Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

KERJASAMA MITRA SEKOLAH PLP

Senin, 19 Oktober 2020 FITK menggelar Kerjasama Lembaga Bagi Mitra Sekolah Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Tahun 2020. Acara bertempat di Gedung Auditorium Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan (FITK) lantai 5 dan melibatkan beberapa sekolah dan instansi terkait penandatanganan MoU.

Dekan mengawali acara tersebut dengan memberi sambutan kepada peserta yang hadir dalam acara tersebut dan di lanjutkan dengan penandatanganan Draft MoU oleh Dekan FITK kepada instansi-instansi yang bersangkutan. Beberapa instansi yang dilibatkan dalam kerjasama ini yaitu: read more

AUDIT MUTU INTERNAL FITK

Rabu, 14 Oktober 2020 dilaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) di Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan (FITK). AMI dilaksanakan setiap tahun di bulan-bulan terakhir menjelang akhir tahun. Peserta dalam Rapat AMI yaitu Pimpinan fakultas, dua Auditor, dan tenaga kependidikan di FITK.

Dalam rapat AMI tahun ini utusan yang menjadi Auditor adalah Dr. H. Didin Nurul Rosidin, MA. Ph.D dan Dr. Evi Roviati, M.Pd. Dokumen yang diaudit di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan memakai standar 5 guna ditunjukan kepada tim Auditor. read more

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Menlaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada 12 dan 13 Oktober 2020. Acara tersebut bertempat di Hotel Grand Tryas dan dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Ketua dan Sekretaris Jurusan serta Tim Pengembang Kurikulum di masing-masing jurusan.

Dalam workshop kali ini yang menjadi pemateri yaitu Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A. (Guru Besar UPI Bandung). Dari kegiatan yang dilaksanakan dua hari tersebut diharapkan bisa mewujudkan dua hal yaitu: Implementasi Konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka pada Kurikulum serta Pengembangan Model Perkuliahan Non Tatap Muka di Lingkungan FITK. read more

PBAK FITK IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 2020

Selasa, 22 September 2020 FITK mengadakan PBAK (Penerimaan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021 dengan peserta sebanyak 810 Mahasiswa.

PBAK pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena Pandemi pada saat ini pemerintah meniadakan kegiatan yang mengundang kerumunan. Untuk mensiasati hal tersebut FITK menyiarkan PBAK online melalui media live streaming zoom, youtube, dan instagram.

Acara ini menghadirkan Dekan Fakultas FITK (Dr. H. Farihin, M.Pd.), Wakil Dekan I (Dr. H. Suteja, M.Ag.), Wakli Dekan II (Dr. Muslihudin, M.Ag.), Wakil Dekan III (Dr. Saifuddin, M.Ag.), dan Kabag TU FITK (H. Maman Abdurrachmanm SE, MM.). read more

BIMBINGAN KARIR CALON WISUDAWAN DAN WISUDAWATI FITK 2020

Sabtu, 19 September 2020 para calon wisudawan mengikuti Bimbingan Karir melalui Platform zoom, youtube, dan instagram. Bimbingan karir calon wisuda ini ditayangkan langsung dari Auditorium FITK lantai 5.

Pemateri pada Bimbingan Karir calon wisuda ini Dr. Jejen Musfah, M.Pd. (Ketua Prodi Magister MPI UIN Syarif Hidayatullah) dan moderator pada acara oleh Zahrotus Saidah, MA.Pd. Acara ini bertema “Membangun Jiwa Enterpreneur di Era Disrupsi Menuju Sarjana yang ARIF (Adaptive, Responsive, Innovative and Futuristic). read more

PENGUMUMAN PELAKSANAAN PLP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Melalui surat ini, kami beritahukan hal-hal sebagai berikut:

  • Daftar nama peserta dan kelompok PLP berikut nama DPL PLP ( cari info No.HP/WA DPL dan segera mengadakan komunikasi);
  • Selasa, 18 Agustus 2020, sosialisasi dan pembekalan peserta PLP oleh DPL (tempat, waktu, dan teknis pelaksanaan ditentukan berdasarkan hasil kesepakatan antara peserta PLP dengan DPL, mengikuti protokol kesehatan);
  • Rabu, 19 Agustus 2020, Pelepasan Peserta PLP oleh pihak Pimpinan Lembaga FITK bertempat di Gedung FITK ruangan Auditorium Lantai 5, waktu pukul 14.00 s.d. selesai (hanya diwakili 1 [satu] orang peserta [ketua kelompok])
    Catatan: Peserta akan dibekali surat pengantar dari Panitia PLP untuksekolah/madrasah yang sudah memberi rekomendasi lengkap, serta Buku Panduan PLP;
  • Tanggal 21-22 Agustus 2020, Peserta PLP melakukan survey lokasi tempat kegiatan PLP;
  • Pelaksanaan Kegiatan PLP mulai hari Senin, 24 Agustus 2020 sampai dengan hari Senin, 19 Oktober 2020;
  • Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi peserta PLP menyesuaikan diri dengan situasi,tempat, dan kondisi sekolah/madrasah (luring dan atau daring);
  • Pelaksanaan Ujian Praktik Mengajar dan Magang (jurusan MPI) disarankan pada kisaran minggu pertama dan atau minggu kedua pada Bulan Oktober 2020 (blangko daftar lembar ujian bisa dilihat pada buku Panduan PLP atau minta format lengkap pada DPL untuk difotokopi dan digandakan sesuai dengan kebutuhan peserta dan penguji, DPL dan Guru Pamong);
  • Ujian Laporan PLP, tanggal 24-25 Oktober 2020 oleh Penguji (DPL);
  • Demi ketertiban dan kelancaran kegiatan PLP, maka peserta PLP tidak diizinkan untuk pindah lokasi/tempat PLP yang telah ditetapkan oleh panitia Pelaksana;
  • Hal-hal yang belum tercantum dalam pengumuman ini, akan diberitahukan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan, melalui DPL .
  • read more

    TASYAKUR GEDUNG SBSN FITK

    Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Selasa 16 Juni 2020 FITK menggelar tasyakur sebagai bentuk rasa syukur karena FITK sudah resmi menempati gedung baru yang sudah rampung dibangun.

    Tasyakur tersebut dilaksanakan di mushola At-Tarbiyah FITK dan dihadiri oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Kabiro IAIN Syekh Nurjati Cirebon Para Dekan dan Wakil Dekan serta pejabat-pejabat IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

    Acara tersebut diawali dengan Sambutan dari Dekan FITK (Dr. H. Farihin, M.Pd) kemudian sambutan oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Dr. H. Sumanta, M.Ag) ditutup dengan doa oleh Wakil Dekan I (Dr. H. Suteja, M.Ag) dan dilanjut dengan jamuan makan. read more

    RAPAT RENCANA KEGIATAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI PASCA PANDEMI COVID-19 (NEW NORMAL)

    Selasa, 09 Juni 2020 Dilaksanakan rapat rencana tridharma perguruan tinggi pasca pandemi. Setelah dua bulan pandemi melaksanakan Work From Home (WFH) perlu dilaksanakan evaluasi dan perencanaan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya.

    Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Dosen FITK dan dihadiri oleh Dekan FITK, Wakil Dekan I,II, dan III serta Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan di lingkungan FITK. Walaupun pasca pandemi pelaksanaan rapat tetap menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. read more