Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Sosialisasi Program PLP-KKN Integrasi Internasional

Cirebon – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar sosialisasi Pengenalan Lapangan Persekolahan – Kuliah Kerja Nyata (PLP-KKN) Integrasi Internasional, sebagai bagian dari upaya penguatan pengabdian masyarakat dan pengalaman internasional bagi mahasiswa.

Acara yang diadakan pada hari ini, Senin (23 Januari 2024), dihadiri oleh para mahasiswa semester VI. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap mengenai pelaksanaan PLP-KKN Integrasi Internasional yang akan diimplementasikan di FITK.

Dekan FITK,. Dr. H. Saifuddin, M.Ag, dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya program ini sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan global dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di tingkat internasional. Beliau juga menyampaikan bahwa program ini merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan global dan mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang memiliki kompetensi tinggi.

Program PLP-KKN Integrasi Internasional FITK bekerja sama dengan berbagai lembaga dan  di luar negeri. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan memiliki kesempatan untuk menjalani kuliah kerja nyata di luar negeri, bekerja sama dengan komunitas lokal, serta menggali pengalaman berharga dalam keberagaman budaya.

Kepala Program PLP-KKN Integrasi Internasional sekaligus Wakil Dekan I FITK, Dr. Atikah Syamsi, M.Pd.I, menjelaskan bahwa program ini akan memberikan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi mahasiswa FITK. “Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan akademis, tetapi juga membentuk karakter dan kepemimpinan yang dibutuhkan dalam lingkungan global,” ujar (Wakil Dekan I).

Dalam tahap awal, program ini akan dimulai dengan seleksi mahasiswa yang berminat dan memenuhi syarat. Para peserta yang terpilih akan mendapatkan persiapan khusus, termasuk pembekalan budaya dan bahasa sesuai dengan destinasi mereka.

Para peserta program juga akan mendapatkan pendampingan dan supervisi dari dosen-dosen berpengalaman yang akan membimbing mereka selama menjalani PLP-KKN Integrasi Internasional. Program ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi fakultas-fakultas lain di IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk mengembangkan inovasi dalam pengalaman pembelajaran mahasiswa.

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa FITK semakin tertarik dan memahami manfaat serta peluang yang ditawarkan oleh PLP-KKN Integrasi Internasional. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif tidak hanya bagi pengembangan akademis mahasiswa FITK, tetapi juga bagi masyarakat di berbagai belahan dunia.