Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon; Laksanakan Kegiatan Penyamaan Persepsi Bagi Penguji dan Penjelasan Teknis Pelaksanaan UKMPPG Tahun 2022

Rangkaian pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Batch 1 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh LPTK IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah mencapai pada tahap pelaksanaan UKMPPG (Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru). Untuk mencapai tahapan ini mahasiswa harus menyelesaikan dan lulus dari tahapan Pendalaman Materi Pedagogik dan Profesional, Lokakarya Pengembangan Perangkat dan Penelitian Tindakan Kelas, serta Praktik Pengalaman Lapangan. UKMPPG merupakan skema yang diselenggarakan untuk menguji proses yang telah dilalui mahasiswa PPG Dalam Jabatan sebelum menyandang gelar Guru Profesional. UKMPPG sendiri terbagi menjadi dua yaitu Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan. Demi suksesnya penyelenggaraan Uji Kinerja Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Batch 1 Tahun 2022, LPTK IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggaran Penyamaan Persepsi bagi Penguji Uji Kinerja yang dilaksanakan pada Hari Jum’at 15 Juli 2022 melalui Zoom Meeting. Kegiatan diikuti oleh penguji ukin yang terdiri dari unsur Dosen dan Guru Pamong serta dihadiri oleh Dekan LPTK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Bapak Dr. Anis Masykur, M.Ag sebagai Narasumber.

Dalam Laporannya, Dr. Muslihudin, M.Ag selaku Ketua Pelaksana Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh penguji Ukin baik untuk mapel PAI maupun Madrasah terdiri dari 48 orang unsur dosen, 41 orang unsur Guru. Penguji Ukin tersebut yang akan melakukan penilaian terhadap 124 mahasiswa PAI dan 100 mahasiswa madrasah yang terdiri dari mapel Fiqih, Akidah Akhlak dan Qur’an Hadist.