Visi

Terwujudnya pusat pemantapan akidah dan akhlak, serta pengembangan ilmu dan tradisi keislaman demi lahirnya sarjana muslim yang memiliki keunggulan dibidang ilmu keislaman, kemampuan berbahasa, berkepribadian, dan berakhalkul karimah serta terciptanya masyarakat muslim indonesia yang cerdas, dinamis, kreatif, inovatif, damai dan sejahtera.

Misi

  1. Mendidik mahasiswa memiliki kemampuan membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik dan benar, kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, dan keluasan ilmu.
  2. Memperkuat proses internalisasi nilai-nilai keislaman, kepribadian, dan keadaban melalui pendidikan terintegrasi antara pendidikan akademik perguruan tinggi dan pendidikan pesantren.
  3. Melatih keterampilan berbahasa bagi mahasiswa melalui penciptaan milieu, bi’ah lughawiyah yang kondusif.

Tujuan

Ma’had al-jami’ah diharapkan mampu menghasilkan lulusan IAIN yang:

  1. Berakidah kuat dan berakhlak mulia
  2. Memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris, baik lisan maupun tulisan.
  3. Menguasai ilmu-ilmu keislaman sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan Islam secara luas.
  4. Memiliki integritas dan spiritualitas yang luhur
  5. berdisiplin, mandiri, berfikiran terbuka, jujur dan bertanggung jawab
  6. Mampu membaca kitab klasik dan kontemporer.
  7. Menghafal beberapa juz atau seluruh juz dari al-Qur’an (Tahfizh al-Qur’an)
  8. Memiliki kemampuan akademik kompetitif sehingga mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam kehidupannya sebagai individu dan warga masyarakat.

Fungsi

Ma’had al-jami’ah berfungsi sebagai wahana pembinaan mahasiswa dalam pengembangan ilmu keagamaan dan kebahasaan serta peningkatan dan pelestarian tradisi spiritualitas keagamaan untuk pendukung pencapaian visi, misi dan tujuan IAIN.