30 Tendik IAIN Cirebon, Ikuti PDWK Pelatihan Pelayanan Publik Angkatan V

IAIN Cirebon (03/07/2023) Balai Diklat Keagamaan Bandung bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) dengan tajuk Pelatihan Pelayanan Publik Angkatan V Tahun 2023.

Pelatihan berlangsung selama enam hari, dimulai tanggal 03 s.d 08 Juli  2023, bertempat di IAIN Syekh Nurjati Cirebon . Diikuti oleh 30 peserta baik dari unsur JF, pelaksana dan pengadministrasi di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kegiatan Pelatihan di Wilayah Kerja dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan – Prof. Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh mengingat pelatihan ini sangat penting untuk bisa melayani  dan menjamin kepuasan publik dalam hal ini tentunya mahasiswa sebagai pengguna jasa IAIN Cirebon. ucap beliau.

Pengalungan Tanda Peserta secara simbolis oleh Wakil Rektor II
Prof. Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag. didampingi Ketua Panitia PDWK dari
Balai Dikat Keagamaan Bandung Ir. Hikmawati, M.Si.

 

Prof. Ilman menyapaikan  juga lahirnya 5 Budaya Kerja Kementerian Agama RI, untuk menjawab keinginan dan juga upaya mengembalikan citra dan kepercayaan baik Kementerian Agama dimata publik dengan dibuktikan dengan kinerja yang baik. Maka upaya pelayanan kepada publik berbasis akuntabilitas dan transparansi harus didukung oleh pelayanan yang ikhlas dari seluruh pegawainya. Berikut Penjabaran 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, INTEGRITAS :  Keselarasan Antara Hati, Pikiran, Perkataan Dan Perbuatan Yang Baik Dan Benar, PROFESIONALITAS : Bekerja Secara Disiplin, Kompeten Dan Tepat Waktu Dengan Hasil Terbaik, INOVASI : Menyempurnakan Yang Sudah Ada Dan Mengkreasi Hal Baru Yang Lebih Baik, TANGGUNG JAWAB : Bekerja Secara Tuntas Dan Konsekuen, KETELADANAN : Menjadi Contoh Yang Baik Bagi Orang Lain. tandasnya.

“Nilai-nilai budaya kerja Kementerian Agama terdiri atas 5 (lima) kata, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. Lima kata tersebut kemudian dijabarkan dalam bentuk definisi dan dielaborasi dalam bentuk indikasi positif dan negatif. Dengan memedomani 5 nilai budaya kerja tersebut, setiap aparatur Kementerian Agama diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya, berkinerja tinggi, serta terhindar dari segala bentuk pelanggaran dan penyimpangan.” ujarnya.

Dan menurut Prof. Ilman, “ketika ini benar-benar bisa diterapkan serta diimplentasikan dalam kegiatan atau aktifitas di IAIN Cirebon, dimulai dari tingkat Pimpinan baik Rektorat, Fakultas, Pascasarjana sampai ke tingkat JF, Pelaksana dan Pengadministrasi tentunya ini akan menjadikan IAIN Cirebon menjadi kampus yang Unggul dan Terkemuka”. pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panita PDWK – Ir. Hikmawati, M.Si. menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk memberikan layanan kepada publik secara maksimal dan konsisten. serta memahami standar pelayanan publik untuk keunggulan layanan instansi.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu memberikan layanan publik secara maksimal dan berkelanjutan secara konsisten untuk keunggulan layanan instansi”, ujarnya.

Turut hadir dalam Pembukaan pelatihan ini, Widyaiswara BDK Bandung Dr, H. Ayi Nasrudin, M.Pd. (Widyaiswara Ahli Madya), Ranti Nuranita, S.IP., M.A.P. (Widyaiswara Ahli Muda), dan dua orang panitia Yulia Setiawati, S.Sos dan Siti Chaerunnisa, S.Si.