Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Ikuti Workshop Pengembangan Kurikulum

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka pada FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tema ” Mewujudkan Daya Saing FITK melalui Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dengan Semangat Adaptive, Responsive, Innovative and Futureistic (ARIF).

Workshop berlangsung 2 (dua) hari Senin dan Selasa tanggal 12-13 Oktober 2020 di Hotel Grand Tryas yang dihadiri sekitar 58 orang dari jajaran Dekanat Dekan, Wadek 1, 2 dan 3, Ketua LPM beserta Sekretaris, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Tim Pengembang Kurikulum dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan FITK. read more

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab Kembali Adakan Silaturahmi ke Rumah Dosen

(Cirebon-14/09/2020) Silaturahmi ke kediaman Dosen merupakan salah satu program kerja HMJ di bidang religi dan sosial. Pada tahun ini acaranya dilaksanakan pada tanggal 06 September 2020 dan 13 September 2020. Mengapa acaranya tidak dijadikan satu hari saja? Karena satu hari saja tidak memungkinkan mengingat jarak dari rumah dosen satu ke dosen lain cukup jauh dan memakan waktu yang lama. Jadi Ketua HMJ memutuskan untuk membagi dua pertemuan. Minggu pertama silaturahmi ke rumah Bapak Maman Dzul Iman S.Ag. MA selaku Sekretaris Jurusan PBA, dan minggu kedua silaturahmi ke rumah Ibu Masri`ah, M.Ag Ketua Jurusan PBA.

Minggu pertama bulan september yaitu tanggal 06 September 2020,  pengurus HMJ bersilahturahmi ke Kuningan tepatnya rumah Bapak Maman Dzul Iman S.Ag. MA. Karena masih dalam masa pandemi, pengurus HMJ yang hadir dibatasi maksimal 10 orang  untuk ikut, yaitu ; Daud, Viqri, Jafar, Ainul, Erna, Neni, Eva Q. Selain itu juga dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan yaitu menggunakan masker dan Jaga Jarak selama kunjungan. read more

Pandemi Covid-19, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tetap Berlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Cirebon– IAIN Syekh Nurjati Cirebon termasuk juga Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sudah menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Pada semester baru TA 2020/2021 ini juga pilihannya tetap sama menerapkan PJJ karena situasi pandemi belum berlalu.

Metode pembelajaran secara daring ditujukan untuk mata kuliah teori. Hal ini dilakukan upaya pencegahan penularan infeksi Covid-19 di lingkungan kampus.

Bagi mahasiswa baru angkatan 2020, kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK akan berlangsung secara virtual melalui Zoom dan youtube yang akan berlangsung mulai 21 September-24 September 2020 mendatang. read more

Staf Jurusan PBA Ikuti Sosialisasi Penggunaan Smart Campus dan Pengelolaan Website

Kamis, 03 September 2020 – Untuk optimalisasi penggunaan smartcampus  dan penguasaan pengelolaan website bagi tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD)  mengundang seluruh tenaga Kependidikan untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan tema “Sosialisasi Tentang Penggunaan Smart Campus Untuk Pengembangan Tenaga Kependidikan dan Pengelolaan Website Tahun 2020.” Acara ini berlangsung 2 hari berturut-turut pada hari Rabu-Kamis tanggal 02-03 September 2020 di Gedung M IAIN Syekh Nurjati Cirebon. read more

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Adakan Seminar Nasional Online

Rabu, 12 Agustus 2020 – Dalam rangka meningkatkan kualitas kemampuan tarjamah di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon khususnya dan seluruh civitas akademika di Universitas Islam seluruh Indonesia, dan dalam rangka memasyarakatkan budaya terjemah di Indonesia, PBA IAIN Sykeh Nurjati Cirebon Menggelar Seminar Nasional Online dengan tema, “Peluang Dan Tantangan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Sebagai Penerjemah Profesional”

Dalam Seminar ini Hadir sebagai pembicara / Narasumber 3 pakar yang ahli di bidang terjamah, dan merupakan praktisi terjemah yaitu :
1.  Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag, Dosen dan pakar terjemah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
2. Dr. Kamran As’at Irsyadi, Lc. MA, Dosen dan pakar terjemah UIN Raden Intan Lampung
3. Rijal Mahdi, Lc, MA Dosen dan pakar terjemah IAIN Syekh Nurjati Cirebon read more

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Terima Kunjungan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Bandung

Jum’at, 07 Agustus 2020 – Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mendapat kunjungan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sunan Gunung Jati Bandung dalam rangka menjalin silaturrahmi dan membicarakan review kurikulum Pendidikan Bahasa Arab.
Ketua Prodi PBA UIN Bandung Dr. Dedih Wahyudin, M.Ag mengatakan bahwa maksud kedatangan Ketua Jurusan, Dosen dan staf PBA UIN Bandung untuk bertukar fikiran dan distingsi kurikulum dari setiap Prodi. Prodi kami distingnya apa, Jurusan PBA Cirebon distingnya apa. Itu semua akan menjadi kajian bersama untuk mendapatkan hasil kurikulum yang baik. Selain itu kami juga membahas kerjasama dalam bentuk penelitian, jurnal, atau dalam bentuk Seminar, pungkas Dedih.”
Sementara itu menurut Ketua Jurusan PBA FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Masri’ah, M. Ag menerangkan bahwa ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya, baik dari UIN Bandung ke IAIN Cirebon maupun sebaliknya.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang dibuat pada tahun 2019 lalu sebelum terjadi Pandemi Covid-19 di UNPAD. Kita sepakat untuk bertukar naskah jurnal, bertukar reviewer dan kerjasama seminar dan kerjasama ini sudah mulai berjalan.
“Semoga kerjasama ini terus terjalin untuk sama-sama mengawal demi meningkatkan kualitas, baik itu SDM seperti untuk dosen dan mahasiswa. Apalagi ke depan ada konsep kampus merdeka belajar, itu kan bisa kerjasama dosen IAIN mengajar di UIN Bandung dan Dosen UIN ngajar di IAIN, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat semuanya bisa dilaksanakan, pungkas Masri’ah, M.Ag mengakhiri ulasannya.” read more

KEMAH BAHASA ARAB dan MUKTAMAR ITHLA (ITTIHADU THALABAH AL LUGHAH AL ARABIYAH) KE-VI di YOGYAKARTA

IMG-20171207-WA0006

Yogyakarta, Kemah Bahasa Arab dan Muktamar ITHLA ke VI diselenggarakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 24-27 November 2017. Acara ini bertemakan “Revitalisasi Masifitas Bahasa Arab Sebagai Tonggak Prestasi Nasional dan Internasional bersama ITHLA”. Acara ini diselenggarakan setiap tahun sekali. Pada tahun ini dihadiri oleh 657 mahasiswa Bahasa Arab yang berasal dari 77 delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Dirosah Islamiyah, dan Tarjamah seluruh perguruan tinggi Islam se-Indonesia. Bukan hanya mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia tetapi ada juga beberapa delegasi mahasiswa Malaysia.

Tahun ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengirimkan 36 delegasi yang terdiri dari 27 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan 9 mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

Kemah Bahasa Arab ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti Seminar Nasional, Halaqah Ilmiah, pentas seni, pembahasan ADART, pergantian pengurus pergantian dewan pengurus pusat (DPP) dan dewan pengurus wilayah (DPW) ITHLA, dan outbond.

Pada kegiatan ini juga diisi dengan berbagai perlombaan seperti Arabic Voice, Menulis Insya, Debat dan Duta ITHLA. Dan Juara umum dari semua perlombaan tersebut dimenangkan oleh DPW II (Dewan Perwakilan Wilayah II Jawa Barat, DKI dan Banten).

Jurusan PBA Adakan Munaqosah Gelombang I

Cirebon – Jurusan PBA kembali mengadakan Sidang Munaqosah Gelombang I pada hari Kamis (23/11/2017). Sidang Munaqosyah dipimpin oleh Ketua Jurusan, Masri’ah, M.Ag. dan Sekretaris Jurusan Khasan Aedi, S.S.,MSI dan diikuti oleh total tiga belas peserta. Nama-nama mahasiswa yang mengikuti Sidang Munaqosah adalah Sugih Ardianto, Dini Handayani, Unung Husnul Khotimah, Afnan Sofiyanti, Ismaya Jauharotul Huda, Neli Sa’adah, Egi Rizaludinsyah, Iqfhayati Fatricia, Priskha, Ayu Nurjanah, Mimin Hatipah, Nursobah Fitriani dan Nurasih.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya dimana Sidang Munaqosah bertempat di Ruang Jurusan PBA, Pada gelombang Perdana kali ini bertempat di Lantai 3 Gedung FITK. Jurusan PBA merupakan Jurusan Pertama yang melaksanakan Sidang di tempat yang baru dan dibuka langsung oleh Dekan FITK Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag. Selain tempat dan suasana yang berbeda, Peserta mempertahankan hasil penelitian mereka menggunakan mimbar, Para Penguji memakai Jubah kebesaran dan Sidang Munaqosyah juga dihadiri oleh Orang tua / Wali dari peserta Sidang.

Wilayah kajian penelitian yang diambil oleh ketiga belas peserta ini berbeda yaitu Qowaid, Ilmu Lughah, Maharat Al-Qira’ah, Al-Mufrodat, Maharat al-Kitabah, Maharat al-Kalam dan Belajar dan Pembelajaran.

Semua peserta yang mengikuti Ujian Munaqosah Gelom

MOU FITK dengan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI Bandung

Bandung, Kamis 16 November 2017 telah dilakukan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dengan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Perjanjian kerjasama dibidang penyelenggraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dibuat dan ditandatangani di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung oleh dua pihak yang masing-masing mewakili pihak yang bekerjasama. Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag mewakili Pihak Pertama bertindak dalam kapasitasnya sebagai Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon dan dari Pihak Kedua diwakili oleh Prof. Dr. Syihabudin, M.Pd. bertindak sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. read more

STUDIUM GENERAL JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)

Pada tanggal 09 Oktober 2017, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab kembali menyelenggarakan kegiatan Studium General. Kegiatan kali ini mengusung tema : “Pengembangan Budaya Berbahasa Aktif dalam Kegiatan Penyelenggaraan Akademik untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Bertutur Bahasa Arab”. dengan Narasumber Dr. H. Arwani Syaerozi dan acara dibuka oleh Dekan FITK Bapak Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag.

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Bahasa Arab tidak hanya digunakan di negara-negara Arab saja. Bahasa Arab nyaris digunakan di seluruh negara. Dimana ada Muslim maka bahasa Arab hidup di sana. Misalnya, di Indonesia. Bahasa Arab terbilang populer. Bahkan, tidak sedikit kosakata bahasa Indonesia merupakan serapan dari bahasa Arab, seperti musyawarah, barokah, majelis dan masih banyak lagi. read more