Songsong UINSSI, FUA Mengadakan Coaching Clinic Pembuatan Modul Digital

FUA Cirebon, 22 Agustus 2023 – Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara Coaching Clinic Digitalisasi Modul Pembelajaran pada tanggal 21 hingga 22 Agustus 2023. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung Rektorat lantai 3 dengan mengusung tema “Digitalisasi Modul di Fakultas Ushuluddin dan Adab Menyongsong UINSSI Institut Agama Islam Negeri Cirebon”.

Acara ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kompetensi para dosen FUA dalam menghadapi era transformasi digital yang semakin meluas. Coaching Clinic ini dihadiri oleh para Ketua Jurusan dan dosen pengembang modul pembelajaran di lingkungan FUA. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan pendekatan baru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis digital yang relevan dengan tuntutan masa depan.

Narasumber utama pada acara ini adalah Dra. Marisa, M.Pd., yang juga merupakan Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan dari FKIP Universitas Terbuka. Dalam paparannya, Dra. Marisa menyoroti pentingnya pengembangan buku ajar yang strategis sebagai solusi dalam menyajikan materi pembelajaran yang tepat dan bermanfaat bagi mahasiswa. Beliau juga membagikan wawasan mengenai domain kemampuan manusia, model pengembangan sistem pembelajaran, struktur kemampuan dalam pembelajaran, alur pengembangan bahan ajar, garis besar pengembangan buku ajar, dan struktur buku ajar yang ideal.

Peserta Coaching Clinic ini sangat antusias dalam berdiskusi dan bertanya mengenai berbagai aspek yang terkait dengan pengembangan buku ajar digital. Diskusi ini difasilitasi oleh Leny Sri Wahyuni, M.Hum., yang membantu menggali pemahaman lebih dalam mengenai rancangan ideal sebuah buku ajar, efektivitas penggunaan buku ajar, serta berbagai aspek teknis terkait relevansi dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang berkorelasi dengan peta kompetensi mata kuliah.

alam akhir acara, Dr. Anwar Sanusi, Dekan FUA, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta Coaching Clinic. Meskipun di tengah kesibukan awal tahun ajaran baru, para peserta tetap berpartisipasi aktif dalam acara ini. Dr. Anwar menekankan bahwa acara ini merupakan langkah awal yang penting dalam persiapan FUA dalam menghadapi masa depan, khususnya dalam menjadikan IAIN Syekh Nurjati sebagai Cyber Islamic University.

Kegiatan Coaching Clinic Digitalisasi Modul Pembelajaran ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di FUA serta menjadikan dosen-dosen di Fakultas Ushuluddin dan Adab lebih siap dan kompeten dalam menghadapi perubahan dunia pendidikan yang semakin dinamis dan bertransformasi secara digital.