Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Syekh Nurjati Tahun 2022

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPMIAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2022 melaui virtual zoom Meeting. Pembekalan peserta KKN ini diselenggarakan selama tiga, tanggal 21-23 Juni 2022. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN Tahun ini berjumlah 3025 mahasiswa yang terbagi menjadi tiga cluster yaitu KKN Tematik Berbasis Masjid (KKN TBM), KKN Gerakan Masyarakat Mengaji (KKN GM) dan KKN Nusantara Moderasi Beragama (KKN NMB). Adapun jumlah peserta untuk KKN Tematik Berbasis masjid (TBM) berjumlah 2440 mahasiswa. Lokasi ini bisa lintas kota/kabupaten maupun lintas provinsi yang bisa dilakukan secara mandiri maupun kelompok. Ada beberapa filosfi dari kegiatan KKN diantaranya adalah sebagai laboratorium peserta KKN unutk menumbuhkan jiwa leadership (kepemimpinan) dalam kehidupan bermasyarakat. 23/06/2022

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua LPPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Ahmad Yani, M.Ag sekaligus pemaparan materi tentang filosofi KKN. Dalam sambutannya Ketua LPPM menyampaikan bahwa KKN merupakan program intrakurikuler yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang harus dijalankan oleh mahasiswa program strata satu dengan lintas keilmuan dan lintas sektoral dengan waktu dan lokasi tertentu.

Selain itu juga dipaparkan tentang tata tertib peserta dan penilaian KKN oleh Kepala Pusat pengabdian kepada Masyarakat, Dr. H. Mahbub Nuryadien, M.Ag. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tentang rambu-rambu yang harus diperhatikan oleh peserta KKN dan juga penilaian kegiatan KKN. Termasuk juga jejak digital dari peserta KKN melalui media sosial (medsos) tidak luput dari penilian dan pengawasan. Hal ini dikarenakan sekarang ini media social memilki cakupan yang luas dan mudah diakses oleh siapa saja. Sehingga perilkau peserta KKN di medsos dapat terawasi dan mepergunakannya secara bijak.

Seyogyanya ada materi dari Kapuslit Dr. Budi Manfaat, yang akan menyampaikan materi tentang teknik penyusunan rencana kegiatan, pelaksanaan, dan pelaporannya. Namun penyajian materi ini dibuat dalam bentuk video. Disesi terakhir juga dijelaskan tentang Akmal Sejati yang disampaikan oleh Kasubbag LPPM, H. Ibnu SIna, M.Si. Akmal Sejati merupakan akronim dari Aplikasi KKN Mahasiswa Online IAIN Syekh Nurjati. Aplikasi ini digunakan sebagai media laporan mahasiswa baik secara mingguan ataupun laporan akhir. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan secara teknis penggunaan aplikasi dalam memudahkan pengiriman laporan dan pengenalan fitur-fitur yang yang ada di aplikasi tersebut.