Workshop Publikasi Ilmiah Hasil Pengabdian

Mencerahkan dan Memberdayakan

19 Agustus 2020, Workshop Peningkatan Kapasitas Pengabdi kepada Masyarakat dengan tema khusus “Publikasi Ilmiah Hasil Pengabdian kepada Masyarakat” dengan narasumber Dr. Abdul Muhid, M.Si dari IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada sambutannya, Ketua LP2M (Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag) menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat tidak terbatas pada kegiatan berceramah di masyarakat, sebagaimana banyak orang yang masih memahaminya secara sempit seperti itu. Tetapi adalah kegiatan penerapan ilmu pengetahuan dalam rangka untuk membantu menyelesaikan persoalan (problem solving) atau pemenuhan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat dosen juga terkadang tidang berbasis pada hasil penelitian. Demikian juga sebaliknya, beberapa hasil penelitian dosen tidak sampai kepada masyarakat. Padahal, kegiatan penelitain sesungguhnya adalah untuk kehidupan masyarakat. Salah satu jembatan itu menghubungkan keduanya (penelitian dan pengandian) adalah melalui publikasi ilmiah. Sementara publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat masih sangat minim. Oleh karena itulah, workshop ini perlu diselenggrakan.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Sumanta, M.Ag. sangat mengapresiasi acara ini. Dalam sambutannya (sekaligus membuka acara), Rektor menegaskan bahwa pengabdian dosen dan mahasiswa akan sangat berarti manakala dipublikasikan, karena akan (1) menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejak yang kita lakukan; (2) menjadi model; dan (3) menjadi rekomendasi. Lebih lanjut, Rektor menegaskan bahwa kegiatan pengabdian adalah tugas kekhalifahan kita di muka bumi ini.

Acara workshop berlangsung sekitar 3 jam, dipandu langsung oleh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Mahbub Nuryadin, M.Ag. Antusias peserta dari kalangan dosen dan juga pengelola jurnal luar biasa.

Rekaman acara ini secara utuh dapat disimak di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *