Ma’had al-Jami’ah adalah tempat pengembangan dan penguatan potensi mahasiswa di bidang al-Qur’an, ilmu keagamaan, kebahasaan dan pembiasaan tradisi pesantren.

Sejak berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati yang sebelumnya bernama STAIN Cirebon Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Cirebon, memiliki mandat utama sebagai pusat pengkajian dan pengembangan ilmu-ilmu keislaman. berada disebuah wilayah tiga cirebon dengan masyarakat yang dikenal religius, IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki kedudukan yang strategis bagi pembentukan citra Islam di Indonesia. kontribusi itu akan semakin nyata dengan berbagai tawaran alternatif kajian keislaman yang komprehensif dalam mengatasi persoalan umat dan bangsa.

Posisi IAIN Syekh Nurjati sedemikian mengharuskan adanya formulasi yang integratif terhadap studi-studi keislaman yang menuntut adanya penguasaan terhadap ilmu-ilmu keislaman secara lebih komprehensif dengan pendekatan multidisiplin.

Keberadaan ma’had al-jami’ah dalam konteks ini diyakini dapat menopang posisi strategis tersebut. dengan ma’had al jami’ah diyakini dapat memperkuat citra IAIN Syekh Nurjati yang unik dan khas sebagai pengemban misi studi keislaman secara komprehensif.

Melalui program-program ta’lim yang diselenggarakan ma’had al-jami’ah diharapkan dapat dibangun penguatan akademik dan spiritualitas Islam sebagai basis keunggulan IAIN Syekh Nurjati. pada program ma’had al-jami’ah ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan dasar-dasar keislaman, keterampilan, bahasa arab dan bahasa inggris, serta pembiasaan dalam penanaman akhlakul karimah.