Pelatihan Manasik Haji dan Umroh IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022

Pelatihan Manasik Haji dan Umroh IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022

Ribuan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengikuti pelatihan manasik haji dan umron tahun 2022. Pelatihan manasik haji dan umroh dilakukan di halaman Ma’had al- Jami’ah. Sekitar 7000-an mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 dan 2021. Namun, karena ada pandemi Covid-19, pelaksanaan pelatihan manasik haji dan umroh ditunda dan dilaksanakan pada tahun ini.  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, H. Ilman Nafi’a, M.Ag mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dibagi menjadi dua gelombang. Untuk gelombang pertama dilaksanakan untuk mahasiswa semester 6 yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juni 2022.  “Tanggal 25 Juni diberikan teori, dan tanggal 26 juni adalah prakteknya. Sementara untuk semester 4 akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juli 2022”. Minggu (26/6/2022).

Beliau menambahkan, pelatihan manasik haji dan umroh ini dibimbing oleh dosen-dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan pembimbing dari KBIH Wadi Fatimah kabupaten Cirebon. Ilman mengingatkan kepada peserta untuk disiplin dan khidmat dalam mengikuti kegiatan manasik ini, dengan tetap memakai masker, menjaga kebersihan dan kesehatan.  “Jadi dianjurkan kepada seluruh peserta untuk mulai berniat untuk melaksanakan haji atau umroh, sehingga Allah SWT akan memberikan kesempatan untuk berangkat haji dan umroh yang sesungguhnya”.

Sementara itu, Direktur Ma’had al-Jami’ah, H. Amir, menjelaskan bahwa pelatihan manasik haji dan umroh tahun ini dapat membangkitkan semangat akademik mahasiswa dan civitas akademika dengan semangat spiritual religius yang lebih kuat dan dinamis. “Karena kegiatan ini adalah kegiatan massal pertama di kampus ini setelah pandemi Covid-19. Semoga semua sehat semua dan lancar”.

Di tempat lain, pelaksana teknis pelatihan manasik haji dan umroh ini, KH. Agung Fadillah menjelaskan, bahwa kegiatan manasik ini dilaksanakan di lingkungan kampus dari lapangan rektorat ke lapangan Ma’had al-Jami’ah.  “Alhamdulillah, respon mahasiswa sangat positif dan antusias dalam mengikuti program pelatihan manasik haji dan umroh tahun 2022 ini”.

Sumber : Pelatihan Manasik Haji dan Umroh IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022 – IAIN Syekh Nurjati Cirebon