Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) Periode 2021-2022 Adakan Kegiatan Sertijab, Pembekalan dan Raker

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) Periode 2021-2022 Adakan Kegiatan Sertijab, Pembekalan dan Raker

Himpunan Mahasiswa Juruan PBA terpilih periode 2021-2022 terpilih adakan Kegiatan Sertijab, Pembekalan dan dilanjutkan dengan Rapat Kerja (Raker) yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada Hari Kamis 11 Februari untuk acara Sertijab dan Pembekalan dan pada Hari Senin, 15 Februari 2021 diadakan acara Rapat Kerja (Raker)

Acara pertama pada hari Kamis, 11 Februari 2021. Ittihadu At-Thulab Li Qismi At-Ta’lim Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah (ITLA’) periode 2021-2022 mengawali dengan kegiatan SERTIJAB DAN PEMBEKALAN. Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus HMJ PBA periode 2021-2022 beserta tamu undangan. Pada pukul 08.40 panitia melakukan cheking peserta. Kegiatan diawali pembukaan pada pukul 09.40 diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-qur’an dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne FITK, Mars FITK, dan Hymne PBA. Kemudian sambutan dari ketua pelaksana kegiatan yaknis audari AfwahSyafa’ah, dilanjutkan dengan pembacaan SK oleh SEMA. lalu dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar atau Sumpah Pengabdian menjadi Pengurus ITLA’.  Setelah itu, penandatanganan surat serah terima jabatan oleh Ketua Umum ITLA’ periode 2020-2021 dan Ketua Umum ITLA’ periode 2021-2022 serta Ketua Jurusan PBA yang  disaksikan oleh wakil Dekan III FITK, SEMA, dan DEMA.

Dilanjut dengan sambutan dari ketua umum ITLA’ Periode 2020-2021  yakni saudara Muhammad Dawud dan sambutan dari ketua umum ITLA’ Periode 2021-2022 yakni      saudara Raehan Royan, kemudian Sambutan lainnya yaitu dari Dema FITK dan terakhir dari Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab ibu Masri’ah, M.Ag sekaligus membuka acara Sertijab, Pembekalan dan Raker.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan PBA menyampaikan pesan bahwa dengan adanya Sertijab diharapkan :

1. Adanya program-program yang mendukung Jurusan terutama tentang peningkatan kebahasa Araban mahasiswa baik lisan atau tertulis karena tidak lama lagi Jurusan PBA akan melaksanakan Akreditasi dan semoga Jurusan PBA bisa tetap mempertahankannya di Nilai A

2. Diharapakna kepada kakak tingkat Demisioner periode sebelumnya untuk selalu membimbing dan mendukung program HMJ periode terpilih

3. Meningkatkan komunikasi antara sesama pengurus

4. Tunaikan amalan program sebagai ajang pembelajaran untuk kesuksesan masa depan mahasiswa

Setelah Pembukaan dari Ketua Jurusan dilanjutkan dengan Pembekalan. Tepat pukul 11.05 acara Pembekalan dimulai, diawali dengan materi yang disampaikan oleh saudara Ahmad Faiz dan dimoderatori oleh Anas Azhar Nasim, dengan Tema “Analisis SWOT” (Materi Pertama). Lalu pukul 14.15 dimulai materi 2 bersama Mohamad Fikri Al-Ghifari yang dimoderatori oleh Erna Nur Qomariah dengan tema “Management Organisasi”.

Masih dalam rangkaian acara Sertijab dilanjutkan pada Hari Senin 15 Februari 2021 dilaksanakan kegiatan RAPAT KERJA (RAKER). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Jurusan PBA Maman Dzul Iman, S.Ag, MA, para pengurus ITLA’ periode 2021-2022 beserta Demisioner dan Alumni. Pada pukul 07.15 panitia melakukan cheking peserta. Kegiatan pertama dibuka oleh Ketua Umum yaitu Raehan Royan dengan menyampaikan prakata sebelum memasuki Rapat Kerja yang dipimpin oleh Abdullah Syafi’i sebagai Pimpinan Sidang 1 dan Angel Aulia Ismaturrahim sebagai Pimpinan Sidang 2.

RAKER dimulai pada pukul 09.50 yang diawali dengan Bidang Kewirausahaan, Lalu dilanjut Bidang Religi dan Sosial juga Bidang Minat dan Bakat. Pukul 13.20. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Program Kerja dari Bidang Jaringan Komunikasi diteruskan oleh Bidang Pendidikan dan Bahasa, BidangPengembangan  Organisasi, dan berakhir hingga pembacaan proker Badan Pengurus Harian.