Jurusan Tadris Biologi

Seminar Proposal Jurusan Tadris Biologi FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Tujuan utama penyusunan skripsi adalah untuk melatih mahasiswa Program Sarjana dalam membuat tinjauan pustaka, merencanakan penelitian, melakukan pengamatan dan pengumpulan data, menganalisis data, dan menulis laporan yang bersifat ilmiah. Skripsi disusun oleh mahasiswa berdasarkan Panduan Penulisan Skripsi yang berlaku pada Fakultas Ilmu Tarbiyyah & Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mahasiswa Program Sarjana dapat mengusulkan judul rencana penelitian Skripsi pada awal semester VII dan telah lulus ≥ 75% dari total sks dengan IPK ≥ 2,00 serta memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh Fakultas.

Tahap awal penyelesaian skripsi adalah Pengajuan Seminar Proposal Penelitian. Seminar Proposal Penelitian merupakan forum bagi mahasiswa untuk mempresentasikan rencana penelitiannya yang dikoordinir oleh Jurusan Tadris Biologi. Seminar diikuti maksimal 10 peserta.

Mahasiswa yang akan melakukan Seminar Proposal harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Jurusan Tadris Biologi, sebagai berikut:

  1. Telah mendapat persetujuan Dosen Pembimbing I, Dosen Pembimbing II dan Ketua Jurusan
  2. Copy proposal sebanyak 2 rangkap

Seminar dapat dilaksanakan setiap hari kerja, pendaftaran dilakukan minimal 1 (satu) minggu sebelum jadwal Seminar Proposal dilaksanakan. Setelah seminar proposal dilaksanakan mahasiswa dapat melengkapi berita acara seminar proposal dan pengesahan seminar proposal yang selanjutnya digunakan untuk syarat pembuatan SK penelitian.

Awal semester Genap 2021/2022 ini Jurusan Tadris Biologi telah melaksanakan Seminar Proposal sebanyak 4 gelombang, dimana ada 10 peserta setiap gelombangnya, dan didominasi oleh mahasiswa semester 8 (Angkatan 2018) dari total mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 212 mahasiswa.