kls X&XI 4 16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
3 Hadi Pramono Pendidikan Fisika IPA 217 Fisika Dasar 3 16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan
4 Sumaryono Pendidikan Biologi TAR 664 Evaluasi Pembelajaran 4 16 kali tatap muka, termasuk UTS dan UAS 16 kali pertemuan

 

 

 

4.5   Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam tiga tahun terakhir

 

Upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya dosen dalam tiga tahun terakhir, yaitu adanya keikutsertaan dosen pada kegiatan seminar, workhop, pelatihan, lokakarya, shortcourse yang diadakan baik itu oleh Jurusan, Fakultas, Institut maupunn kegiatan serupa yang diikuti oleh dosen jurusan biologi diluar IAIN Syekh Nurjati.

 

4.5.1  Kegiatan tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb, dari luar PT sendiri (tidak termasuk dosen tidak tetap)

 

No. Nama Tenaga Ahli/Pakar Nama dan Judul Kegiatan Waktu Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4)
1. Prof. Dr. Anas Saidi Workshop Metodologi Penelitian November 2011
2. Prof. Philip Buckley Pengembangan Kesejahteraan Sosial Indonesia November 2011
3. Prof. Ishak Abdulhaq. (UPI Bandung) Workshop Pengembangan Kurikulum Fakultas Tarbiyah) 10 November 2011
4 Prof. Elaine Swartzentruber Seminar Internasional Gender Equality 10 November 2011
5 Prof. Ahsin Sakho M Seminar Internasional Studi Al-Qur’an 20 September 2011
6 Prof. Dr. Chozin Nasukha (UIN Bandung) Short Course Keislaman   (Studi hadist tentang Etika Pengembangan Sains) Agustus 2011
7 Prof.Dr. Anas Saidi Workshop Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Agustus 2011
8 Prof. Mulyadi Kartanegara

(UIN Jakarta)

Short Course Keislaman   “ Islamisasi Sains” Agustus 2011
9 Prof.Dr.Supartono MS. Seminar Nasional tentang Pembelajaran Sains Berbasis entrepreneurship 12 Februari 2011
10 Erens PhD Short Course “Etika Pengembangan Science” 11 Januari 2011
11 Prof.Dr. Anas Saidi Workshop Metodologi Penelitian November 2010
12 Dr. Barmawi Monte (UIN Yogyakarta) Pelatihan Desain Pembelajaran Perguruan Tinggi April 2010
13 Prof.Dr. Anna Permanasari Workshop peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah Praktikum

 

21 – 22 Januari 2010
14 Prof. Dr. Nuryani Rustaman,M.Pd Workshop peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah Praktikum

 

21 – 22 Januari 2010
15 Dr. Turmudi,M.Sc Workshop peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah Praktikum

 

21 – 22 Januari 2010
16 Prof.Dr. Anas Saidi Workshop Metodologi Penelitian November2009
17 Prof. Dr. Nur Mahmudi Workshop Metodologi PAR Maret 2009
18 Prof. Dr. Liliasari, MPd Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas 2009
19 Prof. Dr. Josua Sahbandar,Med Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas 2009
20 Ari Widodo, PhD Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas 2009
  Prof.Dr. Anas Saidi Workshop Metodologi Penelitian November2008
21  Bahrul Hayat, PhD Seminar Nasional Pendidikan IPA 11 September 2007
22 Prof. Dr. Sri Rejeki, MPd Seminar Nasional Pendidikan IPA 11 September 2007
23 Prof. Dr. Sukestiyarno, MSi Seminar Nasional Pendidikan IPA 11 September 2007
24 Dr. Fasli Jalal, PhD Seminar Nasional Pendidikan IPA 11 September 2007

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5.2  Peningkatan kemampuan dosen tetap melalui program tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan bidang PS

 

No. Nama Dosen Jenjang Pendidikan Lanjut Bidang Studi Perguruan Tinggi Negara Tahun Mulai Studi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1. Kartimi,M.Pd S3 Pendidikan IPA UPI Bandung Indonesia 2005
2. Djohar Maknun,M.Si S3 Pendidikan IPA UPI Bandung Indonesia 2008
3. Edy Chandra,

S.Si,M.A

S3 ·        Pengembangan Kurikulum

·        Evaluasi Pembelajaran

UPI Bandung dan

UNJ Jakarta

Indonesia 2008
4. Dra.Emah Khuzaemah,M.Pd S3 Bahasa Indonesia UPI Bandung Indonesia 2008
5. Saefudin,M.Ag S3 ·        Managemen Pendidikan Uninus,Bandung Indonesia 2009
6 Drs.Endang Abdurahman S3 ·        Psikologi Pendidikan UMY,Yogyakarta Indonesia 2011
      ·      

 

 

 

 

 

 

  • Kegiatan dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS dalam seminar ilmiah/lokakarya/penataran/workshop/ pagelaran/ pameran/peragaan yang tidak hanya melibatkan dosen PT sendiri

 

No. Nama Dosen Jenis Kegiatan* Tempat Waktu Sebagai
Penyaji Peserta
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1 Prof. Dr. Wahidin,M.Pd Workrkshop Educational Management and Leadership Program for the Ministry of Religious Affairs, Indonesia Faculty of Education & Social Work The University of sydney November – Desember 2010 V

 

 

 

 

 

 

Diklat Nasional “Peningkatan Kualitas Profesionalisme Guru” STAI Al-Ma’arif Ciamis 28 Juni 2009 V  
Seminar & Workshop Menggagas Model KTSP Berbasis Nilai Tingkat Nasional. Gedung Pemuda  Kesenian dan Olah Raga Majalaya Bandung 15 Februari 2009 V  
Seminar on Project Implementation and Administration Consulting & Procurement Modules, held by ADB and The Ministry of Finance Republic of Indonesia Jakarta 3-7 Nopember 2008   V
Seminar Internasional “Pengintegrasian Strategi Pemetaan dengan kemahiran Berfikir dalam Pengajaran Kimia di sekolah” UPI Bandung 27 Oktober 2007 V  
International Conference on Science and Mathematics Education: Which Way Now? The University of Malaya City Campus Kuala Lumpur 14 – 16 Oktober 2005   V
2 Djohar Maknun, Msi Workshop Penguatan Penelitian Kuantitatif kualitatif P3MIAIN SN Cirebon, LIPI 2010   V

 

Workshop Karya Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 Sept 2011 V

 

 

 

 

Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata Kuliah Praktikum

 

IAIN SN Cirebon

 

21-22 Jan

2010

 

  V
Worshop Pelatihan Modul Praktikum IAIN SN Cirebon

 

3 Februari 2010   V
Seminar Pendidikan Sains Universitas Muh. cirebon 3 Juli 2011   V
Seminar Nasional Optimalisasi Bimbingan Karir dalam Mewujudkan Kehidupan yang Cerdas dan Sejahtera Prodi BKS SPS UPI dan IAIN SN Cirebon

 

8 Januari

2011

  V
Seminar Nasional “Pembelajaran Sains Berbasis Entrepreneurship” IAIN SN Cirebon

 

12 Februari 2011   V
Diklat “agent of change” revitalisasi sains dasar Dikti Jakarta 21-23 Juli

2011

  V
Seminar Global Warming Roadshow ITB 28 Sept 2010   V
Seminar Interrnasional Curriculum Development of Science Education in 21 Century UPI 30 Okt 2010   V
Pendidikan dan Latihan Tingkat Internasional “Pemantapan Metode Kurikulum yang Efektif serta Pendalaman Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran yang Membelajarkan” IAIN SN Cirebon 2 mei 2010   V
Seminar Nasional MIPA dan Pend. MIPA “ Intergrasi Pendidikan Berkarakter dalam Kurikulum MIPA dan Pend. MIPA Universitas Negeri Padang 19-20 Nop 2011 V  
Seminar Nasional Pendidikan Sains “ Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Sains” UNESA 10 Des

2011

V  
   Diklat PKG UIN Bandung 2011 V  
PLPG UIN Bandung 2011 V  
Pendidikan dan Latihan Tingkat Internasional “Pemantapan Metode Kurikulum yang Efektif serta Pendalaman Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran yang Membelajarkan” IAIN SN Cirebon 2 mei 2010   V
3

 

 

Dr. Dewi cahyani, MPd Seminar Pendidikan Internasional UPI Bandung 2008

 

 

 

V

 

Seminar Pendidikan nasional STAIN Cirebon 2008

 

  V

 

Peningkatan Profesionalisme Guru melalui PTK STAIN Cirebon

 

2008

 

  V

(Panitia)

Kader Lingkungan Hidup

 

Deputi Kementerian lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan

 

    V
Diklat Pendidikan Tingkat Nasional STE, 2009

 

    V
Workshop Karya Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

16 September 2011 V  
Seminar Pendidikan Internasional UPI Bandung 2008

 

 

 

V

 

Seminar Pendidikan, Tema: Tantangan dalam Era Globalisasi FAI, UNMA Majalengka 2010 V

 

 
Seminar Pendidikan, Tema: Peran serta Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Islamic Cirebon 2010 V  
Pelatihan: Tema: Kesehatan Reproduksi Di Kalangan Remaja SE Wilayah III Cirebon STIKES Mahardika, Cirebon 2010 V  
Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja Se Wilayah III Cirebon ICC IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2010 V

 

 
Pelatihan Metodologi Penelitian untuk Kesehatan Aula Bhakti Pertiwi Husada Cirebon 2010 V

 

 

 
Pelatihan Metodologi Penelitian Kesehatan AULA Kampus1  BPH 2010 V  
Pelatihan Metodologi Penelitian Kesehatan Aula Puskesmas Pamanokan 2010 V  
Pelatihan Metodologi Penelitian Kesehatan Mahasiswa D4 AULAKampus Pusat BPH Cirebon 2009 V  
Seminar Manajemen Pendidikan dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan AULA Yayasan IHMI 2009 V  
Pelatihan PTK Se Wilayah III Cirebon, Kerjasama dengan Jurusan Administrasi Pendidikan UPI Bandung AULA Yayasan IHMI Cirebon 2009 V  
Pelatihan Pendidikan Tingkat Nasional Society Education Institute , tema metodologi  Pendidikan  yang Membangun Manusia Kreatif Inovatif Sportif Cirebon 2010   V
Pelatihan Pendidikan  Tingkat Nasional, dengan tema: Optimalisasi peran Evaluasi dalam rangka Peningkatan Mutu dan relevansi Pendidikan di Indonesia Cirebon 2010   V
Diklat Pendidikan Tingkat Nasional Social Transformation Education, tema: Menjadi Tenaga Profesional dalam Kegiatan Belajar Mengajar dengan Pendekatan JoyfullLearning dan CTL Cirebon 2009   V
Seminar Peluang Bisnis Kesehatan Dan Pendidikan di Era Globalisasi Jakarta 2008   V
Seminar Current Issues on Research and Teaching in Science Education Bandung 2008   V
         
Seminar Pendidikan Internasional UPI Bandung 2008

 

  V

 

Seminar Pendidikan nasional STAIN Cirebon 2008

 

  V

 

Peningkatan Profesionalisme Guru melalui PTK STAIN Cirebon

 

2008

 

  V

(Panitia)

Kader Lingkungan Hidup

 

Deputi Kemen LH Bid. Komunikasi Lingkungan & Pemberdayaan

 

    V
Kader Lingkungan Hidup Deputi kementrian Lingkungan & Pemberdayaan     V
Diklat Pendidikan Tingkat Nasional STE, 2009     V
Workshop karya Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 Septembaer 2011 v  
4 Edy Chandra, SSi, MA Seminar sehari tentang Perkembangan Alat Tes psikologi Kini dan Nanti Fak. Psikologi UI 26 Mei 2009   V
Pelatihan Penerapan ISO berbasis QMS Nusantara Profesional Education 14 Juni 2009   V
Pelatihan Lay Outing dan Desain Grafis Pengelola Jurnal Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 5-6 November 2009   V
Workshop on Introduction to Modern Psycometrics Hotel Equatorial Bangi Putrajaya Malaysia 1-3 Desember 2009   V
Workshop Peningkatan Dosen PPL STAIN Cirebon 19 Januari 2009 v  
Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Matakuliah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 21-22 januari 2010   V
Workshop Pelatihan Penulisan Modul Praktikum IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010 v V
Workshop Desain Pembelajaran Pendidikan Tinggi IAIN Syekh Nurjati Cirebon 12-14 April 2010 v  
Seminars Doctoral Candidate Research Faculty of Education Social Work University of Sydney 8-15 November 2010 v  
Workshop Pengolahan Data SPSS IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 september 2011 v  
Workshop Karya Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 september 2011 v  
5 Kartimi, MPd Seminar Nasional Pendidikan sains “Intergrasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan sains” UNESA, Surabaya 10 desember 2011  

V

 

 

 

 

 

 

Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA FMIPA UNP ‘Integrasi Pendidikan Berkarakter dalam Kurikulum MIPA dan Pendidikan MIPA” UNP, Padang 19-20  November 2011  

V

 
Workshop Penulisan karya tulis ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 september 2011 V  
Seminar nasional pendidikan IPA “Trend Evaluasi Pembelajaran IPA masa kini dan masa depan” UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta 23 Juli 2011   V
Seminar internasional Research and Evaluation to develop Educational Quality Kasetsart University, Bangkok, Thailand 26-27 januari 2011 V  
Seminar nasional ooptimalisasi bimbingan karir dalam mewujudkan kehidupan yang cerdas dan sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

8 januari 2011   V
Pelatihan karya ilmiah dan publikasi bagi tenaga akademik Hotel Ayong, IAIN Syekh Nurjati Cirebon 25-26 November 2010   V
Seminar internasional Curriculum Development of Science Education in 21th century Indonesia University of Education, Bandung 30 Oktober 2010   V
Workshop International in Science Education “Improving Science Teacher Profesionalism through Innovative Research Result” Indonesia University of Education, Bandung 29 Oktober 2010   V
Workshop Pelatihan penulisan modul praktikum IAIN syekh Nurjati Cirebon 2010 3 februari 2010   V
Seminar nasional Penndidikan IPA “membangun profesionalisme guru IPA melalui penyelenggaraan Pendidikan Profesi guru (PPG) UNNES, semarang 31 januari 2010   V
Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata Kuliah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

21-22 januari 2010   V
Workshop Pelatihan Modul Praktikum IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

3 Februari 2010   V
Diklat penulisan buku non teks pelajaran Pusbuk Depdiknas, STAIN Cirebon 13 september 2009 V  
Seminar hasil penelitian “Pola Bacaan Mahasiswa Muslim di Perguruan tinggi Umum” STAIN cirebon Agustus 2009   V
Pelatihan Lesson Study online untuk guru guru SMP di jawa barat UPI, bandung 20 Juni 2009   V
Seminar Current Issues on Research and Teaching in Science Education Bandung 2008 V Seminar Current Issues on Research and Teaching in Science Education
Seminar Pendidikan Internasional UPI Bandung 2008

 

  Seminar Pendidikan Internasional
Seminar Pendidikan nasional STAIN Cirebon 2008

 

  Seminar Pendidikan nasional
Peningkatan Profesionalisme Guru melalui PTK STAIN Cirebon

 

2008

 

  Peningkatan Profesionalisme Guru melalui PTK
Kader Lingkungan Hidup

 

Deputi Kemen LH Bid. Komunikasi Lingkungan & Pemberdayaan

 

2008   Kader Lingkungan Hidup

 

6 Ina Rosdiana, Msi Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

21-22

Januari 2010

 

 

 

 

 

V

 

 

 

Worshop Pelatihan Modul Praktikum

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010   V
Workshop Karya Ilmiah

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 September 2011   V
7 Novianti Muspiroh, MP Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

21-22

Januari 2010

  V

 

Worshop Pelatihan Modul Praktikum

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010   V
Workshop Karya Ilmiah

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 September 2011

 

 

 

V
8 Evi Roviati, MPd Seminar Nasional Lingkungan Hidup

 

Hotel Zamrud Cirebon 12 Januari 2010   V

 

Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

21-22

Januari 2010

 

  V

 

Worshop Pelatihan Modul Praktikum

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010   V

 

Seminar Nasional Pembelajaran Sains Berbasis Entrepreneurship IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

12 Februari 2011

 

  V (panitia)
Workshop Karya Ilmiah

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 September 2011 V  
Seminar nasional dengan tema “Arah kebijakan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan” PPS UNNES 2009 V  
Seminar Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Tema “Optimalisasi Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Menghadapi Problematika Lingkungan Hidup Kerjasama PPSALH dan Prodi Biologi STAIN Cirebon 2009 V  
Seminar Nasional dengan topik “Kebijakan dan strategi Pembangunan daerah Berwawasan Lingkungan menuju wilayah CIAYUMAJAKUNING(Cirebon, Indramayu, majalengka, dan Kuningan) Green City and Cleaner Production” Kerjasama universitas Gn. Jati Cirebon dengan Kementerian Negara Lingkungan Hidup 2010 V  
  Seminar nasional pendidikan IPA” membangun profesionalisme guru IPA melalui penyelenggaraan pendidikan profesi pendidikan guru (PPG)”

 

 

Prodi Pendidikan IPA UNNES 2010 V  
9 Ria Yulia Gloria,SP,M.Pd Worshop Pelatihan Modul Praktikum

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010   V

 

Seminar Nasional Pembelajaran Sains Berbasis Entrepreneurship IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

12 Februari 2011

 

  V
Workshop Karya Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 September 2011 V  

 

 

Worshop Pelatihan Modul Praktikum

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010   V

 

10 Eka Fitriah, MPd Seminar Nasional Lingkungan Hidup

 

 

Hotel Zamrud Cirebon

 

 

12 Januari 2010

 

  V

 

Workshop peningkatan Kualitas Dosen Pengampu Mata kuliah Praktikum Puslab IAIN Syekh Nurjati Cirebon 21-22 Januari 2010

 

  V

 

Workshop penulisan Modul Praktikum Puslab IAIN Syekh Nurjati Cirebon 3 Februari 2010

 

  V
Seminar Nasional Peluang dan Aplikasi Pengembangan virtual Lab. Dalam IPA dan Pendidikan IPA Hotel Patra Jasa Semarang

 

8 Mei 2010

 

  V
Pelatihan Nasional One day training virtual laboratory berbasis open source PPS IPA UNNES Semarang

 

9 Mei 2010

 

  V
Seminar Nasional Optimalisasi Bimbingan Karir dalam mewujudkan kehidupan yang cerdas dan sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon 8 Januari 2011

 

  V
Seminar Nasional Hasil Penelitian Tesis dan Disertasi Strategi Publikasi Ilmiah Hasil penelitian Pascasarjana UNNES Semarang

 

26 Februari 2011

 

V  
Seminar Nasional Pembelajaran Sains Berbasis Entrepreneurship IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

12 Februari 2011

 

V

 

 
Workshop Bioentrepreneurship dan Chemoentrepreneurship IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

30 Juni-1 Juli 2011

 

V

 

 
Workshop Penulisan Karya Ilmiah

 

IAIN Syekh Nurjati

 

16 September 2011 V  
Workshop Pengolahan data SPSS

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 17 September 2011   V  (Panitia)
11 Yuyun Maryuningsih, MPd Seminar Nasional Lingkungan Hidup

 

Hotel Zamrud Cirebon 12 Januari 2010 v  
Seminar Nasional Pembelajaran Sains Berbasis Entrepreneurship IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

12 Februari 2011

 

  V
12 Asep Mulyani, MPd Seminar Internasional Pendidikan IPA

 

SPS UPI

 

18 Oktober 2008   V

 

Seminar Nasional Pendidikan IPA

 

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 23 Juli 2011

 

  V

 

Workshop Karya Ilmiah

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 16 September 2011 V  
Workshop Pengolahan data SPSS

 

IAIN Syekh Nurjati Cirebon 17 September 2011   V (Panitia)

 

* Jenis kegiatan : Seminar ilmiah, Lokakarya, Penataran/Pelatihan, Workshop, Pagelaran, Pameran, Peragaan dll

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5.4    Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi dosen (misalnya prestasi dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat).

 

No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1 Djohar Maknun, Msi Penelitian Individu DIPA Agustus-November 2011 Lokal
Penelitian kelompok DIPA April-September 2008 Lokal
Narasumber Bidang Pengelolaan Lingkiungan hidup dalam Pemberdayaan Masyarakat Kota Cirebon, Kab. Cirebon, Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Indramayu, Kab. Brebes 2003-2009 Lokal
Pengurus koperasi KPRI STAIN Cirebon 2005-2009 Lokal
Pembina Alumni Biologi STAIN Cirebon 2006-2009 Lokal
Tim Redaksi Buletin Dakwah Al-Amanah GSP Kota Cirebon (menulis artikel-artikel mengenai lingkungan, sains, dan Agama) 2007-2009 Lokal
Panitia Pemilihan RW 12 kel. Karya Mulya Kota Cirebon 2008-2009 Lokal
Pengurus DKM Al-Husna-Bidang Perpustakaan dan Informasi 2007-2010 Lokal
Ketua R 03 RW 12 kel. Karangmulya kota Cirebon 2007-2010 Lokal
2 Dr. Dewi cahyani, MPd Ketua Yayasan Institute Hikmat Mandiri Indonesia 2009 – sekarang Nasional
Pembantu Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam 2010 – sekarang Nasional
Sekretaris  Dewan Pertimbangan PUI Pengurus Daerah Jabar 2011 – sekarang Nasional
Senat IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2011 – sekarang Nasional
Juri lomba Desain Alat Peraga IPA 2009 -2011 Nasional
Fasilitator Seminar Pendidikan, Tema: Tantangan dalam Era Globalisasi FAI, UNMA Majalengka 2010 Lokal
Fasilitator Seminar Pendidikan, Tema: Peran serta Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Islamic Cirebon 2010 Lokal
Fasilitator Pelatihan: Tema: Kesehatan Reproduksi Di Kalangan Remaja SE Wilayah III Cirebon STIKES Mahardika, Cirebon 2010 Lokal
Fasilitator Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja Se Wilayah III Cirebon ICC IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2010 Lokal
Fasilitator Pelatihan Metodologi Penelitian untuk Kesehatan Aula Bhakti Pertiwi Husada Cirebon 2010 Lokal
Fasilitator Pelatihan Metodologi Penelitian Kesehatan AULA Kampus1  BPH 2010 Lokal
Fasilitator Pelatihan Metodologi Penelitian Kesehatan Aula Puskesmas Pamanukan 2010 Lokal
Fasilitator Pelatihan Metodologi Penelitian Kesehatan Mahasiswa D4 AULAKampus Pusat BPH Cirebon 2009 Lokal
Fasilitator Seminar Manajemen Pendidikan dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan AULA Yayasan IHMI 2009 Lokal
Fasilitator Pelatihan PTK Se Wilayah III Cirebon, Kerjasama dengan Jurusan Administrasi Pendidikan UPI Bandung AULA Yayasan IHMI Cirebon 2009 Lokal
  Fasilitator Wokshop Desain Pembelajaran Pendidikan Tinggi bagi Dosen DPK IAIN Syekh Nurjati, 12-14 April 2010 2010 Lokal
Fasilitator Pengembangan Kurikulum IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2011 Lokal
Fasilitator workshop penyusunan renstra program studi di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2011 Lokal
Narasumber Stasiun Cirebon TV dengan tema Pembentukan Karakter 2011 Lokal
Narasumber Diary TV dengan tema Pernikahan Usia Dini 2011 Lokal
Narasumber RCTV dengan tema Dinamika Polemik Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2011 Lokal
Narasumber RCTV dengan tema Autokritik Kaum Perempuan 2011 Lokal
3 Evi Roviati,S.Si,M.Pd Penelitian Kompetitif Kolektif Bidang Disiplin Ilmu Umum (DIU) Ditpertais Kemenag April-September 2010 Nasional
Fasilitator untuk guru mata pelajaran biologi dengan pengantar bahasa inggris di SMA RSBI 2009-sekarang Kabupaten
Juri Lomba Cepat Tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-jawa barat 2010 Lokal
Anggota Tim Penguji Ujian Tahap II CPNS Calon Dosen 2010 Lokal
Juri Lomba Cepat Tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-jawa barat 2011 Lokal
4 Eka Fitriah,S.Si,M.Pd Penelitian Kompetitif Kolektif Bidang Disiplin Ilmu Umum (DIU) Ditpertais Kemenag April-September 2010 Nasional
Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2010 Lokal
Juri Lomba Cepat tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2011 Lokal
5 Yuyun Maryuningsih,S.Si,M.Pd Penelitian Kompetitif Kolektif Bidang Disiplin Ilmu Umum (DIU) Ditpertais Kemenag April-September 2010 Nasional
6 Dra. Emah Huzaemah, MPd Penelitian Individu DIPA April-September 2010 Lokal
Hibah Penelitian Disertasi April-September 2010 Nasional
7 Prof. Dr. Wahidin, MPd Proyek Penelitian Litbang Depag April-September 2010 Nasional
Proyek Penelitian Litbang Depag 2009 Nasinal
8 Novianti Muspiroh, MP Penelitian individu DIPA April-September 2009 Lokal
Training MC bagi kaum ibu 2009  
9 Kartimi, MPd Fasilitator Workshop penulisan Karya Ilmiah 16 September 2011 Lokal

(Jurusan TIPA Biologi dan pusat laboratorium IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Panitia Workshop Pengolahan data dengan SPSS 17 September 2011 Lokal

(Jurusan TIPA Biologi dan pusat laboratorium IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Fasilitator Pelatihan PTK bagi guru-guru MI/MTS/MA Kab. Majalengka 20 Agustus 2011 Lokal (UIN Bandung kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Panitia Workshop Life skill bioenterpreneurship & chemoenterpreneurship HIMBIO IAIN Syekh Nurjati Cirebon 30 Juni-1 Juli 2011 Lokal
Dosen Teladan 2-5 Februari 2011 Lokal (Kegiatan Gebyar Mahasiswa Biologi raya)
Dewan Juri Lomba Cepat tepat Biologi & lomba desain Alat Peraga Tingkat SMP/MTS, SMA/MA/ se-Jawa Barat 4-8 Mei 2010 Lokal (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Panitia Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Pengampu mata Kuliah Praktikum 21-22 januari 2010 Lokal (Puslab IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Official Tim Gabungan Karate Indonesia PB FORKI pada even kejuaraan 10thMalaysian School Open Karate Champion 23-24 Mei 2009 Internasional (Malaysia)
Fasilitator Pelatihan KTSP bagi guru-guru MI se-kecamatan Losari Kabupaten Cirebon 12-13 Agustus 2008 Depag Kab. Cirebon
Fasilitator Pelatihan pengembangan Kemampuan Akademik Mahasiswa Baru 15-17 Juli 2008 Lokal (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Fasilitator Pelatihan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) kelas III dan VI SD se-Kota Cirebon 27-29 Mei 2008 Lokal (Diknas kota Cirebon)
Penelitian Kelompok DIPA April-September 2008 Lokal
10 Ina Rosdiana Lesmanawati, Msi Penelitian Kelompok DIPA April-September 2008 Lokal
Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2010 Lokal
Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2011 Lokal
11 Novianti Muspiroh Penelitian Kelompok DIPA April-September 2008 Lokal
Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2010 Lokal
Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2011 Lokal
12 Emah Penelitian Individu DIPA April-September 2008 Lokal
13 Ria Yulia Gloria, M.Pd. Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2010 Lokal
Juri Lomba Cepat  tepat Biologi dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi  Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Barat 2011 Lokal

* Sediakan dokumen pendukung pada saat visitasi.

 

 

 

 

 

4.5.5  Sebutkan keikutsertaan dosen tetap dalam organisasi keilmuan atau organisasi profesi.

 

No. Nama Dosen Nama Organisasi Keilmuan atau Organisasi Profesi Kurun Waktu Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1. Edy Chandra,

S.Si,M.A

HIPKIN (Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia) 2008-skrg

 

Anggota

 

IACAT (Internatonal Association of Computerized Adaptive Testing) 2009-skrg

 

Anggota

 

P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010

 

Ketua Bidang Penelitian dan Pelatihan

 

Himpunan Kimia Indonesia 2011

 

Anggota
2. Kartimi,M.Pd P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Anggota
3 Ina Rosdiana,L, M.Si P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Anggota
4 Dr.Dewi Cahyani,M.Pd P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Ketua umum
5 Djohar Maknun,M.Si P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Ketua harian
6 Novianti Muspiroh,MP. P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Anggota
7 Evi Roviati,

S.Si,M.Pd

P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Anggota
8 Eka Fitriah,S.Si,M.Pd P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Anggota
9 Yuyun Maryuningsih,S.Si,M.Pd P3SLH (Pusat Pengembangan Pendidikan Sains dan Lingkungan 2010 Anggota

 

 

 

 

 

4.6  Tenaga kependidikan

 

4.6.1 Tuliskan data tenaga kependidikan  yang ada di PS, Jurusan, Fakultas atau PT yang melayani mahasiswa PS dengan mengikuti format tabel berikut:

No. Jenis Tenaga Kependidikan Jumlah Tenaga Kependidikan dengan

Pendidikan Terakhir

Unit Kerja
S3 S2 S1 D4 D3 D2 D1 SMA/SMK
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
1 Pustakawan *     3           Perpustakaan lembaga/institut
2 Laboran     2           Laboratorium Biologi dan Laboratorium Pembelajaran Biologi
3 Teknisi     2           Fakultas Tarbiyah
4 Operator     2           Fakultas Tarbiyah
5 Administrasi     17           Fakultas dan Jurusan/prodi
6 Programmer     2           Fakultas tarbiyah
Total     28            

* Hanya yang memiliki pendidikan formal dalam bidang perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6.2  Jelaskan upaya yang telah dilakukan PS dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan.

 

Dalam upaya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, telah dilakukan berbagai bentuk kegiatan baik pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan tuntutan kompetensi tenaga kependidikan yang diselenggarakan sendiri maupun dengan cara menugaskan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan di luar fakultas.

Upaya-upaya yang telah dilakukan prodi Tadris IPA Biologi dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan antara lain:

  1. Mendorong mengikuti pembinaan pegawai yang dilaksanakan oleh institut
  2. Mengikutsertakan dalam pelatihan Sistem Administrasi dan Akademik (SIMAK)
  3. Memberikan pedoman tata persuratan yang diberikan institut
  4. Workshop peningkatan mutu pelayanan dan administrasi setiap tahun sekali
  5. Pendidikan dan Pelatihan tenaga administrasi dari Kemenag dari Februari-Agustus pada setiap tahunnya