You are currently viewing Pemaparan Pra-Release Aplikasi PST, BMN, dan SIPI

Pemaparan Pra-Release Aplikasi PST, BMN, dan SIPI

  • Post author:
  • Post category:Berita

Menuju Universitas, IAIN Syekh Nurjati Cirebon terus berbenah di segala bidang. Dalam bidang teknologi informasi, Kepala Biro AUAK, Ir. H. Sunarini, M.Kom., memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap sivitas akademika melalui otomasi transaksi organisasi melalui aplikasi sistem informasi.

Kegiatan pemaparan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2023, bertempat di gedung K (PTIPD) IAIN Syekh Nurjati, dihadiri oleh Kepala Biro AUAK, tim PTIPD, dan Alifia Chinka R.M, S.Kom. selaku pemapar. Pada acara pembukaan, Sunarini menjelaskan, beberapa rancangan aplikasi yang siap dirilis antara lain PST (Penerbitan Surat Tugas), BMN (Barang Milik Negara), dan SIPI (Sistem Informasi Pengawasan Internal). Sunarini berharap dengan adanya aplikasi-aplikasi ini seluruh kegiatan-kegiatan terkait dapat berjalan lebih efektif, mempermudah pengawasan, serta meminimalkan biaya operasional.

Kepala PTIPD, Dr. H. Darwan, M.Kom. dalam arahannya menjelaskan, selain untuk mendapatkan informasi mengenai alur sistem pada masing-masing aplikasi, kegiatan pemaparan ini bertujuan untuk mendiskusikan kebutuhan perangkat server dan jaringan dalam rangka peningkatan tata kelola sarana dan prasarana di PTIPD sehingga terukur dan tepat sasaran.

Pada sesi pemaparan, Alifia menjelaskan alur sistem, manfaat dan kegunaan masing-masing aplikasi, dimana PST dimaksudkan untuk mengelola administrasi surat tugas melalui dokumen digital. Aplikasi BMN digunakan untuk mengelola informasi aset-aset milik negara di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, termasuk dokumentasi, informasi peminjaman dan pemeliharaan. Sementara aplikasi SIPI digunakan untuk mengotomasi kegiatan pengawasan non-akademik yang dilakukan oleh unit Satuan Pengawasan Internal.