Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon - Gedung B lantai 2
0231489926
unitlabmipa.iaincirebon@gmail.com

Mikroba Pangan pada Proses Pembuatan Kimchi

Mikroba Pangan pada Proses Pembuatan Kimchi

Kimchi merupakan produk pangan fermentasi yang dikenal sebagai makanan tradisional Korea yang dibuat dari sayuran yang berbumbu pedas dan difermentasi oleh bakteri asam laktat. Sayuran yang digunakan dalam pembuatan kimchi ini pada umumnya adalah sawi putih, wortel dan lobak. Namun ada juga kimchi yang dibuat dari sayuran lain seperti mentimun, kucai, lokio dan lain sebagainya.

Fermentasi  pada kimchi ini merupakan salah satu teknik pengawetan atau penyimpanan sayuran agar pada saat tidak dapat bercocok tanam di musim dingin tetap dapat mengkonsumsi sayuran. Kimchi diketahui kaya akan manfaat, yaitu sebagai sumber probiotik berupa bakteri asam laktat yang dapat menghambat aktivitas enzim karsinogenik sehingga dapat mencegah kanker, sebagai anti radang, menurunkan kolesterol dan dapat meningkakan kekebalan tubuh.

Praktikum kali ini bertujuan agar mahasiswa mampu membuat produk kimchi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses fermentasi serta mampu mengendalikannya. Praktikum dilaksanakan secara online dengan dihadiri praktikan semester empat jurusan Tadris Biologi. Praktikum dipandu oleh asisten praktikum Rizky sukma dan Anggi  dengan arahan dosen pengampu Ibu Dr. Evi Roviati, S.Si., M. Pd. Praktikum telah dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022.

Refference:

Roviati, E. 2022. Panduan Praktikum Mikrobiologi dari Rumah. Cirebon: Unit Lab MIPA IAIN Syekh Nurjati.

Full vidio ada pada link berikut :