Lembaga Penjaminan Mutu

FGD INISIASI SERTIFIKASI ISO 27001:2022, SISTEM KEAMANAN INFORMASI

Menutup bulan Januari, Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali mengadakan Focus Group Discussion tepatnya Senin-Rabu, 29-31 Januari 2024 yang bertempat di Lantai 3 gedung J. 

Kegiatan ini diikuti 50 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap Fakultas, Pascasarjana, Kabag TUPRT, LPPM, LPM, Perpustakaan dan PTIPD. ISO 27001:2022 merupakan revisi dari versi sebelumnya yang menitikberatkan pada aset-aset informasi yang mesti dilindungi. Ada tiga pilar utama dalam sistem ini, yakni : people, process, dan Technology yang didasarkan pada risk management.

Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan seiring dengan arah transformasi IAIN menjadi Universitas berbasis Siber. Informasi merupakan aset yang mesti kita lindungi dan dijaga terlebih lagi semakin maraknya cyber crime dalam dunia maya.

Seperti ISO-ISO lainnya ISO 27001:2023 bersifat generik yang bisa diterapkan dalam berbagai aspek sesuai kebutuhan.  Secara umum ISO ini memiliki 10 klausal; dengan fokus pada klausal 4 sampai dengan 10 yang dapat disajikan sebagai berikut;

 

Kegiatan berjalan sangat interaktif dengan diadaknya kuis-kuis dalam setiap harinya. Peserta juga semangat dalam berdiskusi dan mengerjakan tugas yang diberikan.

Kegiatan ini diakhiri dengan dirancangnya tim inisiasi dalam rangka implementasi ISO 27001:2023, yang selanjutnya akan dilakukan diskusi lebihintensif dari mulai pembuatan time line sampai pada ruang lingkup penerapnnya