Jurusan PBA Adakan Pelatihan Learning Management System (LMS) untuk Dosen-Dosen dan Staf

Jurusan PBA Adakan Pelatihan Learning Management System (LMS) untuk Dosen-Dosen dan Staf

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon adakan Pelatihan Pemanfaatan LMS (Learning Management System) dalam Pembelajaran Daring.

Secara umum, pengertian Learning management system (LMS) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran.

Sistem ini bisa membantu para guru/dosen untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas belajar para siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi para siswa, menampilkan transkrip nilai, dan mengelola tampilan e-learning.

Karena berbasis aplikasi digital, selain memudahkan para guru dalam merencanakan proses belajar online, LMS juga memudahkan siswa untuk mengakses konten pembelajaran dari mana saja dan kapan saja.

Lewat LMS, Guru/dosen lebih mudah membuat konten pembelajaran online, mulai dari perencanaan, pelaporan, hingga dokumentasi.

Melalui LMS ini, Guru/dosen dapat memanfaatkan konten-konten dalam bentuk digital, seperti artikel, e-book, animasi, suara, dan video yang menarik.

Pelatihan bagi dosen Jurusan PBA ini dibuka oleh Ibu Masr’ah, M.Ag di ruang dosen Jurusan PBA yang diikuti dosen dosen dan staf PBA dengan narasumber Bapak Erfan Gazali, MSI.

Kegiatan sesi pertama diselenggarakan pada hari Kamis 25 Februari 2021. Pada sesi pertama kegiatan difokuskan pada pelatihan optimasi pembelajaran daring Class. Hari selanjutnya sesi kedua dilanjutkan pada hari Selasa 02 Maret 2021 materi diisi dengan presentasi para peserta.

Masri’ah, M,Ag mengatakan, pelatihan pemanfaatan LMS diharapkan dapat memberi manfaat lebih luas. Misalnya membuat materi pembelajaran sekaligus menyusun bentuk permanennya.

Dengan demikian output dan outcome yang dihasilkan para peserta dapat dimanfaatkan banyak orang, atau bahkan dapat dikomersilkan. Bahan kuliah yang dibuat, terdokumentasi secara baik, dan bisa dijadikan pedoman atau contoh pembuatan materi perkuliahan lain.

“Kita harus mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh supaya memberi manfaat cukup dalam rangka memberi pelayanan maksimal yang nantinya bermuara pada pemeringkatan  Jurusan PBA menjadi lebih baik,” ujar Ketua Jurusan PBA ini.

Pada pertemuan yang ini narasumber Erfan Gazali, MSI menambahkan bahwa LMS merupakan sistem yang digunakan Jurusan PBA untuk mendukung pembelajaran daring melalui VClass sejak tahun lalu sejak Pandemi melanda.

Diharapkan para peserta dapat menyesuaikan penggunaan LMS terbaru secara maksimal dan dapat mentransfer ilmu yang diperoleh ke jurusan lain sehingga bisa dimanfaatkan dosen lainnya.