Maba FUA Ikuti PBAK, Berfikir Maju di Era Digital

IAIN Cirebon – Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) Institut Agama Islam Negeri (IAINSyekh Nurjati Cirebon mengusung tema  Membangun Karakter dan Membentuk Pola Pikir dalam Konsep Moderasi Beragama serta Berpikir Maju di Era Digitalisasi”,  yang dilaksanakan di Auditorium Pascasarjana  yang diikuti 283 mahasiswa baru (Maba).

Kegiatan dihadiri oleh  Dr. Anwar Sanusi,M.Ag.  (Dekan FUA),   didampingi Wadek I, Wadek II,Wadek III, Ketua Jurusan dan  Sekretaris Jurusan fakultas masing-masing. Kegiatan tersebut merupakan serangkainan kegiatan PBAK Institut yang sebelumnya dilaksanakan tingkat institut yang dihadiri 3371 Mahasiswa Baru (Maba).22/08/2023.

Dr. Anwar menjelaskan bahwa FUA adalah hasil transformasi dari FUAD pada tahun 2022, menjadi bagian penting dalam perjalanan institusi menuju cyber university yang satu-satunya di bawah Kementerian Agama. Harapannya, pada tahun ini, langkah ini akan diresmikan melalui surat keputusan. “Kami ingin Anda merasa bangga menjadi bagian dari FUA,” tutur beliau dengan penuh semangat.

Lanjutnya Dr. Anwar , di tengah semangat membangun budaya akademik yang kuat, serta menekankan peran penting mahasiswa dalam berbicara di forum internasional dan menjadi pemateri di acara tingkat global. FUA tidak hanya akan unggul di tingkat nasional, tetapi juga berkompetisi di panggung internasional. ujarnya.

“Harapan saya, mahasiswa baru akan mengikuti jejak para senior, termasuk di antaranya menempatkan karya di jurnal ilmiah. Semua memerlukan waktu dan proses. Tinggalkan kebiasaan buruk di masa SMA. Langkah yang diambil hari ini akan membentuk masa depan,” lanjut Pak Dekan dengan tegas.

Pemahaman yang kuat bahwa kesuksesan terletak pada kerja keras dan kreativitas individu mewarnai arahan Pak Dekan. Dia mengajak para mahasiswa untuk meninggalkan kebiasaan malas-malasan, dan meyakinkan bahwa prestasi akan didapatkan melalui upaya dan dedikasi yang sungguh-sungguh. Di tengah semangat akademik, mahasiswa FUA telah berhasil merampungkan buku berjudul, “Bunga Rampai Kilmuan Ushuluddin dan Adab” yang juga dilaunching langsung oleh Dekan FUA. Buku ini merupakan inisiatif dari DEMA FUA dengan mengakomodir pemikiran-pemikiran cemerlang yang lahir langsung dari rahim FUA.