Dekan FUA Hadiri Olahraga bersama Forkopimda dalam Rangka Menuju Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UINSSC).

FUA Cirebon, 23 September 2023 – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama dengan Forkopimda se-Ciayumajakuning, yang mencakup wilayah Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Acara ini berupa pertandingan tenis meja yang diadakan di lapangan futsal Pascasarjana IAIN Cirebon.

Rektor IAIN Cirebon, Profesor Dr. H. Aan Jaelani MAg, menjelaskan bahwa selain menjadi ajang olahraga, acara ini diadakan untuk mempererat hubungan antara sivitas akademika IAIN Cirebon dengan Forkopimda se-Ciayumajakuning. Tujuannya adalah memberikan pelayanan publik terbaik kepada anggota kampus dan masyarakat umum terkait dengan fungsi perguruan tinggi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan tercipta komunikasi dan sinergi yang kuat untuk memajukan wilayah Ciayumajakuning sesuai dengan tugas masing-masing pihak. Dalam konteks ini, Forkopimda dan sivitas akademika bisa menjalin hubungan baik, berkolaborasi, dan bersinergi untuk bersama-sama berkontribusi dalam membangun masyarakat, terutama di Cirebon dan sekitarnya.

Rektor juga menekankan bahwa acara olahraga bersama ini adalah salah satu sarana untuk mensosialisasikan transformasi kelembagaan IAIN Cirebon menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UINSSC). Terlebih mengingat bahwa UINSSC membutuhkan dukungan dan pengakuan dari semua pihak, termasuk pimpinan dan masyarakat.

Untuk itu, kehadiran Forkopimda di acara tersebut diharapkan dapat memberikan harapan dan inovasi untuk masa depan UINSSC sehingga universitas tersebut dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat. Rektor mengungkapkan bahwa proses transformasi IAIN Cirebon menjadi UINSSC telah melalui tahap-tahap penting, termasuk rapat pleno dengan empat kementerian yang membahas Rancangan Peraturan Presiden untuk transformasi tersebut. Setelah Peraturan Presiden disahkan, maka IAIN Cirebon akan menjadi satu-satunya kampus keagamaan negeri yang berbasis siber di Indonesia.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Ada yang turut hadir dalam acara ini menyatakan apresiasi yang tinggi. Dr. Anwar Sanusi menyatakan bahwa momen ini sangatlah krusial untuk memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan unsur pemerintah daerah sambil memperkenalkan perubahan besar dalam lembaga IAIN. Dr. Anwar menggarisbawahi bahwa olahraga bukan hanya tentang kebersamaan tetapi juga merupakan kesempatan untuk mendiskusikan peran kampus dalam transformasi menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UINSSC). Dukungan dan pengakuan dari semua pihak, khususnya Forkopimda, sangat penting dalam perjalanan transformasi ini, dan ia berharap agar UINSSC dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memajukan pendidikan keagamaan dan perkembangan sosial di wilayah Ciayumajakuning.