Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Peningkatan Kualitas Kurikulum Pendidikan Islam melalui Benchmarking, Review, dan Pendampingan Kurikulum MBKM-OBE di FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Cirebon dan Malang – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dan FITK Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, dua institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada pendidikan Islam, melakukan kegiatan benchmarking, review, dan pendampingan terkait Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan pendekatan Outcome-Based Education (MBKM-OBE). Kegiatan ini bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan dan memastikan kurikulum yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa serta tantangan zaman.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29-31 Januari 2023, di mana tim dari FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkunjung ke FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara ini diikuti oleh para pimpinan fakultas, dosen, serta tim pengembangan kurikulum dari kedua institusi.

Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Saifuddin, M.Ag., menyatakan, “Kegiatan benchmarking ini menjadi langkah strategis untuk saling belajar dan berbagi pengalaman antar-institusi. FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Islam, dan harapan kami, melalui kegiatan ini, kami dapat mengevaluasi serta memperkaya kurikulum MBKM-OBE yang kami terapkan.”

FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juga menyambut baik kegiatan ini. Dekan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Dr. Muhammad Walid, MA menyatakan, “Melalui pertukaran informasi dan pengalaman, diharapkan kedua institusi dapat mengoptimalkan kurikulum MBKM-OBE dan memberikan dampak positif pada perkembangan akademik mahasiswa.”

Selain sesi benchmarking, kegiatan ini juga melibatkan review mendalam terhadap implementasi kurikulum MBKM-OBE di masing-masing institusi yang dihandel langsung oleh Wakil Dekan 1 Dr.Atikah Syamsi, M.Pd.I bersama dengan tim akademik Fakultas ITK & Tim Kurikulum Institut IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dengan berfokus pada rekognisi Kurikulum, Model asesmen, serta aplikasi penelitian dan PKM dalam pembelajaran yang responsif terhadap perkembangan kebutuhan mahasiswa.
Pendampingan kurikulum menjadi fokus utama kegiatan ini, dengan harapan dapat menghasilkan kurikulum yang tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga relevan dengan kebutuhan dan harapan industri. Melalui proses ini, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berharap dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya berkualitas akademik tinggi, tetapi juga mampu bersaing di dunia kerja.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari semangat kolaboratif antar-institusi pendidikan tinggi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkomitmen untuk menjalin kerjasama yang lebih erat guna mewujudkan visi pendidikan Islam yang modern, inklusif, dan sesuai dengan tuntutan zaman.