Standar 1

Hanya Website e-Informasi situs lain

VISI MISI DAN TUJUAN SERTA STATEGI PENCAPAIAN

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam menyiapkan tenaga pendidik anak usia dini sebagai generasi emasyang berbasis nilai-nilai keislaman di tingkat nasional tahun 2025.

Pernyataan visi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang diharapkan di masa yang akan datang oleh semua stakeholder. Rumusan visi tersebut mengandung dua kata kunci yaitu unggul dan terkemuka yang akan dikemukakan sebagai berikut:

a.   Kata kunci “unggul” dimaknai bahwa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini mampu menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi sebagai pendidik PAUD, peneliti pemula dalam hal  pemikiran yang  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahlian,menguasai sumber-sumber agama islam, sains, dan humaniora, serta mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah-masalah kontekstual di kehidupan nyata, mampu merancang berbagai bentuk program dan layanan Pendidikan Anak Usia Dini serta menerapkan berbagai strategi, pendekatan, dan teknik dalam kegiatan pengajaran pada pendidikan anak usia dini.

b.   Kata kunci “terkemuka” dimaknai sebagai  bahwa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini terdepan dalam memberikan pengajaran, layanan pendidikan anak usia dini dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan pendidikan Islam anak usia dini.

Kata kunci “generasi emas” adalah istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan generasi unggul manusia Indonesia pada tahun 2045 sebagai milestone pengembangan sumberdaya manusia Indonesia setelah 100 tahun merdeka yang meliputi sikap positif, pola pikir esensial, komitmen normatif dan kompetensi abilitas.

Misi

Berdasarkan visi di atas Program Studi PIAUD menjabarkannya dalam misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran yang berbasis nilai-nilai keislaman di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  2. Melakukan penelitian, pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan serta teknologi dalam mengembangkan inovasi bidang kependidikan, khususnya PAUD yang berbasis nilai-nilai keislaman dan kearifan budaya lokal .
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan pendidikan Islam anak usia dini yang inovatif.

Menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga profesional untuk meningkatkan kepercayaan dan eksistensi program studi dalam  menunjang visi kelembagaan.

Tujuan Program Studi PIAUD

  1. Terselenggaranya kegiatan pengembangan disiplin ilmu pendidikan Islam anak usia dini yang inovatif;
  2. Menghasilkan penelitian yang akuntabel dalam disiplin ilmu dan pengembangan pendidikan Islam usia dini yang berbasis nilai keislaman dan kearifan lokal;
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Terwujudnya kemitraan dengan berbagai lembaga dalam rangka mencapai visi kelembagaan.

Sasaran dan Stategi Pencapaiannya

Sasaran mutu Program Studi PIAUD disusun berdasarkan kebijakan, Standar dan Manual Mutu di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta mengacu pada standar akreditasi.

Sasaran program kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk mewujudkan visi, misi, tujuan yang telah ditetapkan terdiri dari 6 sasaran mutu utama yaitu :

a. Pengembagan profil kelembagaan dan tata kelola yang berorentasi pada daulat sytem (syistem authority) melalui pemanfaatan sistem   teknologi informasi (institusional authority) melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi (information and technological system).

b. Pengembangan tata kelola ketenagaan berbasis pada peningkatan kinerja dan penguatan budaya organisasi (human resources development based on quality improvement and organization culture).

c. Pengembangan kurikulum berorentasi KKNI, proses pembelajaran, dan budaya akademik (currikuculum, learning, process, and      academic culture development).

d. Pengembangan kemahasiswaan dan alumni berorentasi daya saing (student and graduate profile development)

e. Pengembangan penelitian, penertiban dan pengabdian masyarakat (research, publishing, and community development).

f. Pengembangan sarana dan prasarana (means and physical appereance development).