Dema FUA Gelar Dialog Internasional Menyongsong UIN SSC dengan Universitas Al-Azhar Asy-Syarif Cairo

FUA Cirebon, 18 Oktober 2023 – Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar sebuah Dialog Internasional yang menarik dengan Al-Azhar Asyarief University Mesir pada hari Rabu, 18 Oktober 2023. Acara yang diadakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting ini bertajuk “Komparasi Budaya Akademik Kemahasiswaan” bertujuan untuk memperkuat posisi FUA sebagai fakultas unggul dan berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, membuka acara tersebut dengan penuh semangat dan antusiasme. Ia menyatakan, “Dalam perjalanan menuju UINSSC, mahasiswa kita harus siap bertransformasi, dan dengan terselenggaranya acara ini secara daring, mahasiswa FUA telah menunjukkan kesiapannya. Kami berharap silaturahmi yang kita bangun dengan Al-Azhar Asyarief University dapat terus berkembang, membuka peluang untuk berbagai acara diskusi keilmuan di FUA.”

Acara ini menampilkan narasumber dari kedua universitas, termasuk Muhammad Haikal Maghribi dan Muhammad Rizky Sakti dari Al-Azhar Asyarief University, serta Muhammad Azfa Nashrullah dan Andre Meizandi dari FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mereka berbagi pemikiran dan pengalaman tentang keunggulan kampus masing-masing serta komparasi budaya akademik.

Selama dialog yang berlangsung, terdapat berbagai rangkaian acara, mulai dari pembukaan hingga talkshow yang mendalam. Pembahasan mencakup aspek budaya akademik, keilmuan, dan potensi yang dimiliki oleh kedua universitas. Dalam konteks ini, FUA semakin meneguhkan tekadnya untuk menjadi pusat keunggulan akademik, dan persiapan generasi mahasiswa yang siap bersaing di panggung global. Masa depan yang cerah dan penuh potensi menanti para mahasiswa FUA yang berani mengambil langkah-langkah progresif dan memiliki komitmen tinggi dalam meraih pendidikan bermakna.

Ketua DEMA-FUA, Da’i Bachtiar, juga memberikan pesan inspiratif kepada semua peserta, “Dengan terselenggaranya acara ini, saya berharap kita bisa belajar dari mahasiswa Al-Azhar Asyarief University mengenai budaya, keilmuan, akademik, dan hal-hal lain yang dapat diterapkan di fakultas kita. Tetap semangat, jangan menyerah, jangan terlelah, I Love You All.” Pesan ini menjadi semangat bagi semua yang hadir untuk terus bergerak maju dalam mengembangkan akademik dan budaya keilmuan di FUA.