PENERIMAAN MAHASISWA BARU

JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PRODI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR

  1. SPAN – PTKIN
  2. UM PTKIN
  3. SPMB MANDIRI

 

1. JALUR SPAN – PTKIN: SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL (SPAN) PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

iaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Tujuan

  1. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/ STAIN.
  2. Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah

Ketentuan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  2. Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang terakreditasi dan Pesantren Muadalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah masing-masing.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Madrasah/Sekolah

Siswa sekolah yang berhak mengikuti SPAN-PTKIN 2019 adalah siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dengan lengkap dan benar. Untuk Pesantren Muadalah diatur secara terpisah.

 

Penerimaan
– Lulus dari Satuan Pendidikan (MA/MAK/SMA/SMK/ Pesantren Muadalah)

– Lulus SPAN-PTKIN 2019

– Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

 

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  2. Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk untuk mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id
  3. Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk akan memperoleh password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  4. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/ Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk, dengan menggunakan NISN. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk, maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

 

Tahapan Mengikuti SPAN-PTKIN

Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah

  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendaftarkan Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah-nya melalui lamanhttps://span-ptkin.ac.id/page dengan melampirkan Sertifikat Akreditasi (jika ada) dan SK Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendapatkan login pengisian PDSS melalui e-mail Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pengisian PDSS dan melakukan finalisasi.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendapatkan User ID dan password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran.

Siswa

  • Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan User ID dan password yang diberikan oleh kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah untuk login ke laman SPAN-PTKIN https://span-ptkin.ac.id/pageuntuk melakukan pendaftaran.
  • Pendaftar mengisi biodata, mengunggah foto, memilih PTKIN, memilih program studi, dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  • Pendaftar yang memenuhi syarat dapat mendaftar program Bidikmisi yang akan diverifikasi oleh masing-masing PTKIN.
  • Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTKIN yang akan dipilih.
  • Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPAN-PTKIN.
    Program Studi dan Jumlah Pilihan
    – Siswa pendaftar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.
    – Siswa pendaftar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
    – Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
    – Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman SPAN-PTKIN https://span-ptkin.ac.id/page

Pemeringkatan

  • Melalui sistem, Panitia Nasional membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2019, mulai semester 1 hingga semester 5.
  • Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Nasional dan sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2019.

 

Tahap Seleksi

  • Pendaftar di seleksi di PTKIN pilihan 1 terlebih dahulu berdasar urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
  • Pendaftar yang tidak lulus di PTKIN pilihan 1 maka akan diseleksi di PTKIN pilihan 2 berdasar urutan program studi dan ketersediaan daya tampung.

 

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  • Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainya.
  • Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.
  • Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing masing PTKIN secara adil, akuntabel, dan t ransparan.

 

JADWAL SELEKSI

Pengisian dan Verifikasi PDSS 23 Januari – 28 Februari 2019
Pendaftaran 23 Januari – 28 Februari 2019
Proses Seleksi Gelombang I. 8 – 15 Maret 2019
Gelombang II. 20 – 22 Maret 2019
Pengumuman Hasil Seleksi 1 April 2019 (Jam 17.00 WIB)
Daftar Ulang yang Diterima 6 -10 Mei 2019

*Sebelum Daftar Ulang Siapkan Berkas-berkas berikut untuk pengajuan seleksi Uang Kuliah Tunggal (UKT)

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan
  2. Slip Gaji Orang Tua (Bagi Yang Punya), yang tidak punya Slip Gaji diganti dengan surat pernyataan penghasilan bermaterai yang ditanda tangani oleh yang bersangkutan (bapak/ibu/wali).
  3. FC Kartu Keluarga (KK)
  4. FC Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  5. FC Rumah tampak depan, dalam serta samping
  6. FC Rekening listrik, Telepon, Internet dan PDAM (Kalau ada)/ Kalau tidak ada diganti surat pernyataan tidak mempunyai ditandatangani oleh orang tua bermaterai.

 

Pendaftaran SPAN-PTKIN 2019

KLIK DISINI

SPANPTKIN_400x400

 

 

2. JALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI

(UM PTKIN) TAHUN 2019

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA/ MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara maksimal tiga tahun terakhir.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelengga-raan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Informasi UM-PTKIN 2018 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui lamanhttp://www.um-ptkin.ac.id

 

PENDAFTARAN

Persyaratan

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara tahun 2017, 2018, dan 2019. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

 

ALUR PENDAFTARAN

 

PELAKSANAAN UJIAN

Kelompok Ujian

  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian:
    (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan IPA.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

  1. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2019 mulai pukul 17.00 WIB.
  2. Pengumuman dapat diakses di laman: http://um-ptkin.ac.id

 

SYARAT PENERIMAAN

  1. Lulus Satuan Pendidikan Menengah Atas, lulus UM-PTKIN, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN
  2. Melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN penerima.

 

JADWAL UJIAN

 

Pendaftaran : 2- 30 April 2019
Ujian : 18 Mei 2019
Pengumuman : 1 Juli 2019

 

 

*Sebelum Daftar Ulang Siapkan Berkas-berkas berikut untuk pengajuan seleksi Uang Kuliah Tunggal (UKT)

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan
  2. Slip Gaji Orang Tua (Bagi Yang Punya), yang tidak punya Slip Gaji diganti dengan surat pernyataan penghasilan bermaterai yang ditanda tangani oleh yang bersangkutan (bapak/ibu/wali).
  3. FC Kartu Keluarga (KK)
  4. FC Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  5. FC Rumah tampak depan, dalam serta samping
  6. FC Rekening listrik, Telepon, Internet dan PDAM (Kalau ada)/ Kalau tidak ada diganti surat pernyataan tidak mempunyai ditandatangani oleh orang tua bermaterai.

 

MATERI UJIAN

 

Waktu  Mata Uji
07.30 – 08.00 Pengisian biodata peserta
08.00 – 09.45 TPA
  Bahasa
  Keislaman
09.45 – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.30 IPA/IPS
10.15 – 12.15 IPC*
*Ujian setelah waktu istirahat tergantung pada kelompok uji.

 

 

 

 

JALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI

(UM PTKIN)

TAHUN 2019

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam K ementerian A gama R epublik I ndonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA/ MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara maksimal tiga tahun t erakhir.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelengga-raan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Informasi UM-PTKIN 2018 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui lamanhttp://www.um-ptkin.ac.id

PENDAFTARAN

Persyaratan

    1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara tahun 2017, 2018, dan 2019. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah.
  1. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

ALUR PENDAFTARAN

PELAKSANAAN UJIAN

Kelompok Ujian

  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian:
    (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan IPA.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

  1. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2019 mulai pukul 17.00 WIB.
  2. Pengumuman dapat diakses di laman: http://um-ptkin.ac.id

SYARAT PENERIMAAN

    1. Lulus Satuan Pendidikan Menengah Atas, lulus UM-PTKIN, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN
  1. Melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN penerima.

JADWAL UJIAN

JALUR SPAN – PTKIN

SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL (SPAN) PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN)

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

iaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

 

Tujuan

  1. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/ STAIN.
  2. Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah

 

Ketentuan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  2. Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang terakreditasi dan Pesantren Muadalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah masing-masing.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Madrasah/Sekolah

Siswa sekolah yang berhak mengikuti SPAN-PTKIN 2019 adalah siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dengan lengkap dan benar. Untuk Pesantren Muadalah diatur secara terpisah.

Penerimaan
– Lulus dari Satuan Pendidikan (MA/MAK/SMA/SMK/ Pesantren Muadalah)

– Lulus SPAN-PTKIN 2019

– Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

 

Tata Cara Pendaftaran

 

  1. Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  2. Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk untuk mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id
  3. Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk akan memperoleh password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  4. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/ Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk, dengan menggunakan NISN. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah atau yang ditunjuk, maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

 

 

Tahapan Mengikuti SPAN-PTKIN

Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah

  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendaftarkan Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah-nya melalui lamanhttps://span-ptkin.ac.id/page dengan melampirkan Sertifikat Akreditasi (jika ada) dan SK Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendapatkan login pengisian PDSS melalui e-mail Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pengisian PDSS dan melakukan finalisasi.
  • Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah mendapatkan User ID dan password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran.

Siswa

  • Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan User ID dan password yang diberikan oleh kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah untuk login ke laman SPAN-PTKIN https://span-ptkin.ac.id/pageuntuk melakukan pendaftaran.
  • Pendaftar mengisi biodata, mengunggah foto, memilih PTKIN, memilih program studi, dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  • Pendaftar yang memenuhi syarat dapat mendaftar program Bidikmisi yang akan diverifikasi oleh masing-masing PTKIN.
  • Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTKIN yang akan dipilih.
  • Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPAN-PTKIN.
    Program Studi dan Jumlah Pilihan
    – Siswa pendaftar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.
    – Siswa pendaftar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
    – Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
    – Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman SPAN-PTKIN https://span-ptkin.ac.id/page

Pemeringkatan

  • Melalui sistem, Panitia Nasional membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2019, mulai semester 1 hingga semester 5.
  • Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Nasional dan sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2019.

 

 

Tahap Seleksi

  • Pendaftar di seleksi di PTKIN pilihan 1 terlebih dahulu berdasar urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
  • Pendaftar yang tidak lulus di PTKIN pilihan 1 maka akan diseleksi di PTKIN pilihan 2 berdasar urutan program studi dan ketersediaan daya tampung.

 

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  • Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainya.
  • Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.
  • Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing masing PTKIN secara adil, akuntabel, dan t ransparan.

 

JADWAL SELEKSI

Pengisian dan Verifikasi PDSS 23 Januari – 28 Februari 2019
Pendaftaran 23 Januari – 28 Februari 2019
Proses Seleksi Gelombang I. 8 – 15 Maret 2019
Gelombang II. 20 – 22 Maret 2019
Pengumuman Hasil Seleksi 1 April 2019 (Jam 17.00 WIB)
Daftar Ulang yang Diterima 6 -10 Mei 2019

*Sebelum Daftar Ulang Siapkan Berkas-berkas berikut untuk pengajuan seleksi Uang Kuliah Tunggal (UKT)

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan
  2. Slip Gaji Orang Tua (Bagi Yang Punya), yang tidak punya Slip Gaji diganti dengan surat pernyataan penghasilan bermaterai yang ditanda tangani oleh yang bersangkutan (bapak/ibu/wali).
  3. FC Kartu Keluarga (KK)
  4. FC Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  5. FC Rumah tampak depan, dalam serta samping
  6. FC Rekening listrik, Telepon, Internet dan PDAM (Kalau ada)/ Kalau tidak ada diganti surat pernyataan tidak mempunyai ditandatangani oleh orang tua bermaterai.

 

 

 

JALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI

(UM PTKIN) TAHUN 2019

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA/ MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara maksimal tiga tahun terakhir.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelengga-raan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Informasi UM-PTKIN 2018 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui lamanhttp://www.um-ptkin.ac.id

 

PENDAFTARAN

Persyaratan

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara tahun 2017, 2018, dan 2019. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

 

ALUR PENDAFTARAN

 

PELAKSANAAN UJIAN

Kelompok Ujian

  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian:
    (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan IPA.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

  1. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2019 mulai pukul 17.00 WIB.
  2. Pengumuman dapat diakses di laman: http://um-ptkin.ac.id

 

SYARAT PENERIMAAN

  1. Lulus Satuan Pendidikan Menengah Atas, lulus UM-PTKIN, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN
  2. Melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN penerima.

 

JADWAL UJIAN

 

Pendaftaran : 2- 30 April 2019
Ujian : 18 Mei 2019
Pengumuman : 1 Juli 2019

 

 

*Sebelum Daftar Ulang Siapkan Berkas-berkas berikut untuk pengajuan seleksi Uang Kuliah Tunggal (UKT)

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan
  2. Slip Gaji Orang Tua (Bagi Yang Punya), yang tidak punya Slip Gaji diganti dengan surat pernyataan penghasilan bermaterai yang ditanda tangani oleh yang bersangkutan (bapak/ibu/wali).
  3. FC Kartu Keluarga (KK)
  4. FC Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  5. FC Rumah tampak depan, dalam serta samping
  6. FC Rekening listrik, Telepon, Internet dan PDAM (Kalau ada)/ Kalau tidak ada diganti surat pernyataan tidak mempunyai ditandatangani oleh orang tua bermaterai.

 

MATERI UJIAN

 

Waktu  Mata Uji
07.30 – 08.00 Pengisian biodata peserta
08.00 – 09.45 TPA
  Bahasa
  Keislaman
09.45 – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.30 IPA/IPS
10.15 – 12.15 IPC*
*Ujian setelah waktu istirahat tergantung pada kelompok uji.