FUA Adakan Seminar Bimibingan Karir kepada 146 Orang Calon Wisudawan

FUA Cirexbon, 23 Oktober 2023 – Pada hari Senin, 23 Oktober 2023, Fakultas Ushuluddin dan Adab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan sebuah Seminar Bimbingan Karier yang bertujuan untuk membekali 146 calon wisudawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di abad 21. Acara ini berlangsung di Gedung Rektorat Lantai III IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan dihadiri oleh para pimpinan fakultas, dekan, dan dosen.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, membuka acara tersebut dengan tema “Menjadi Lulusan yang Berkompetisi di Abad 21”. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya sikap kreatif dan kepercayaan diri sebagai kunci sukses dalam memasuki dunia kerja. Menurutnya, kreativitas dalam mengidentifikasi peluang masa depan di dunia bisnis dan pekerjaan sangat penting. Hal ini dapat menjadi lebih efektif jika disertai dengan penampilan yang baik dan kepercayaan diri untuk tampil di hadapan publik, serta menunjukkan bakat dan potensi yang dimiliki.

Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Wakhid Nasrudin, M.Pd., Ph.D., turut hadir dalam acara ini, bersama seluruh jajaran pimpinan jurusan di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Adab, termasuk Pimpinan Jurusan Bahasa Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Aqidah Filsafat, dan Tasawuf dan Psikoterapi.

Sebagai nara sumber, Ryandani Sanjaya, seorang praktisi perbankan yang berprestasi dengan penghargaan Mandiri Best Employee, berbagi pengalaman berharga. Ia menekankan pentingnya kemampuan berkomunikasi sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam dunia kerja. Mentalitas positif dan tangguh juga harus dibangun untuk menghadapi tantangan. Sikap mental ini akan membentuk kreativitas dalam berkarier.

Para mahasiswa calon wisudawan Fakultas Ushuluddin dan Adab tampak sangat bersemangat dalam sesi diskusi. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan kepada nara sumber, termasuk tentang cara membangun mentalitas generasi Z dalam menghadapi tantangan dunia kerja dan strategi untuk mengatasi kejenuhan dalam pekerjaan.

Selain wawasan berharga yang diperoleh dalam seminar, para peserta juga disuguhkan dengan hiburan dari adik-adik tingkat mereka. Mereka mempersembahkan kesenian hadroh dan tarian khas Cirebon, yang menambah semarak acara.

Diharapkan, setelah mengikuti seminar bimbingan karier ini, para calon wisudawan Fakultas Ushuluddin dan Adab akan semakin kreatif dan percaya diri dalam menghadapi kompetisi di abad 21. Selamat kepada semua wisudawan yang segera menyelesaikan studi mereka dazn bersiap memasuki dunia kerja dengan bekal yang lebih kuat. Bravo, mahasiswa FUA !