Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon - Gedung B lantai 2
0231489926
unitlabmipa.iaincirebon@gmail.com

Field Trip Praktikum Botani dan Mikrobiologi ke Taman Kuning (Kebun Raya Kuningan)

Field Trip Praktikum Botani dan Mikrobiologi ke Taman Kuning (Kebun Raya Kuningan)

Taman kuning terletak di desa padangbeunghar kecamatan pesawahan kabupaten kuningan. Field trip telah dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2022. Perjalanan menggunakan tiga bus yaitu 1 bus ¾ 1 bus besar dan satu bus kecil. Perjalanan dari kampus pukul 8 pagi dan sampai pada loksi tujuan pukul 11.00.  Akses jalan  yang sempit dan menanjak merupakan tantangan  yang harus dilalui bus untuk menuju lokasi tersebut. Rute bus merupakan rute yang  sama yang dilalui oleh para pendaki untuk menuju puncak gunung Ciremai.

Field trip didampingi oleh beberapa dosen pembimbing dan Asissten Praktikum. Acara pertama disambut oleh pengurus Taman Raya kuningan, isi sambutan berupa setelah dua tahun pandemi baru pertama kali diadakan kunjungan kembali ke taman, diharapkan dengan adanya kunjungan ini akan menarik kembali angka wisatawan juga untuk menjalin relasi antara taman kuning dengan IAIN syekh nurjati cirebon, Taman Raya Kuningan juga diharapkan  dapat menjadi wadah belajar mahasiswa IAIN syekh nurjati cirebon.

Acara sambutan selanjutnya yaitu sambutan oleh bapak Asep Mulyani, M. Pd., selaku perwakilan jurusan biologi, beliau mengungkapkan sangat berterimakasih kepada pengurus taman raya kuningan karena telah menerima  mahasiswa, diharapkan kerjasama dapat terus berjalan bahkan bisa menjadi wadah observasi dan penelitian mahasiswa selanjutnya.

Kebun Raya Kuningan memiliki berbagai macam jenis bunga seperti anggrek, bunga allamanda, bunga telang dan berbagai macam bunga lainnya. Mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tempat pengamatan, yang pertama rumah kaca anggrek terdiri atas anggrek dari papua yang sudah dibudidayakan taman tersebut. Lokasi ke dua adalah Botanical garden yang berisi tanaman endemik daerah lain seperti tanaman endemik sumatra dan sulawesi. Lokasi ketiga adalah Taman kuda yang berisi tanaman lokal daerah kuningan.

Observasi mata kuliah mikrobiologi dilakukan dengan pengambilan sample air dan tanah yang diambil dari ketiga lokasi yang sama dengan observasi anatomi tumbuhan. Sample air dan tanah nantinya akan di uji lanjut di laboratorium mikrobiologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Mahasiswa akan melakukan uji enzim- enzim hidolitik untuk mengidentifikasi ezim hidrolitik yang dihasilkan oleb bakteri sample air dan tanah.