Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

PENGUKUHAN GURU PROFESIONAL LPTK IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

PENGUKUHAN PPG
PPG

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar pengukuhan guru profesional program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, Minggu (25/09/2022). Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh segenap pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan hadir pula Dr. MUHAMMAD ZAIN, S.Ag., M.Ag Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Dr H Farihin. M.Pd menjelaskan, dari 315 peserta yang mengikuti UKMPPG PERIODE JULI 2022, sebanyak 232 peserta di antaranya dinyatakan lulus.

“Alhamdulillah 232 orang dinyatakan lulus dengan presentase 83,7 persen, naik secara signifikan dari Tahun kemaren” katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Sementara, lanjut Farihin, sebanyak 83 peserta lainnya dinyatakan belum lulus. Bukan tidak lulus. Pada saatnya mereka akan lulus, saya yakin itu. Mereka diberi kesempatan untuk mengulang selama 3 tahun,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H Sumanta Hasyim. M.Ag mengungkapkan, peserta yang mengikuti PPG Dalam Jabatan ini dengan masa pengabdian menjadi guru yang bervariasi, yaitu ada yang sudah mencapai 20 tahun hingga 30 tahun.

“Ini adalah sesuatu keikhlasan yang tidak serta merta tumbuh, tetapi secara gradual dan alamiah untuk memberikan pencerahan intelektual, spiritual, dan emosional kepada anak didik,” tuturnya.