Pendidikan Jarak Jauh

Harmoni PJJ PAI dan KPI dalam Pembelajaran Online

Senin, 20 November 2023 PJJ kedatangan Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dalam ranah pembelajaran jarak jauh (PJJ), dikenal istilah synchronous dan asynchronous yang memiliki keunikan masing-masing. Untuk memastikan para peserta didik dari berbagai penjuru Indonesia dapat mengikuti proses pembelajaran secara efektif, dosen harus mempersiapkan materi dengan cermat.

Meskipun demikian, penyiapan modul dan konten pembelajaran masih menemui beberapa kendala teknis dalam produksinya di PJJ PAI. Namun, kebutuhan akan penyusunan materi ini diharapkan dapat teratasi dengan melibatkan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam  IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ketua Jurusan KPI, Dr. Arief Rachman, M.Si., dengan semangat untuk berkontribusi, menyoroti pentingnya memanfaatkan keterampilan multimedia yang dimiliki mahasiswa KPI. Mereka siap menggadakan magang di PJJ PAI untuk membantu dalam produksi konten pembelajaran.

Dalam pertemuan antara Pimpinan Jurusan PJJ PAI dan KPI, Dr. Ali, Ketua Jurusan PJJ PAI, menegaskan urgensi kelancaran pilot project PJJ PAI. Keberadaan mahasiswa magang dari KPI diharapkan dapat membantu mengatasi kendala kekurangan SDM dalam pengelolaan media sosial dan produksi konten pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat menjangkau 3366 mahasiswa PJJ PAI dengan konten pembelajaran yang berkualitas