Diskusi Jurusan Tadris Biologi, “Trend dan Paradigma Penelitian Pendidikan Sains”

Diskusi Jurusan Tadris Biologi, “Trend dan Paradigma Penelitian Pendidikan Sains”

Diskusi Jurusan Tadris Biologi

Silaturahmi Jurusan merupakan salah satu program kerja Jurusan Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dalam Silaturahmi Jurusan terdapat juga acara Diskusi Jurusan. Kegiatan diskusi yang digelar Jurusan Tadris Biologi bertema “Trend dan Paradigma Penelitian Pendidikan Sains” dilaksanakan pada hari Senin, 10 Agustus di ruang dosen Jurusan Tadris Biologi dengan pembicara Bapak Edy Chandra, S.Si.,MA yang merupakan dosen Jurusan Tadris Biologi. Diskusi tersebut diikuti oleh dosen-dosen Jurusan Tadris Biologi FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Penelitian untuk pendidikan sains sangat terkait erat dengan penelitian dalam pembelajaran sains. Berdasarkan penelitian untuk pembelajaran sains dapat dilakukan penelitian melalui pengembangan dan implementasi model-model pembelajaran. Masih banyak aspek yang dapat diungkap melalui penelitian pendidikan sains yang terkait dengan pembelajaran dengan pendekatan konsep dan media pembelajaran.

Penelitian pendidikan sains hendaknya dilakukan untuk tujuan-tujuan yang jelas seperti tujuan pembelajaran, pengembangan berpikir, sekaligus pengembangan karakter bangsa. Pembiasaan membaca, bertanya, belajar dan berpikir produktif sangat diperlukan untuk diteliti dan dikembangkan lebih jauh. Pengembangan potensi manusia Indonesia yang pluralistik melalui pendidikan moral tampaknya perlu mempertim-bangkan mentalitas bangsa, dan kearifan lokal agar sinkron dan berdaya guna bagi bangsa dan masyrakat yang sedang membangun jati dirinya.