Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Kolaboratif; Stake Holders Berharap Besar dengan Penelitian yang dilakukan oleh Atikah Syamsi, dkk.

Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Kolaboratif; Stake Holders Berharap Besar dengan Penelitian yang dilakukan oleh Atikah Syamsi, dkk.

Sabtu (17/09) Atikah Syamsi, M.Pd.I adakan Focus Group Discussion (FGD) penelitian kolaboratif yang mengangkat tema “Desain Pengembangan Kurikulum Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI) Berbasis Seni Budaya Lokal (Studi Deskriptif Penyempurnaan Kurikulum Seni Budaya Lokal Berdasar Kebutuhan Stake Holders Kota/kab. Cirebon)”.

Penelitian ini diketuai oleh Atikah Syamsi sendiri dengan 3 anggota yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, yakni Dr. Hj. Latifah, M.A., Widdy Nurvina Unggaran dan Yuriska Dewi Suwarno.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari alumni PGMI dan stake holders (para guru dari beberapa sekolah mitra PGMI, yaitu MI An-Nur, MI PGMI, MI Al Washliyah, dan MI Hidayatus Shibyan).

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Peserta sangat antusias dalam memberikan saran dan masukan terkait dengan adanya penelitian ini, dan berharap besar agar penelitian ini dilanjutkan sehingga dapat membentuk lulusan PGMI yang lebih marketable.

Sunarto, S.Sn saat menjadi narasumber dalam FGD tersebut menyampaikan bahwa nilai lokal yang diusung dalam penelitian ini sudah sesuai dengan program pemerintah yang baru disosialisasikan pada symposium nasional, yakni pemberdayaan potensi budaya lokal. Sejalan dengan hal tersebut, Kabid Kebudayaan Disporbudpar Kota Cirebon Drs. R. Agus Setiadiningrat, MM., M.Pd menyambut baik upaya optimalisasi budaya Cirebon dalam kurikulum PGMI dan memberikan apresiasi positif dengan akan membangun kemitraan bersama Jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dari sisi pembinaan seni budaya Cirebon, Lurah Sanggar Seni Klapa Jajar Keraton Kanoman Kota Cirebon Pangeran Elang Mamat Nurrachmat juga memberikan apresiasi positif dan mendukung Jurusan PGMI dalam membina mahasiswa untuk memiliki softskill terkait dengan budaya lokal yang dibutuhkan oleh stake holders.

Atikah Syamsi, M.Pd.I berharap semoga dengan penelitian yang dilakukan ini dapat menambah kualitas lulusan PGMI yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)  dalam bidang seni dan terlebih lagi mahasiswa memiliki softskill yang layak diperhitungkan dan diprioritaskan oleh stake holders.  Harapan inilah yang juga dikehendaki oleh ketua jurusan PGMI Syibli Maufur, M.Pd. dengan memberikan kesempatan kepada peneliti (dalam hal ini dosen maupun mahasiswa) untuk melakukan penelitian terkait dengan budaya lokal Cirebon. (Arifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *