Workshop Pelatihan Website Tahun 2022

Tenaga Kependidikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mengikuti Workshop Pelatihan Website Tahun 2022 yang di selenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan ini bertempat di gedung Lembaga Penjaminan Mutu lantai 3, digelar selama 2 hari pada tanggal 7-8 November 2022.

Workshop pelatihan website ini diikuti oleh tenaga kependidikan yang menjadi penanggung jawab website dari 31 program studi dan seluruh unit-unit yang ada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kepala PTIPD, Dr. H. Darwan, M.Kom dalam sambutannya mengungkapkan. Bahwa, acara workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan website bagi tenaga kependidikan di lingkungan kampus, serta mendorong peserta workshop untuk mampu mempublikasikan kegiatan di website program studi dan unit masing-masing.

Hari Pertama

Pada hari pertama ini. Team PTIPD menghadirkan narasumber workshop yaitu bapak Nurdin Saeful Baladi, ST. dalam pemaparannya beliau menjelaskan bagaimana penyusunan artikel website yang benar dan terstruktur, sehingga mudah dicari orang di mesin pencarian Google. Beliau juga menjelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan artikel. Antara lain: pemilihan judul, kata kunci, gambar unggulan, dan alamat URL artikel. Hal-hal tersebut perlu diatur sedemikan rupa guna memaksimalkan fitur SEO (Search Engine Optimization) pada dashboard website. SEO sendiri merupakan upaya untuk mengoptimalisasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. SEO juga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website kita. Pemateri juga memberikan tutorial penggunaan aplikasi pendukung seperti Canva dan Wepik yang bermanfaat untuk mengolah gambar dan video. Misalnya untuk bagian gambar unggulan website, sehingga tampilan artikel terlihat rapi dan profesional. Aplikasi ini dipilih pemateri karena penggunaan yang mudah dibandingkan dengan software pengolah grafis populer seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Hari Kedua

Pada hari kedua, Workshop lebih diprioritaskan kepada praktik langsung oleh seluruh peserta pada website program studi dan website unit masing-masing, yang dipandu oleh narasumber dan dibantu oleh tim PTIPD. Pada akhir pelatihan, peserta memahami dan mampu mengelola website dari sisi penerbitan artikel (berita) yang terstruktur sesuai sehingga ramah SEO