KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN
3.1 Profil Mahasiswa dan Lulusan
3.1.1 Tuliskan data seluruh mahasiswa reguler(1) dan lulusannya dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
Thn Akade-mik | Daya Tampung | Jumlah Calon Mahasiswa Reguler | Jumlah Mahasiswa Baru | Jumlah Total Mahasiswa | Jumlah Lulusan
|
IPK
Lulusan Reguler |
Persentase Lulusan Reguler
dengan IPK : |
||||||||
Ikut Seleksi | Lulus Seleksi | Regular bukan Transfer | Transfer(3) | Reguler bukan Transfer | Transfer(3) | Reguler bukan Transfer | Transfer(3) | Min | Rat | Mak | < 2,75 | 2,75-3,50 | > 3,50 | ||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11) | (12) | (13) | (14) | (15) | (16) |
TS-4 | 180 | 545 | 132 | 132 | 5 | 132 | 5 | 48 | – | 2,09 | 3,12 | 3,29 | 1 | 52 | – |
TS-3 | 180 | 530 | 137 | 137 | – | 269 | – | 47 | – | 2,82 | 3,06 | 3,37 | – | 46 | – |
TS-2 | 180 | 560 | 142 | 142 | – | 391 | – | 63 | – | 2,82 | 3,09 | 3,23 | – | 63 | – |
TS-1 | 180 | 600 | 154 | 154 | – | 537 | – | 50 | – | 2,81 | 2,97 | 3,20 | – | 48 | – |
TS | 135 | 420 | 120 | 120 | – | 555 | – | 132 | – | 2,81 | 3,04 | 3,31 | – | – | |
Jumlah | total | 686 | 686 | 5 | 331 | 3,08 |
Catatan: TS:Tahun akademik penuh terakhir saat pengisian borang
Min: IPK Minimum; Rat:IPK Rata-rata; Mak:IPK Maksimum
Catatan:
(1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2) Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.
3.1.2 Tuliskan data mahasiswa non-reguler(2) dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
Tahun Akademik | Daya Tampung | Jumlah Calon Mahasiswa | Jumlah Mahasiswa Baru | Jumlah Total Mahasiswa | |||
Ikut Seleksi | Lulus Seleksi | Non-Reguler | Transfer(3) | Non-Reguler | Transfer(3) | ||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) |
TS-4 | |||||||
TS-3 | |||||||
TS-2 | |||||||
TS-1 | |||||||
TS |
3.1.3 Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, olahraga, dan seni).
No. | Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan | Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) | Prestasi yang Dicapai |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | Pekan Olah Raga Mahasiswa | Lokal | Juara 1 |
2 | Lomba Futsal Pekan Olah Raga Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2011 | Lokal | Juara 2 |
3 | Kejuaraan Karate Junior Terbuka se-Jawa Barat Plus KNPI Cup 1, Cirebon 26-28 Juni 2009 | Regional | Juara 3 Kumite -68Kg Under 21 Putra |
4 | Kejuaraan Karate Antar Dojo se-Wilayah III Cirebon Kapolres Cup Kuningan, Kuningan 7-9 Mei 2010 | Lokal | Juara 1 Kumite -68Kg Putra under 21 |
5 | Kejuaraan Karate Gubernur Jawa Barat “Dany Setiawan Cup”, Bandung 20-22 Maret 2008 | Regional | Juara 3 Kumite -55Kg Cadet Putra |
6 | Olimpiade Olah raga Siswa Nasional(OOSN) Tingkat Provinsi Jawa barat-Cabor Karate-Kumite Putra, 18-21 Juni 2008 | Regional | Juara 3 Kumite Putra |
3.1.4 Tuliskan data jumlah mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
Tahun Masuk | Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun* | Jumlah Lulusan s.d. TS
(dari Mahasiswa Reguler) |
||||||
TS-6 | TS-5 | TS-4 | TS-3 | TS-2 | TS-1 | TS | ||
(1) | (1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) |
TS-6 | (a)=77 | 75 | 75 | 75 | 25 | 7 | (b)= 2 | (c)=75 |
TS-5 | 105 | 96 | 89 | 94 | 6 | – | 94 | |
TS-4 | 130 | 132 | 119 | 119 | 26 | 95 | ||
TS-3 | (d) =137 | 130 | 128 | (e) =126 | (f) =11 | |||
TS-2 | 142 | 136 | 130 | |||||
TS-1 | 154 | 148 | ||||||
TS | 120 |
* Tidak memasukkan mahasiswa transfer.
Catatan : huruf-huruf a, b, c, d dan e harus tetap tercantum pada tabel di atas.
3.2 Layanan kepada Mahasiswa
Lengkapilah tabel berikut untuk setiap jenis pelayanan kepada mahasiswa PS.
No. | Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa | Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya |
(1) | (2) | (3) |
1 |
Bimbingan dan konseling |
1. Sosialisasi Pembelajaran di PT(Ta’ruf):
a) Dilaksanakan setiap awal tahun akademik, wajib diikuti oleh mahasiswa baru, setiap kelas dipandu oleh dua fasilitator, dengan materi pokok: Success Guide di Perguruan Tinggi b) Hasil Kegiatan: mahasiswa memahami kiat-kiat sukses belajar di Perguruan Tinggi
2. Pembimbing Akademik: a) Kegiatan Pembimbingan akademik yang dilaksanakan minimal 3 kali tatap muka dalam hal persetujuan KPPS dan hasil studi (dalam satu semester) b) Hasil kegiatan: mahasiswa dapat merencanakan dan melaksanakan studi dengan baik dan lancar
3. Pembimbingan Baca Tulis al-Qur’an: a) Pembimbingan Baca Tulis Al-Quran pada semester 1 dan 2 dengan hasil 75% lulus tepat waktu b) Hasil kegiatan: mahasiswa memiliki kemampuan baca tulis al-Qur’an dengan lebih baik
4. Pembimbingan Praktek Ibadah a).dilaksanakan pada semester 3 dan 4 oleh dosen pembimbing yang ditunjuk jurusan/prodi, hasilnya 80% tepat waktu b). Hasil Kegiatan : mahasiswa lebih memahami tentang praktek ibadah(sholat,puasa,zakat,dsb )dengan lebih baik
5. Pembimbingan Prakek Pengalaman Lapangan (PPL 2) a). Kegiatan pembimbingan PPL di sekolah yang telah ditentukan, pelaksanaan pada semester 7 oleh dosen pembimbing PPL yang ditunjuk oleh jurusan/prodi b). Hasil Kegiatan : Mahasiswa dapat lebih memahami tentang bagaimana teknik mengajar yang benar karena terjun langsung ke lapangan (sekolah).
6. Pembimbingan Skripsi a). Pembimbingan skripsi dilakukan oleh 2 orang dosen pembimbing skripsi yang ditunjuk oleh jurusan/prodi. Pada pelaksanaannya mahasiswa diberikan keleluasaan untuk berkonsultasi dengan dosen lainnya. b) Hasil Kegiatan: mahasiswa dapat lebih terarah dalam penelitiannya dan sebagian besar dapat selesai dalam satu semester.
7. Bimbingan informal terkait akademik dan lainnya yang diberikan dosen dan atau pimpinan jurusan/prod |
2 | Minat dan bakat (ekstra kurikuler) | b. 1. Upgreading untuk penggantian kepengurusan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) yang biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober
c. d. 2. Orientasi kegiatan HMJ IPA Biologi,khususnya bagi mahasiswa baru terkait pengenalan lebih jauh tentang prodi dan HIMBIO. e. 3. UKM mahasiswa yang dipilih sesuai dengan minta dan bakat mahasiswa, beberapa UKM mahasiswa yang dipilih antara lain,LDK,Fatsoen,Metode, dan Menwa f. g. 4. ToT Leadership dan Enterpreunership yang dilaksanakan oleh lembaga,hasilnya adanya peningkatan pemahaman mahasiswa tentang kewirausahaan h. 5. Olah raga: a) Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa, melalui beberapa kegiatan, antara lain: Futsal, Sepak bola, tenis meja,dsb i. b) Hasil Kegiatan: minat dan bakat mahasiswa mahasiswa dapat tersalurkan secara positif
|
3 | Pembinaan soft skills | 1. Pelatihan bahasa (Arab dan Inggris)
a) Setiap mahasiswa wajib mengikuti Intensif Bahasa Arab dan Inggris yang dilaksanakan pada tahun pertama dan kedua untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa asing mahasiswa, yang dilaksanakan oleh Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) b) Hasil kegiatan: mahasiswa memiliki ketrampilan berbahasa Arab dan Inggrisyang lebih baik
2. Kegiatan pembinaan mahasiswa a). Adanya kegiatan Seminar/workshop, Studium General yang dilaksanakan terkait dengan pengembangan keilmuan pendidikan Biologi dan materi biologi. b). Hasil kegiatan: Mahasiswa memiliki kompetensi keilmuan khususnya tetntang materi biologi dan kependidikannya menjadi lebih baik
|
4 | Beasiswa
|
1. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dari kemenag tiap semester dimana hampir 90% mahasiswa mendapatkan beasiswa dari jalur ini,
2. Pemberian Beasiswa Bidik Misi 3. Beasiswa Santri Berprestasi |
5 | Kesehatan
|
1. Adanya kegiatan seminar tentang kesehatan organ reproduksi,pencegahan HIV dan AIDS
2. Adanya poliknik yang memberikan fasilitas pengobatan bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika kampus 3. kegiatan donor darah yang diadakan oleh lembaga/institusi |
6 | Lainnya, sebutkan. | 4. Kegiatan kelompok2 kajian ilmiah mahasiswa
a). pendampingan kegiatan LCTB (Lomba Cepat Tepat Biologi) dan LDAP (Lomba Desain Alat Peraga) tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh HIMBIO setahun sekali dengan peserta siswa tingkat menengah pertama (SMP/MTS) dan atas (SMA/MA). b). Hasil kegiatan : Mahasiswa dapat menyelenggarakan kegiatan LCTB dan LDAP secara profesional
5. Kegiatan Bioenterpreneurship a). Pendampingan kegiatan pelatihan bioenterpreneurship yang dilakukan oleh beberapa dosen jurusan/prodi b). Hasil Kegiatan : Mahasiswa memiliki kemampuan dan wawasan luas dalam mengembangkan keilmuan biologi terkait dengan kewirausahaan dalam bidang biologi (Bioenterpreneurship) |
3.3 Evaluasi Lulusan
3.3.1 Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna Lulusan
Adakah studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna?
- tidak ada
- ada
Jika ada, uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut. Jelaskan pula bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini.
Studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna dilakukan dengan banyak metode, mulai dengan motode konvensional dan metode baru. Metode konvensional, yaitu dengan menyebarkan angket kepada pengguna lulusan secara langsung. Hal ini dilakukan secara periodik pada saat mahasiswa melakukan kegiatan PPL dan penelitian untuk skripsi di sekolah-sekolah tempat alumni mengajar. Angket ini dititipkan pada mahasiswa untuk diisi oleh pimpinan sekolah dan segera dikembalikan kepada pihak jurusan untuk dikumpulkan dan direkapitulasi. Selain itu, untuk alumni yang bekerja di tempat yang jauh digunakan metode yang non konvensional yaitu dengan menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Pihak jurusan menghubungi alumni melalui telepon, surat elektronik atau jejaring sosial, lalu mengirim file angket, melalui surat elektronik atau yang diunggah di website jurusan, yang harus diisi oleh atasan mereka dan setelah diisi dikirim kepada pihak jurusan melalui berbagai cara, seperti lewat pos atau surat elektronik kembali.
Data yang terkumpul dari angket kemudian direkapitulasi dan dianalisis untuk memperoleh gambaran mengenai kompetensi dan kinerja lulusan/alumni, serta masukan dari pihak pengguna untuk perbaikan kurikulum agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pihak pengguna.
|
Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:
Nyatakan angka persentasenya(*) pada kolom yang sesuai.
No. | Jenis Kemampuan | Tanggapan Pihak Pengguna | Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi | |||
Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | |||
(%) | (%) | (%) | (%) | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
Integritas (etika dan moral) | 50 | 40 | 10 | Pembuatan slogan-slogan, kode etik mahasiswa, tatatertib, pedoman penulisan karya ilmiah Integritas (etika dan moral) | ||
Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) | 70 | 20 | 10 | Penguatan dan penambahan materi MKK dalam kurikulum, penambahan sumber-sumber bacaan Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) | ||
Bahasa Inggris | 40 | 40 | 20 | Pengadaan persyaratan TOEFL bagi lulusan Bahasa Inggris | ||
Penggunaan Teknologi Informasi | 70 | 20 | 10 | Penambahan MK khusus terkait IT, Pengiriman tugas dan bimbingan via email, penguatan sarana dan prasarana IT Penggunaan Teknologi Informasi | ||
Komunikasi | 60 | 20 | 20 | Mendorong untuk berperan aktif dalam organisasi intra dan ekstra kampus, pengadaan pelatihan teknik berkomunikasi efektif Komunikasi | ||
Kerjasama tim | 70 | 15 | 15 | Pelatihan capacity building Kerjasama tim | ||
Pengembangan diri | 70 | 10 | 20 | Bekerja sama dengan perguruan tinggi terkemuka untuk pelanjutan studi, pengadaan upgreading bagi alumni Pengembangan diri | ||
Catatan : Sediakan dokumen pendukung pada saat visitasi
(*) persentase tanggapan pihak pengguna = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah tanggapan yang ada)] x 100
- Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 6 – 9 bulan (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh)
Metode yang digunakan untuk memperoleh data rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama dan persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan bidang keahliannya hampir sama dengan metode yang digunakan untuk memperoleh data kinerja alumni dari pihak pengguna, yaitu dengan menggunakan angket. Alumni jurusan Tadris IPA-Biologi memiliki media komunikasi melalui group di jejaring sosial, sehingga mampu mempermudah untuk menghubungi mereka, meskipun anggota group tersebut belum mencakup keseluruhan alumni. Melalui group ini pihak jurusan mengirimkan file angket dan diminta untuk diisi oleh alumni dan dikembalikan ke jurusan. Angket ini antara lain berisi data nama alumni, tahun masuk, tahun lulus, tempat dan posisi bekerja dan jangka waktu tunggu lulusan umntuk memperoleh pekerjaan yang pertama. Selain itu, angket juga memberi peluang kepada alumni untuk memberikan saran atau masukan untuk kemajuan jurusan. Angket yang terkumpul kemudian datanya diakumulasikan dan dianalisis untuk diperoleh rata-rata dan prosentasenya.
Data waktu tunggu dihitung berdasarkan selisih antara waktu wisuda dan pertama bekerja. Data waktu bekerja diperoleh pada saat mereka legalisir ijazah, sms alumni atau jejaring sosial melalui email, informasi dari himpunan alumni.
Hasil angket lulusan:
3.3.3 Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = 80% (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh)
Data diperoleh berdasarkan prosentase tempat mereka bekerja sebagai tenaga pengajar IPA Biologi di berbagai sekolah baik di lingkungan Mendiknas atau Kemenag, atau tenaga pengajar dilembaga lainnya seperti bimbel, beberapa alumni ada yang bekerja di Konsultan yang bergerak dibidang pendiidkan dan beberapa ada yang bekerja di swasta.
3.4 Himpunan Alumni
Jelaskan apakah lulusan program studi memiliki himpunan alumni. Jika memiliki, jelaskan aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi.
Himpunan Alumni Prodi dibentuk mulai tahun 2006 dengan nama IKABI(Ikatan Alumni Biologi). Aktivitas yang dilakukan oleh alumni dalam bentuk diskusi ilmiah yang diadakan sendiri oleh IKABI atau program studi. Berbagai hasil yang didapatkan antara lain: masukkan-masukkan untuk perbaikan kurikulum, sarana dan prasarana, dan lainnya bagi kemajuan dan pengembangan prodi kedepannya. Himpunan alumni ini ke depan dijadikan stakeholder dalam rangka memberikan masukan kepada program studi untuk peningkatan mutu proses pembelajaran di program studi tersebut. Sumbangan dari alumni ini berupa buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran Sains untuk kelengkapan perpustakaan Jurusan/Prodi. Sumbangan lain dari alumni berupa partisipasi alumni dalam kegiatan Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) dan Lomba Desain Alat Peraga Biologi (LDAP Biologi) sebagai juri.
|