Jurusan Tadris Biologi

Jurusan Tadris Biologi Mengikuti TARTILA FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

Pada bulan Romadlon tahun 2022 ini, Jurusan Tadris Biologi mengikuti kegiatan religi Romadlon TARTILA yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan IAIN syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan TARTILA dilaksanakan setiap hari selama bulan Romadlon setiap pukul 09.00 sampai 10.00. Kegiatan tersebut terdiri dari tadarus Al Qur’an, kajian tematik ayat Al Qur’an dan tausiyah pendek yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyyah & Keguruan Dr. H. Farihin Nur, M.Ag. Kegiatan yang digagas oleh Wakil Dekan II Dr. H. Muslihudin, M.Ag bertempat di Musholah Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan IAIN Cirebon.

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat seperti berikut ini:

1. Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Qur’an Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Quran). Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

2. Bulan Penuh Keberkahan Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang artinya :”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya.

3. Malam Lailatul Qodar Kemuliaan bulan ramadhan salah satunya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan ramadhan yaitu malam lailatul qodar. Pada bulan ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan).

4. Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah Allah Ta’ala menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda yang artinya: ”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

5. Ramadhan Pintu Surga Dibuka Pintu Neraka Ditutup Keberkahan kemuliaan di dalam bulan Ramadhan adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta’ala telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan.

Mengingat berbagai keutamaan Ramadhan tersebut di atas, maka sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih.

Semoga ramadhan tahun ini akan lebih baik dalam hal amalan ibadah daripada tahun-tahun sebelumnya.