PENGUMUMAN PENDAFTARAN ANGKATAN XVII

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PEMBERITAHUAN

PENDAFTARAN CALON MAHASANTRI PUTRI MA’HAD AL-JAMI’AH ANGKATAN XVII

IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 2019

Dengan hormat,

Kami selaku pengurus harian ma’had al-jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswi putri untuk bergabung pada angkatan XVII tahun ajaran 2019. Berikut syarat dan ketentuan mengikuti program ma’had al-jami’ah angkatan XVII;

  1. Calon mahasantri ma’had al-jami’ah angkatan XVII ialah seluruh mahasiswi putri yang ada di lingkungan akademik IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sudah menginjak pada semester dua

  2. Seluruh calon mahasantri ma’had al-jami’ah angkatan XVII ialah mahasiswi yang sudah mendaftarkan diri pada semester satu baik secara online maupun offline. Namun, belum bisa ikut program pada angkatan XVI sebelumnya. Juga mahasiswi yang belum sama sekali mendaftarkan diri

  3. Seluruh calon mahasantri ma’had al-jami’ah Angkatan XVII harus mengisi identitas pribadi pada formulir pendaftaran online di laman berikut ini;

    http://bit.ly/mahadaljamiahangkatanXVII

  4. Semua calon mahasantri putri angkatan XVII harus mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan mahasantri bermaterai 6.000 secara manual atau offline.

    Formulir pendaftaran manual dapat diakses pada link berikut ini: FORMULIR PENDAFTARAN MAHASANTRI – format kecil

    Surat pernyataan manual dapat diakses pada link berikut ini: SURAT PERNYATAAN CALON MAHASANTRI – 2019)

  5. Foto berwarna ukuran 3×4 dua lembar dengan background warna merah

  6. Foto copy KTP

Pengisian formulir pendaftaran secara online dimulai dengan datangnya pemberitahuan ini terhitung tanggal 23 Januari 2019 dan akhir pengisian formulir pendaftaran secara online maksimal sampai tanggal 17 Februari 2019. Pemberitahuan terkait tanggal daftar ulang, check in kamar, dan acara pembukaan program ma’had al-jami’ah angkatan XVII akan diumumkan dan diinfokan pada kesempatan lainnya di laman web ma’had. Karenanya, sangat dihimbau agar mahasiswi-mahasiswi calon mahasantri untuk segera mendaftarkan diri secara online dan disiapkan pula persyaratan manualnya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

TTD,

Pengurus Harian Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Memperingati Hari Santri Nasional Ke-III di Ma’had Al-Jami’ah

Pada kesempatan kali ini, mahasantri ma’had al-jami’ah angkatan XVI memperingati Hari Santri Nasional ke-III di aula ma’had gedung A/lama di hari Sabtu, pada tanggal 20 Oktober 2018. Dibuka dengan penampilan hadrah dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Yaa Lal Wathan. Diselenggarakannya acara diisi selain memperingati hari santri nasional juga diisi dengan pentas seni yang telah disiapkan oleh mahasantri putra dan putri di antaranya menampilkan silat, drama juga drama musikal, membaca puisi menyanyi, shalawatan dan lain-lain.

20 Oktober 2018

 

 

IMQ (IAIN Menyimak Al-Quran) 30 Juz bil-Ghoib Bekerjasama dengan JQH NU Kabupaten Cirebon dan UKM HTQ

Acara IMQ atau IAIN Menyimak Al-Quran 30 Juz bil-Ghoib yang bekerjasama dengan JQH NU (Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama) Kabupaten Cirebon dan UKM HTQ (Hai’ah Tahfizh wal Qiro’ah) IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah dilaksanakan pada hari Senin, 10 Desember 2018 yang bertempat di gedung ma’had baru. Kegiatan ini selain kegiatan untuk mengasah hafalan yang telah dimiliki oleh beberapa mahasantri putri yang sudah memiliki hafalan hingga 3 juz pun merupakan kegiatan gabungan dengan acara IMQ yang diselenggarakan oleh UKM HTQ dalam memperingati milad UKM HTQ yang ke-VI.

Siti Hajar, Kunaeni dan Meli Sri Amelia mendapatkan giliran untuk membacakan juz 1 sampai 3 dan selebihnya dikhatamkan oleh Ibu-ibu hafizhah perwakilan dari JQH NU dan beberapa dari kawan HTQ. Lewat kegiatan ini pula mahad mengukuhkan diri untuk selalu dapat memberikan perhatian penuh dalam mencintai al-Quran.

Semoga kita mendapatkan berkah al-Quran semuanya. aamiin.

اللهم ارحمنا بالقرآن واجعله لنا اماما ونورا وهدي ورحمة اللهم ذكرنا  منه ما نسينا  وعلمنا منه ما جهلنا وارزقنا تلاوته آناء الليل وأطراف النهار واجعله لنا حجة يا رب العالمين

Tahfidz Challenge Programme Ma’had Angkatan XVI

Tahfidz Challenge Programme merupakan metode menghafalkan juz tertentu dalam menghafal Al-Qur’an. Kebetulan pada program Ma’had angkatan XVI ini memfokuskan diri menghafalkan juz ‘amma. Metode ini sendiri melibatkan semua anggota kelompok, di mana di putra terdirikan dari 11 kelompok dengan per masing-masing kelompok berjumlah 18 Mahasantri. Kolaborasi kerjasama antar anggota kelompok menjadi tolok ukur keberhasilan suatu kelompok dalam menempuh keberhasilan dalam kegiatan tahfidz challenge programme. Karena, bila salah satu kelompok tidak melakukan kerjasama dengan baik maka dipastikan kelompok tersebut akan mendapatkan sangsi berupa: semua anggota kelompok harus menghafal semua ayat-ayat yang ada pada surat yang diujikan.

Metode tahfidz challenge programme sendiri merupakan gagasan yang berasal dari ide saudara Danu Akhbar, S.Pd dengan dibantukan muwajjih lain yang telah dikukuhkan pada hari Ahad tanggal 11 November 2018. Pola metode ini sendiri, mula-mula seluruh kelompok belajar membacakan salah satu surat yang ditanyakan oleh Muwajjih secara berulang-ulang dan bersama-sama. Langkah kedua, dengan cara melempar komando yakni menunjuk salah satu kelompok untuk meneruskan ayat yang telah dibacakan dan seterusnya, pada langkah ini pula menggunakan pola genap ganjil dalam pelemparan komando. Langkah ketiga ialah uji ketangkasan dan fokus dalam menghafalkan.

Ide yang telah dicurahkan dalam kegiatan Tahfidz Challenge Programme ini diharapkan juga bisa turut ikut berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Karena tak lain tujuan dari kegiatan ini sendiri ialah mengerahkan segala upaya untuk melakukan yang terbaik dan bermanfaar bagi semuanya.

Seperti dalam Hadist disebutkan:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلُقْرآنَ وَعَلَّمَهُ

 

Kegiatan Khataman Al-Qur’an dan Sima’an Al-Qur’an Angkatan XVI

Kegiatan khataman dan sima’an al-Qur’an merupakan salah satu serangkaian kegiatan menjelang acara tasyakkur khotmil qur’an dan penutupan program selain praktik dzabaih yang telah dilaksanakan pada Kamis, 10 Januari 2019 selepas jama’ah sholat isya di masing-masing gedung.

Rutinan seperti ini sudah menjadi hal maklum yang harus ada sebelum adanya perpisahan di Ma’had, di samping sebagai bentuk pengajaran bagi mahasantri pun diusahakan sebagai pembekalan spiritualitas rohaninya yang di dalam acaranya diselipkan sedikit nasihat, yakni “usaha yang tanpa do’a, sungguh itu amatlah sombong. Begitu pula sebaliknya. Do’a tanpa usaha, sungguh itu bodong” maksudnya ialah bila seseorang hendak meminum air mineral di dalam botol hendaknya baginya untuk membuka tutup botol air mineral itu. Karenanya awal dari usaha untuk meminumnya.

Khataman al-Qur’an dilakukan di putra sedang di putri diisi dengan sima’an al-Qur’an yakni memfokuskan pada hafalan para peserta khotimat al-Qur’an, baik yang sudah hafal juz 01, 02, 03, dan 30 atau juz ‘Amma.

 

MA’HAD BERSHAWALAT dalam Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Putra-Putri Angkatan XVI

اللهم صل علي سيدنا محمد وعلي آل سيدنا محمد

Ma’had Bershalawat merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at malam tanggal 23 November 2018. Kegiatan ini dimulai setelah shalat Isya berjamaah di Ma’had dengan dihadiri oleh beberapa Tutor Ma’had. Memperingati maulid Nabi Muhammad SAW di Ma’had merupakan salah satu kegiatan yang mesti dijalankan yang bertujuan mempelajari suri tauladan Nabi Muhammad SAW lewat pembacaan maulid diba’i.

Untuk pertama kalinya dalam peringatan maulid Nabi diselenggarakan di luar ruangan atau outdoor yang dilakukan di sekitar halaman depan gedung Ma’had dengan inisiasi dan juga berdasarkan atas permintaan mahasantri putra angkatan XVI ini. Pada kesempatan ini, kami muwajjih menampilkan Group Al-Ma’hadi yang dipilih dan diajak oleh para Muwajjih lewat penjaringan personelnya dari kegiatan minat bakat yang biasa dilaksanakan pada malam Ahadnya. Tak lupa mauidhoh hasanah dibawakan oleh KH. Mahfudz Said, M.Ag dengan materi sejarah Nabi dan suri tauladan Nabi yang patut kita contoh dan praktikkan dalam keseharian kita semua. Dengan berbekal kecintaan itulah acara Ma’had Bershalawat alhamdulillah bisa terselenggara dengan baik dan lancar.

Semoga kita semua mendapatkan syafaat dari Baginda Nabi Muhammad SAW

Jum’at, 23 November 2018

 

 

 

TASYAKKUR KHOTMIL QUR’AN DAN PENUTUPAN PROGRAM MA’HAD AL-JAMI’AH ANGKATAN XVI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 2018-2019

Acara Tasyakkur Khotmil Qur’an dan Penutupan Program Ma’had Al-Jami’ah Angkatan XVI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON merupakan rangkaian kegiatan terakhir dari semua kegiatan yang ada di Ma’had Al-Jami’ah selama berproses selain kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini sendiri merupakan pengukuhan angkatan XVI yang pesertanya terdiri dari putra dan putri pada semester ganjil ini di tahun ajaran periode 2018-2019 yang diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 11 Januari 2019 pukul 20.00 WIB dengan turut mengundang Bapak Rektor IAIN, Warek III IAIN, Kabiro AUAK IAIN, SPI IAIN dan para wali santri.

Pra acara diisi dengan acara lantunan shalawat-shalawat oleh Group Hadrah Al-Ma’hadi (sebagai pengenalan. Group ini beranggotakan santri ma’had dan group ini sendiri terlahir bermula dari kegiatan minat bakat di Ma’had selama kegiatan belajar yang biasa dilaksanakan setiap malam ahadnya). Rangkaian acara inti dimulai dengan melantunkan lagu Indonesia Raya dan Yaa Lal Wathon, kemudian disusul dengan sambutan-sambutan yang dibawakan oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah yakni Bapak Burhanuddin Sanusi, Lc., MA. Bapak Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bapak Dr. H. Sumanta, M.Ag.  Acara inti diisi dengan menampilkan para khatimin-khatimat angkatan XVI dengan keseluruhan 62 peserta terdiri dari khatimat juz 01 berjumlah 10 peserta, khatimat juz 02 berjumlah 5 peserta, khatimat juz 03 berjumlah 4 peserta, khatimat juz 30 (‘Amma) berjumlah 32 peserta dan khatimin juz 30 (‘Amma) berjumlah 11 peserta. Perlu diketahui kegiatan khataman dengan peserta khatimat juz ‘amma menginjak ke generasi ke-III , sedang peserta khatimin juz ‘Amma merupakan generasi pertama pun peserta khatimat juz 01,02 dan 03 dan pada kesempatan ini juga mengundang para wali santri. Pembaca’an Do’a Khotmil Qur’an dipimpin langsung oleh Warek III IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bapak Dr. H. Farihin Nur, M.Pd. Seusai acara khataman dilanjut dengan acara mushofahah atau salam sungkem kepada para wali santri yang ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan oleh santri yang dibawakan oleh saudara Fahmi Syakar.

Selepas acara formal usai, dilanjut dengan acara informal yang berisikan dengan penampilan-penampilan bakat santri yang telah disaring dari kegiatan malam kreasi seni santri yang diselenggarakan sebelum hari peringatan Hari Santri Nasional ke-3 dan pengumuman-pengumuman lomba-lomba dari kegiatan pekan musabaqah ma’had. Sebagai penutup rangkaian kegiatan ini, diselenggarakan juga acara makan bersama (mayoran) yang sebelumnya telah dilaksanakannya praktik dzabaih.

PRAKTIK DZABAIH MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH ANGKATAN KE-16 IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Kamis, 10 Januari 2019

Melaksanakan praktik dzabaih (menyembelih) bagi Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN SYEKH NURJATI CIREBON merupakan salah satu dari kesemua kegiatan yang ada di lingkungan ma’had selain belajar mengajar dari mata pelajaran al-Quran dan Keislaman. Praktik Dzabaih sendiri diprogramkan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada Mahasantri Ma’had tentang menyembelih hewan untuk dikonsumsi.  Mengenalkannya menjadi sebuah keharusan karena dalam menyembelih dengan cara yang baik dan sesuai syariat menjadikan daging hewan yang akan dikonsumsi menjadi lebih sehat dan halal sesuai syariat. Menginjak tahun baru 2019 praktik dzabaih bagi Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Angkatan XVI dilaksanakan kemarin pada kamis tanggal 10 Januari 2019 dimulai dari jam 06.45 wib di kawasan ma’had.