Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) Adakan Penataran

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) Adakan Penataran

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan Penataran bertemakan

Membentuk Anggota HMJ PBA yang Berdedikasi Tinggi, Berspektif Islami, Berintegritas serta Berinovasi Luas”. yang dilaksanakan pada tanggal 09-10 Januari 2021 bertempat di Tenjo Laut Kabupaten Kuningan.

Acara ini diikuti oleh seluruh anggota HMJ periode 2020.cara ini dibuka oleh Sekretaris Jurusan Maman Dzul Iman, S.Ag, MA sekaligus sebagai salah satu narasumber pada acara Penataran ini. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Umum HMJ PBA Muhamad Dawud dan sambutan dari Ketua Umum DEMA FITK Nuriman.

Memasuki acara inti narasumber pertama Maman Dzul Iman menyampaikan masalah Organisasi. Menurut Maman “Organisasi harus menunjang prestasi bukan menghambat prestasi. Oleh karena itu mahasiswa harus tepat waktu walaupun aktif di dalam organisasi, pungkas Maman mengakhiri ulasannya.”

Narasumber berikutnya oleh Ketua SEMA Institut Rohmawan. Dalam penataran kali ini Rohmawan menyampaikan pembahasan tentang Kepemimpinan. Menurut Rohmawan “sebagai pemimpin, harus dapat bertanggung jawab pada apa yang dipimpin. Kesalahan yang dilakukan oleh bawahan merupakan kesalahan pemimpin, bisa saja dari segi komunikasi atau dari koordinasi yang kurang jelas.

Oleh karena itu, pemimpin harus dapat mengatur apa yang dipimpin sebelum terjadi kesalahan besar. Namun, jika kesalahan telah terjadi maka pemimpin harus siap untuk mempertanggungjawabkan konsekuensi tanpa menyalahkan berbagai pihak, pungkas Rohmawan.”

Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota HMJ, selain itu acara ini pun mengembangkan wawasan dan keilmuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab tentang keorganisasian dan kepemimpinan.

Pada hari kedua diadakan senam bersama pada pukul 06.30 dilanjutkan diadakan Fun Games pada pukul 08.10 dan ditutup dengan penutupan acara serta pembagian hadiah pada pukul 11.00. Terakhir sesi foto bersama peserta dan panitia.

Di Akhir acara Panitia dan peserta berfoto bersama