Lembaga Penjaminan Mutu

KUNJUNGAN BENCHMARKING DARI STAI AL-MASTHURIYAH SUKABUMI

Pada hari Rabu, 08 Mei 2024, LPM IAIN SNJ Cirebon menerima kunjungan dari STAI Al-Masthuriyah Sukabumi. Kunjungan ini adalah dalam rangka melakukan Benchmarking ke LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon khusunya terkait peran LPM dalam pelaksanaan SPMI,  best practice implementasi PPEPP, dokumen-dokumen mutu, dan aplikasi untuk AMI (Audit Mutu Internal) yang dimiliki LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam kunjungan ini, STAI Al-Masthuriyah Sukabumi mendelegasikan 6 utusan yakni:

  1. Dr. H. Abubakar Sidik, M.Ag., Ketua STAI Al-Masthuriyah
  2. Dr. R. Dedi Supriatna, M.Ag., Pembantu/Wakil Ketua I
  3. Dr. Irman, M.Ag., Pembantu/Wakil Ketua II
  4. Omay, SHI, M.Pd.. Pusat Penjaminan Mutu
  5. Farras Tahriri, S.Pd., Staf
  6. Ahmad Muhyiddin Syihab, SH, Staf

Utusan Benchmarking dari STAI Al-Masthuriyah Sukabumi datang ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan disambut oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon di ruang rapat senat gedung rektorat. Dalam forum tersebut, hadir pula Prof. Dr. Abdul Basit, M.Ag dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama.

Rektor Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag dalam sambutannya, mengingatkan tentang Permendikbud No 53 Tahun 2023 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) yang harus menjadi acuan dalam menerapkan mekanisme penjaminan mutu internal yang sistematis dan terintegrasi. Sejalan dengan implementasi Permendikbud No 53 Tahun 2023, IAIN Syekh Nurjati Cirebon berupaya untuk meraih akreditasi unggul untuk 18 program studi sembari tetap fokus mempersiapkan transformasi kelembagaan menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam kesempatan ini pula, Rektor Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag menyampaikan bahwa di tahun 2024 ini, Kementerian Agama telah memfasilitasi Beasiswa Kuliah di Prodi PJJ PAI untuk 3339 mahasiswa dari kalangan guru madrasah yang berada di daerah 3T yang belum menyandang gelar Sarjana (S1). Dan di tahun 2024 ini pula, IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan membuka 7 Prodi PJJ.

Dr. H. Abubakar Sidik, M.Ag., Ketua STAI Al-Masthuriyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungan Benchmarking STAI Al-Masthuriyah Sukabumi ke LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah untuk berguru ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon terkait upaya-upaya yang mesti dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik sesuai dengan regulasi yang selalu berkembang dan up-to-date. Karena ada pemekaran fakultas di STAI Al-Masthuriyah Sukabumi, Fakultas Dakwah STAI Al-Masthuriyah Sukabumi dimekarkan menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Syariah.

“Atas saran dari Prof. Dr. H. Didin, kami ingin berguru ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon karena IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah satu-satunya kampus PTKIN yang mendapatkan mandat langsung dari Menteri Agama untuk menjadi Pilot Project kampus UIN Siber”, kata Dr. H. Abubakar Sidik, M.Ag.

Setelah acara sambutan dan ramah-tamah dengan jajaran pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, para delegasi Benchmarking dari STAI Al-Masthuriyah Sukabumi mengunjungi kantor LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk pelaksanaan SPMI, best practice implementasi PPEPP, dokumen-dokumen mutu, dan aplikasi untuk AMI.

Ery Khaeriyah, S.Ag., M.A., Kapus Pengembangan Standar Mutu, menyampaikan mekanisme SPMI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dari penetapan kebijakan, updating dokumen-dokumen mutu seiring dengan peraturan-peraturan baru, proses pelaksanaan standar-standar dan pedoman yang telah disusun, berbagai macam aspek monitoring dan evaluasi, pelaksanaan AMI dan RTM, pelaksanaan Audit ISO 9001-2015, proses pengendalian pencapaian standar, dan peningkatannya. Selain itu, Kapus Pengembangan Standar Mutu LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga sharing pengalaman dalam pendampingan penyusunan LED dan LKPS hingga saat pelaksanaan Asesmen Lapangan oleh asesor BAN-PT dan LAMDIK.

Sementara itu, M. Syaoqi Nahwandi, M.H., Koordinator Gugus Mutu Fakultas, menyampaikan tentang peran gugus mutu prodi-gugus kendali mutu fakultas sebagai kepanjangan tangan dari LPM untuk menjamin implementasi SPMI di tingkat prodi dan fakultas, serta menjelaskan tentang aplikasi BKD Online, SI-BORANG, dan E-SAMI yang dimiliki LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Setelah asyik berdiskusi tentang Sistem Penjaminan Mutu baik internal maupun Eksternal, delegasi benchmarking dari STAI Al-Masthuriyah Sukabumi mengunjungi gedung PJJ IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan berdiskusi dengan tim Pusat Inovasi Pembelajaran Digital terkait proses produksi video pembelajaran dan kelengkapan alat-alat di studio PJJ.

Dalam kunjungan ke gedung PJJ, STAI Al-Masthuriyah Sukabumi berkenan menjadi bintang tamu dalam sebuah acara Podcast. Lewat podcast tersebut, Dr. H. Abubakar Sidik, M.Ag. menyampaikan kesan-kesan baik yang didapatkan dalam kunjungan Benchmarking ke LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Kunjungan kami mendapatkan sambutan yang baik IAIN Syekh Nurjati Cirebon, bahkan pak Rektor Prof. Dr. Aan Jaelani, M.Ag yang langsung menyambut kami secara kekeluargaan, dan di kantor LPM kami berdiskusi dan mendapatkan informasi yang banyak sampai ke teknis-teknisnya. Kalau orang [lembaga] berbicara sampai ke teknis-teknisnya, itu berarti siap dengan kemajuan”, kata Dr. H. Abubakar Sidik, M.Ag. Ketika menyampaikan kesan kunjungannya ke LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dan di akhir Podcast, ketua STAI Al-Masthuriyah Sukabumi menyampaikan pesan-pesan:

“Saya melihat yang ngurus Siber ini anak muda semua, itu jaminan kemajuan. Kepada teman-teman yang ngurus Siber ini, sabar sajalah, sabar mengerjakan pekerjaan yang pasti lebih dari 8 jam [perhari]. Dan untuk teman-teman Penjaminan Mutu, saya berharap untuk terus menjaga keterbukaan akses informasi khususnya terkait dokumen mutu dan buku-buku pedoman SPMI. Dan alhamdulillah hari ini saya mendapatkan banyak pengalaman, banyak ilmu di Penjaminan Mutu, termasuk pengelolaan Cyber University. Terima kasih semoga Gusti Allah membalas kebaikan IAIN dan mudah-mudahan IAIN segera menjadi universitas Siber”