Lembaga Penjaminan Mutu

Menindaklanjuti Program Prioritas Institut dan Fakultas, Prodi Tadris Bahasa Inggris Melaksanakan Bedah Matriks Penilaian

Jumat, 19 Januari 2023, Prodi Tadris Bahasa Inggris dengan didampingi Wakil LPM mengadakan kegiatan bedah dan simulasi penilaian akreditasi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program prioritas institut dan fakultas dalam rangka peningkatan akreditasi program studi. Melalui Surat Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris tanggal 18 Januari 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan Tim Penyusun dokumen APS 4.0 serta Sekretaris LPM.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan matriks penilaian yang difokuskan pada penilaian dari data kuantitatif seperti dosen, mahasiswa, rasio dosen/mahasiswa, Beban Kinerja, Publikasi, dan lain-lain. Semangat yang luar biasa dari team bisa dilihat dengan sudah diisinya sebagian besar data-data dalam Data Excell yang disampaikan oleh team. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh ketua prodi dan sekretaris prodi bahwa tim telah bekerja sambil melengkapi identifikasi-identifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam proses menuju akreditasi unggul.

Ketua prodi dan sekretaris prodi telah mendistribusikan dengan baik kepada tim untuk menyelesaikan pengisian data, sahut salah seorang tim penyusun. Hal penting dalam pembagian tim adalah kordinasi dan sinkronisasi data-data antar bagian dalam tabel, karena beberapa tabel saling terkait, seperti disampaikan oleh sekretaris LPM, Toheri.

Prodi Tadris Bahasa Inggris juga telah merencanakan untuk peningkatan jumlah MoU dan benchmarking keprodi yang sudah unggul, sahut ketua prodi dan sekretaris prodi. Hal ini sangat baik untuk menimbah pengalaman terutama bagaimana proses penyusunan, penyiapan dokumen, dan mekanisme pelaksanaan assesmen lapangan sehingga memperoleh akreditasi yang unggul dan atau terkareditasi internasional, sambung Toheri. Lanjut disampaikan, pengerjaaan ini tidak perlu banyak dipikirkan karena berkaitan dengan banyak data, lakukan yang bisa dilakukan, perbaikkan senantiasa dilakukan bahkan sampai dokumen telah dikirimkan.

Pada saat yang sama, Kapus Pengendalian Audit dan Standar Mutu melakukan dan memantau pelaksanaan verifikasi dan revisi BKD bersama Ketua LPM. Sedangkan Kapus Pengembangan Standar Mutu sedang silaturahmi ke BAN-PT untuk menyelesaikan beberapa proses ajuan yang masih tertunda.