KEGIATAN KHAYYIMAH ‘ARABIYYAH 2021 HMJ ITLA’

KEGIATAN KHAYYIMAH ‘ARABIYYAH 2021 HMJ ITLA’

Hari Jum’at-Minggu tanggal 26-28 Februari 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan PBA (ITLA’) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengikuti Acara Kemah Bahasa Arab yang bertempat di Serang, Banten. Acara ini adalah acara tahunan Dewan Perwakilan Wilayah II  yg mencakup DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Perkemahan ini dilakukan untuk melaksanakan Musyawarah Wilayah di DPW II. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati mengirim delegasi sejumlah 13 orang untuk mengikuti acara tersebut. Para delegasi diberangkatkan pada hari Kamis, 25 Februari pukul 09.30 dengan dilepas oleh Ketua Jurusan PBA Masriah, M.Ag

Pembukaan Acara Kemah Bahasa Arab dilaksanakan pada Hari Jum’at 26 Februari 2021 pada pukul 09.30 yang dibuka oleh Mutia dan Wildan. Acara dibuka oleh dosen dari Bahasa dan Sastra Arab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr. Lalu Turjiman Ahmad, M.A

Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan Seminar tentang Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi oleh Dr. Aang Saiful Millah.

Setelah Acara Seminar semua peserta diberangkatkan dari Villa menuju lokasi Bumi Perkemahan pada pukul 16.30 perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Di Bumi Perkemahan diadakan sarasehan bersama para demisioner Dpw 2.

Di Hari kedua tepatnya pada Hari Sabtu tanggal 27 Februari 2021 acara dimulai dengan senam bersama pada pukul 06.30 setelah itu melakukan  persiapan untuk mengikuti pelatihan simulasi debat oleh diisi oleh Bobby.

Acara selesai sekitar pukul 12.00 dan dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan.

PBA IAIN Cirebon mengirim lomba Khitobah (Raehan Royan), lomba Ghina Araby (Iqbal Ashaby) dan lomba Bola Sarung (Royan, Alfian, Iqbal dan  Dito).

Acara dilanjut setelah shalat Isya yaitu api unggun dan pensi. Acara selesai sekitar pukul 23.00 setelah itu ada acara Musyawarah Wilayah (Forum LPJ dan Pemilihan Ketua baru yg diwakilkan 2 orang dari tiap instansi)

Di hari ketiga atau hari terakhir Minggu 28 Februari 2021 Acara penutupan di mulai pukul 10.00 dengan pembawa acara Vina dan Aldi acara ditutup oleh  Bobby (Sekum DPP ITHLA) dan prakata oleh ketua pelaksana Muhammad Iqbal Afrizal. Setelah itu ada pengumuman juara-juara lomba. Alhamdulillah PBA IAIN Cirebon mendapat Juara 1 lomba Khitobah yg dimenangkan oleh Raehan Royan. Acara selanjutnya adalah sesi foto bersama dan acara selesai sekitar pukul 13.00. Lalu delegasi HMJ Cirebon kembali ke Cirebon sekitar pukul 21.30.