Visi Misi & Tujuan

VISI

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

LPTK yang Unggul dan Terkemuka

Dalam Mencetak Tenaga Kependidikan Berbasis Integrasi Ilmu dan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Tingkat Nasional Tahun 2024.

 

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan; adalah istilah yang merujuk kepada UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yaitu perguruan tinggi yang diberi tugas oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan program pengadaan guru pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah, serta untuk menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu kependidikan dan nonkependidikan.
  • Unggul; padanannya dalam bahasa Inggris adalah outstanding yang diartikan sebagai clearly of very high quality or clearly superior to others in the same group or category (memiliki kualitas yang tinggi dibanding dengan yang lain pada kelompok dan katagori yang sama). Unggul dalam hal ini pada bidang pengembangan ilmu pendidikan Islam dan pendidikan bidang ilmu yang berorientasi pada nilai-nilai Islam moderat dan paradigmaintegrasiilmu.
  • Terkemuka; memiliki kewibawaan dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas professional tridharma perguruan tinggi;
  • Integrasi Ilmu; konsep berfikir tentang kesatuan dan keutuhan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia berangkat dari kesadaran theologis tentang Tuhan sebagai satu-satunya sumber nilai dan sumber realitas yang diartikulasikan melalui beragam kesadaran ontologis, kesadaran epistemologis dan kesadaran aksiologis dalam sistem pengetahuan, sehingga tidak melahirkan dikotomi sakral dan profane atau ilmu agama dan ilmu umum dalam kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan berbagai disiplin.
  • Nilai-Nilai Moderasi Islam; sistem nilai utuh tentang ajaran Islam rahmatan lil’alamin yang mengedepankan prinsip-prinsip islam wasathiyyah (balance) yang diartikulasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan  dan mengakui realitas kebhinekaan sebagai bagian dari intisari moral ajaran Islam untuk kemanusiaan.
  • Ditingkat nasional; locus dimana lembaga memiliki daya saing (competitiveness) dan daya sanding (comparativeness) diantara lembaga-lembaga sejenis secara nasional.

Pada Tahun 2024; adalah waktu pencapaian (milestone) profil kelembagaan melalui pelaksanaan misi, tujuan dan program yang ditetapkan merujuk kepada milestone Renstra IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2020-2024 dan Renstra Kementerian Agama Tahun 2020-2024.

 

 

MISI

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Misi-1

Bidang Pendidikan dan Pengajaran

Misi-2

Bidang Penelitian dan Publikasi

Misi-3

Bidang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Misi-4

Bidang Tata Kelola

Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan profesi berbasis integrasi ilmu dan moderasi Islam yang unggul, terkemuka dan ARIF. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan serta publikasi bidang pendidikan Islam berbasis integrasi ilmu dan moderasi Islam yang unggul, terkemuka dan ARIF. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat pada bidang pendidikan Islam berbasis integrasi Ilmu dan moderasi Islam yang unggul, terkemuka dan ARIF. Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan untuk memberikan pelayanan prima berpedoman pada prinsip-prinsip adaptive, responsif, inovatif dan futuristic (ARIF)

 

 

TUJUAN

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

  1. Terwujudnya lulusan yang unggul dan terkemuka melalui kegiatan pendidikan akademik pendidikan profesi berbasis integrasi ilmu dan moderasi Islam yang adaptive, responsif, innovative dan futuristic;
  2. Terwujudnya produk yang unggul dan terkemuka dari kegiatan penelitian dan pengembangan serta publikasi dosen pada bidang pendidikan islam berbasis integrasi ilmu dan moderasi Islam yang, adaptive, responsif, innovatif dan futuristic;
  3. Terwujudnya produk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang unggul dan terkemuka pada bidang pendidikan Islam berbasis integrasi ilmu dan moderasi Islam yang adaptive, responsif, innovative dan futuristic;
  4. Terwujudnya pelayanan prima melalui tata kelola kelembagaan berbasis teknologi informasi dengan berpedoman pada prinsip-prinsip adaptive, responsif, innovative dan futuristic.