Sambut Semester Baru, FUA Gelar Rapat Fakultas

FUA Cirebon, 1 September 2023 – Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar rapat persiapan menyambut semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Rapat yang berlangsung di aula lantai 3 Rektorat ini dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang berada di lingkungan Fakultas tersebut. Dekan FUA, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, langsung memimpin rapat ini dan menyampaikan beberapa agenda serta amanat penting.

Salah satu poin yang ditekankan oleh Dekan Anwar Sanusi adalah tidak hadirnya Wakil Dekan dan beberapa dosen pada rapat tersebut karena keterlibatan mereka dalam acara lain. Dr. Anwar menekankan bahwa keberadaan dosen-dosen FUA cukup dibutuhkan oleh institut sehingga terlibat di banyak acara. Beliau juga menginformasikan bahwa dekanat sedang berupaya mempersiapkan ruangan dosen di lantai dua gedung FUA untuk memfasilitasi kegiatan akademik yang lebih baik.

Selanjutnya, dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, dekan meminta agar fasilitas di lingkungan FUA diperbaiki sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi mahasiswa dan dosen. Dr. Anwar juga kembali mengingatkan para dosen untuk mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tidak saling menukar jam mengajar.

Selain itu, dekan mengimbau agar para dosen lebih siap menghadapi KBM, termasuk meningkatkan karya yang dapat membantu mahasiswa dalam pemahaman materi. Mahasiswa pun diharapkan dapat lebih aktif di luar kelas atau di di lapangan dalam mempelajari hal-hal yang bersifat riil.

Dalam hal digitalisasi pembelajaran, FUA telah berkomitmen untuk mendukung tren siber dengan menugaskan mahasiswa atau membentuk tradisi akademik yang progresif. Hal ini dianggap penting dalam meningkatkan akreditasi Fakultas Ushuluddin dan Adab. Selanjutnya, dekan juga menyoroti optimalisasi website fakultas untuk pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, ada rencana untuk menambah dua jurusan baru, yaitu sastra Indonesia dan sastra Inggris, yang diharapkan dapat memperluas pilihan bagi mahasiswa.

Peningkatan pelayanan di bidang siber juga menjadi salah satu fokus rapat. Untuk saat ini sudah ada tambahan tenaga kependidikan yang kompeten di bidang IT. Hal ini diharapkan dapat memastikan pelayanan yang lebih cepat dan efektif kepada mahasiswa.

Dalam persiapan menghadapi lomba fakultas Ushuluddin nasional dan konferensi internasional, dekan menekankan perlunya menyiapkan mahasiswa yang mumpuni. Terakhir, Dekan Anwar Sanusi memastikan bahwa seluruh dosen telah memenuhi mata kuliah di atas minimal SKS, sehingga tidak ada kendala terkait dengan Beban Kerja Dosen (BKD).

Rapat ini mencerminkan komitmen Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa, serta menjawab tantangan-tantangan pendidikan yang ada di era digital ini. Semua pihak diharapkan dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama dalam menyambut semester ganjil 2023/2024 yang penuh harapan.