Jurusan Tadris Bahasa Indonesia

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Festival Monolog Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Festival Monolog Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia (HIMABI) bekerjasama dengan Jurusan Tadris Bahasa Indonesia dengan tema “Tanpa Tatap Tetap Berwarna”. Acara ini merupakan pementasan tugas akhir mata kuliah Apresiasi Drama yang ditugaskan oleh dosen pengampu Tato Nuryanto, M.Pd. Pada jalannya mahasiswa diminta untuk membuat karya drama monolog dengan mengumpulkan soft video ke panitia HIMABI untuk diunggah pada Channel Youtube HIMABI.

Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABI) mempersembahkan puncak acara FESTIVAL MONOLOG dengan tema “Tanpa Tatap Tetap Berwarna” yang akan diselenggarakan pada Senin, 14 Juni 2021 yang bertempat Auditorium FITK, Lantai 5, pukul 10.00 WIB s.d. selesai. Pada acara puncak ini dihadiri dan disambut secara daring oleh Wakil Dekan 3 Dr. H. Saifuddin, M.Ag. dan ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. dan disiarkan secara langsung melalui media YouTube dan Instagram HIMABI.

Narasumber Kuliah Tamu Universitas Muria Kudus

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muria Kudus menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema Proses dan Etika Publikasi Jurnal serta mengenal karakteristik Jurnal Nasional dan Internasional pada Rabu, 02 Juni 2021 secara Daring pukul 09.00 s.d. 11.30 WIB. Prodi Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Muria Kudus mengundang narasumber Kuliah Tamu yakni Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd., adalah seorang dosen sekaligus sekretaris Jurusan Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. read more

Rapat Pengkodean Mata Kuliah Jurusan dengan LPM

Senin, 24 Mei 2021 dalam rangka menindaklanjuti tentang pengkodean mata kuliah, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengundang Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Staf Jurusan untuk hadir dalam rapat “Penyelarasan Kode Mata Kuliah”.

Pada undangan rapat kali ini Jurusan Tadris Bahasa Indonesia mendapat ketentuan waktu rapat pada sesi 2, yakni pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB di ruang LPM. Rapat sesi 2 dibuka oleh Muhsin Riyadi, MA. sebagai sekretaris LPM, adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Azis Mustaqim, S.E. dari tim PTIPD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dirgahayu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke 41

[Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia Periode 2021-2022]

Sejarah Perpusnas bermula dengan didirikannya Bataviaasch Genootschap pada 24 April 1778. Lembaga ini adalah pelopor Perpusnas dan baru dibubarkan pada tahun 1950.

Awalnya, Perpustakaan Nasional RI merupakan salah satu perwujudan dari penerapan dan pengembangan sistem nasional perpustakaan, secara menyeluruh dan terpadu, sejak dicanangkan pendiriannya tanggal 17 Mei 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Daoed Joesoef.

Ketika itu kedudukannya masih berada dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan setingkat eselon II di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan badan ini merupakan hasil integrasi dari empat perpustakaan besar di Jakarta.
……….
Dirgahayu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia📚
……….

Selamat Hari Buku Nasional

[Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia Periode 2021-2022]

“Buku adalah pembawa peradaban. Tanpa buku, sejarah itu sunyi, sastra itu bodoh, sains lumpuh, pemikiran dan spekulasi terhenti. Buku adalah mesin perubahan, jendela di dunia, mercusuar yang didirikan di lautan waktu.” – Barbara W. Tuchman

……….
Selamat Hari Buku Nasional📖
……….

Selamat IdulFitri 1 Syawal 1442 Hijriyah

Selamat IdulFitri 1 Syawal 1442 Hijriyah,

Satukan tangan dan teguhkan hati di hari penuh kemenangan ini, mari saling memaafkan dengan ikhlas.

Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia Mengucapkan Selamat Hari Raya IdulFitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir batin.
Taqobballahu minna wa minkum. Barakallahu Fiikum. 🤲🏻
Semoga kita dapat dipertemukan kembali pada Ramadan selanjutnya.✨

Hasil Ujian Komprehensif Gelombang XLVIII (Empat Puluh Delapan) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia

Berikut ini Pengumuman Hasil Ujian Komprehensif Gelombang XLVIII (Empat Puluh Delapan) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia:

Hasil Kompre Gelombang XLVIII

Bagi Mahasiswa yang dinyatakan Lulus, dapat mengambil bukti kelulusan Hasil Kompre dengan menghubungi staf akademik Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, FITK, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Pengumuman Hasil Ujian Komprehensif Gelombang XLVI Jurusan Tadris Bahasa Indonesia

Berikut ini Pengumuman Hasil Ujian Komprehensif Gelombang XLVI (Empat Puluh Enam) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia:

Hasil Kompre Gelombang XLVI

Bagi Mahasiswa yang dinyatakan Lulus, dapat mengambil bukti kelulusan Hasil Kompre dengan menghubungi staf akademik Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, FITK, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rapat Jurusan TBINDO Informasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Senin, 12 April 2021 Rapat Jurusan TBINDO Informasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Rapat dibuka pukul 09.00 WIB oleh Pemandu Acara dengan membaca Basmallah.

Dilanjutkan pengarahan oleh Ketua Jurusan.

Selanjutnya dipaparkan terkait Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sebagai berikut.

Profil Lulusan Tadris Bahasa Indonesia dapat menjadi pendidik pemula, pengajar BIPA, jurnalis, editor, Peneliti pemula. Guru bahasa Indonesia dapat berkesempatan magang di Sekolah/madrasah, Mts/SMP, MA/SMA, dan SMK. Kemudian pengajar Bipa dapat berkesempatan magang di Kedutaan Republik Indonesia di luar negeri. Jurnalis dapat berkesempatan magang di media massa negeri atau swasta, editor dapat magang di penerbit, peneliti pemula magang di balai bahasa / badan pengembangan dan pembinaan bahasa/ LIPI.

Terdapat 106 SKS sumber mata kuliah.

Pemenang Duta Lingkungan FITK Tahun 2021

Pemenang Duta Lingkungan FITK Tahun 2021 diraih oleh Adinda Kaffah Hemas Safitri mahasiswi semester IV Jurusan Tadris Bahasa Indonesia dan Ananda Rizal Fahlepy dari jurusan Pendidikan Agama Islam. Selamat dan sukses kepada Kaffah Hemas S