Penutupan Program Ma’had Al Jamiah angkatan 15

Penutupan program mahad al jamiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan 15 dilaksanakan pada Senin, 14 Mei 2018. Dalam kegiatan ini disampaikan sambutan dari Dra Hj Rodliyah Zaenudin, M. Ag selaku wakil direktur ma’had Al jamiah sebagai berikut:

ucapan terima kasih kepada musyrifah, dan mahasantri yang telah membantu dan mengikuti program dengan baik. Kebiasan selama di ma’had harus terus dilanjutkan. Sebisa mungkin tinggal dilanjutkan ke pesantren agar banyak mendapatkan nilai tambah. Pelayanan yang belum prima akan terus kami perbaiki.

Selain itu, disampaikan penghargaan santri berprestasi kepada Indah Ziadatussalam dan Ita Farhah, serta Santri Teladan kepada Marpuah dan Leni Sunardi. Ditutup oleh wejangan kultum dari Drs H Mahfudz, M.Ag tentang bulan suci Ramadhan.

Khotmil Qur’an Mahasantri Mahad

Penutupan pekan musabaqah ma’had al jamiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilaksanakan pada Sabtu, 12 Mei 2018. Kegiatan diawali dengan hadroh mahasantri, diikuti dengan sambutan dan khataman juz amma.

Bapak Mahmud Jazuli, M.Pd.I dalam sambutan mengatakan bahwa dalam Program keislaman ma’had menunjang dalam kemampuan mahasantri dalam peningkatan kemampuan membaca Al Quran. Khotmil Al quran ini merupakan bentuk dari keberhasilan program keislaman Ma’had Al Jamiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selain itu, beliau memaparkan kebiasaan baik selama menjadi mahasantri, “tsaqofah mahadiyah” harus tetap dilanjutkan walaupun telah diwisuda dari mahad.

Lomba Tari Komando

Kamis 10 Mei 2018 merupakan hari ke empat pekan musabaqah angkatan VX yang akan diisi dengan lomba ‘tari komando’. Lomba tersebut tidak jauh beda dengan senam hanya saja yang membedakan yaitu gerakan yang dibawakan secara spontan oleh peserta tanpa ada persiapan sebelumnya.

Dalam lomba ini tidak ada perwakilan setiap kelompoknya karena semua anggota kelompok ikut serta meramaikan acara. Lagu disediakan oleh panitia, mereka akan menyesuaikan gerakan dengan lagu yang dibawakan. Kostum yang digunakan pun dibebaskan. Dalam hal ini panitia membiarkan mahasantri untuk mengasah kreatifitasnya dalam memadupadankan kostum yang akan dikenakan. Kekompakan yang menjadi fokus utama dari segi penilaian lomba tersebut.

Pada lomba ini setiap kelompok menunjuk satu orang anggota untuk dijadikan sebagai instruktur gerakan dan anggota lainnya mengikuti gerakan yang dipandu oleh struktur. Penilaian dilihat dari kekompakan gerakan dan kreatifitas kostum yang dibawakan.

Berikut keseruan nya

Ma’had Voice di Pekan Musabaqah Mahasantri Mahad

Ma’had voice yang diadakan pada hari ke-3 dari pekan musabaqah periode xv diadakan kurang lebih pukul 18.30, 2 peserta yg mewakili kelompoknya akan menyanyikan lagu berbahasa Arab dan Inggris, lomba ini berlangsung pada hari rabu 9 mei 2018.

Ketentuan lagu yg di lantunan oleh setiap peserta telah di persiapkan sebelumnya oleh panitia, yaitu 3 lagu berbahasa Arab (laukana bainanal habib, Adhfaita, dan Yaa Hannan yaa Mannan) dan 3 lagu berbahasa Inggris (Perfect, A thousand years, dan what that makes you beautiful). Sedangkan di gedung berbeda, lagu berbahasa Inggris yang dibawakan diantaranya ‘All I ask by Adelle, too much to ask by niall horen, sugar by maroon 5’ sedangkan lagu berbahasa Arabnya yaitu ‘tabassam, yey, cinta sejati’

setiap peserta diberi kesempatan menyanyikan satu lagu untuk ditampilkan di atas panggung.

Lomba Ma’had voice di adakan sebagai bentuk pengujian kemampuan bernyanyi dalam bahasa asing, sekaligus mengasah percaya diri dari setiap peserta. Sistem tampil d acak setiap kelompok nya, bergantian antara lagu berbahasa Arab dan Inggris. Adapun ketentuan penilaiannya dapat dilihat dari kelancaran ketika bernyanyi, suara, artikulasi, penguasaan panggung, kostum, dan penghayatan.

Lomba Rangking 1 Mahasantri Ma’had

Hari kedua pekan musabaqah pada 08 Mei 2018 diisi dengan lomba rangking 1. Lomba ini diwakili oleh tiga orang tiap kelompok. Lomba tersebut mengulas materi pembelajaran yang sudah diajarkan di Mahad Al-Jamiah yaitu Al-Quran, keislaman, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Selain itu, ada beberapa pertanyaan yang membahas kema’hadan artinya mahasantri harus mengetahui segala hal atau aktivitas yang ada di mahad selama mereka tinggal di sana dalam kurun waktu satu semester.

Walaupun setiap kelompok mendelegasikan tiga orang anggotanya, tetapi penilaian lomba tersebut tetap individu. Pertanyaan yang diberikan pun mencakup tiga kriteria yaitu mudah, sedang, dan sulit. Setiap peserta diberi waktu 10 detik untuk menjawab satu pertanyaan. Setelah waktu habis, peserta diharuskan meletakkan alat tulis dan mengangkat kertas jawabannya. Apabila jawaban tersebut salah maka ia harus rela beranjak dari tempat perlombaan. Begitu seterusnya hingga menyisakan satu peserta sebagai pemenang lomba tersebut.

Berikut keseruannya

Lomba Pensil masuk Botol Mahasantri Ma’had

Salah satu cabang lomba pekan musabaqoh ma’had al jamiah pada 7 Mei 2018 adalah lomba kekompakan memasukkan pensil ke botol.

Setiap kelompok mahasantri mengirimkan empat orang sebagai perwakilannya. Lomba tersebut dibagi menjadi empat kloter. Pemenang sementara akan diambil dari kelompok yang paling cepat memasukkan pensil ke dalam botol yang telah disediakan. Untuk mengetahui pemenang utama, yaitu masing-masing pemenang kloter akan dilombakan kembali dan siapa yang paling cepat memasukkan pensil kedalam botol dialah yang akan menjadi pemenang pada lomba tersebut.

Lomba ini dilaksanakan untuk menguji kekompakan mahasantri setelah mereka hidup bersama dalam kurang lebih satu semester. Dalam kegiatan ini diramaikan supporter dari tim pendukung lomba. Keseruan semakin bertambah dengan supporter menabuh botol berisi batu, gayung, dan ember. Semangat antar tim supporter semakin riuh ketika masuk babak babak akhir.

Lomba Cerdas Cermat Mahasantri

Pada tanggal 7 Mei 2018 diadakan kegiatan cerdas cermat berformat rangking 1. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pekan musabaqoh ma’had al jamiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2018 yang rutin dilakukan pasca imtihan.

Lomba ini mengulas mengenai konten keislaman, pengetahuan alquran, bahasa arab dan bahasa inggris mahasantri.

Perlombaan ini di wakili 3 orang dari tiap kelompok, dengan dibagi tiga babak permainan

Babak pertama, babak point setiap kelompok mengumpulkan point terbesarnya dengan menjawab 4 pertanyaan yang ada pada amplop yg telah di pilih sebelumnya, 8 kelompok point tertinggi lanjut ke babak kedua.

Babak kedua yaitu babak lempar soal, setiap kelompok diberikan tiga pertanyaan. Setiap kelompok yang tidak bisa menjawab akan di lempar ke kelompok selanjutnya, di babak ini akan di ambil 4 kelompok point tertinggi.

Babak ketiga yaitu babak final, yang akan diberikan beberapa pertanyaan dari dewan juri, setiap kelompok harus berebut untuk menjawab soal tersebut, kelompok dg point tertinggi akan menjadi juaranya.

Reported by Titin Castini

Kegiatan Musabaqoh Ma’had 2018

Kegiatan Musabaqoh Ma’had 2018

*

AGENDA PEKAN MUSABAQOH MINGGU INI:*

✅ *07 mei 2018*

Lomba Ranking 1 (cerdas cermat)

✅ *8 mei 2018*

Lomba Sedotan + karet

▪perwakilan klmpk 7 orng

✅ *9 mei 2018*

Ma’had voice (B. Arab, B. Inggris)*

▪perwakilan klmpk 2 orng

✅ *10 mei 2018*

Miss Ma’had
▪pewakilan kelompok 2 orng (1 orng model&1 orng desainer)
▪tema pakaian bebas + menyiapkan backsound masing2
▪menampilkan 1 bakat

✅ *11 mei 2018*

Tari Komando
▪lomba untuk kelompok
▪music yg d pakai (dangdut, korea, india, barat)

✅ *12 mei 2018*

1. Wisuda Hataman juz Amma
2. Pengumuman lomba dan pembagian hadiah