Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

RAPAT TINDAK LANJUT KEGIATAN AKSELERASI GURU BESAR DAN LEKTOR KEPALA DI FITK

Dalam rangka percepatan jenjang karir dosen ke guru besar fitk melaksanakan Rapat Tindak Lanjut Akselerasi Guru Besar dan Lektor Kepala di FITK.

Rapat pada hari Selasa 01 Desember 2020 bertempat di Rumah Makan Roso Echo Cirebon.

Peserta dalam rapat tersebut adalah peserta yang mengikuti pelatihan Coaching Clinic dan Academic Writing di Salatiga Semarang.

Adapun nama – nama yang mengikuti akselertasi tersebut yaitu:

  • Hj. Septi Gumiandari, M.Ag.,
  • H. Ilman Nafi’a, M.Ag.,
  • H. Suteja, M.Ag.,
  • H. Farihin, M.Pd.,
  • Dewi Cahyani, M.Pd.,
  • H. Saifuddin, M.Ag.,
  • Ratna Puspitasari, M.Pd.,
  • Indrya Mulyaningsih, M.Pd.,
  • Muslihudin, M.Ag.,
  • H. Tedi Rohadi, M.Pd.
  • read more

    WORKSHOP PENGEMBANGAN RENSTRA TAHUN 2020-2024 FITK

    Senin, 09 November 2020, dilaksanakan Workshop Pengembangan Rencana Strategis (RENSTRA) tahun 2020-2024 di lingkungan FITK. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Tryas Cirebon. Tujuan kegiatan tersebut yaitu Mewujudkan Kelembagaan Yang Unggul Dan Terkemuka Di Tahun 2024 Melalui Pengembangan Renstra FITK 2020-2024 Yang Adaptive, Responsive, Innovative Dan Futuristic (ARIF).

    Kegiatan tersebut dihadiri Pimpinan FITK, Tenaga Kependidikan, dan Dosen di lingkungan FITK. Kegiatan tersebut dimulai dengan Pembukaan dan Sambutan oleh Dekan FITK Dr. H. Farihin, M.Pd., dilanjutkan dengan Orientasi dan Pendekatan Renstra FITK 2020-2024 Menuju Kelembagaan yang Unggul dan Terkemuka Tahun 2024, dilanjut dengan pendampingan LPM kegiatan rapat kerja komisi 1,2,3,4 Pengembangan Renstra FITK 2020-2024, dan penutupan. read more

    COACHING CLINIC PENINGKATAN KOMPETENSI PENGELOLA OJS DI FITK

    Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) melaksanakan kegiatan Coaching Clinic  Peningkatan Kompetensi Pengelola OJS. Kegiatan tersebut mulai hari Selasa-Rabu, 27-28 Oktober 2020 dimulai Jam 12.00 sd. 16.00 bertempat di Ijims School IAIN Salatiga.

    Tema kegiatan tersebut yaitu“Optimalisasi Pengelolaan OJS untuk Meningkatkan Publikasi Bereputasi Melalui Tata Kelola yang Adaptive, Responsive, Innovative dan Futuristic (ARIF) di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan”.

    Kegiatan Coching Clinik Peningkatan Kompetensi Pengelola OJS di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon diikuti oleh 16 orang yang terdiri dari pengelola dan tenaga kependidikan bidang teknis publikasi. read more

    COACHING CLINIC ACADEMIC WRITING PERCEPATAN GURU BESAR DI LINGKUNGAN FITK

    Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebagai lembaga pendidikan tinggi berkewajiban mengembangkan budaya akademik. Untuk itu perlu adanya pengukuhan ulang etos akademik konstruktif melalui kegiatan Coaching Clinic Academic Writing Peningkatan Guru Besar.

    Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu 27-28 Oktober 2020 di IJIMS SCHOOL IAIN Salatiga Semarang Jawa Tengah. Tujuan Coaching Clinic Academic Writing Peningkatan Guru Besar ini selaras dengan tema kegiatan itu sendiri yaitu Meningkatkan Daya Saing FITK Melalui Mutu Publikasi Ilmiah Dosen Untuk MewujudkanBudaya Expertise dan Peningkatan Jenjang Karir Menuju Guru Besar. read more

    KERJASAMA MITRA SEKOLAH PLP

    Senin, 19 Oktober 2020 FITK menggelar Kerjasama Lembaga Bagi Mitra Sekolah Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Tahun 2020. Acara bertempat di Gedung Auditorium Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan (FITK) lantai 5 dan melibatkan beberapa sekolah dan instansi terkait penandatanganan MoU.

    Dekan mengawali acara tersebut dengan memberi sambutan kepada peserta yang hadir dalam acara tersebut dan di lanjutkan dengan penandatanganan Draft MoU oleh Dekan FITK kepada instansi-instansi yang bersangkutan. Beberapa instansi yang dilibatkan dalam kerjasama ini yaitu: read more

    AUDIT MUTU INTERNAL FITK

    Rabu, 14 Oktober 2020 dilaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) di Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan (FITK). AMI dilaksanakan setiap tahun di bulan-bulan terakhir menjelang akhir tahun. Peserta dalam Rapat AMI yaitu Pimpinan fakultas, dua Auditor, dan tenaga kependidikan di FITK.

    Dalam rapat AMI tahun ini utusan yang menjadi Auditor adalah Dr. H. Didin Nurul Rosidin, MA. Ph.D dan Dr. Evi Roviati, M.Pd. Dokumen yang diaudit di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan memakai standar 5 guna ditunjukan kepada tim Auditor. read more

    WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

    Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Menlaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada 12 dan 13 Oktober 2020. Acara tersebut bertempat di Hotel Grand Tryas dan dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Ketua dan Sekretaris Jurusan serta Tim Pengembang Kurikulum di masing-masing jurusan.

    Dalam workshop kali ini yang menjadi pemateri yaitu Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A. (Guru Besar UPI Bandung). Dari kegiatan yang dilaksanakan dua hari tersebut diharapkan bisa mewujudkan dua hal yaitu: Implementasi Konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka pada Kurikulum serta Pengembangan Model Perkuliahan Non Tatap Muka di Lingkungan FITK. read more

    PBAK FITK IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 2020

    Selasa, 22 September 2020 FITK mengadakan PBAK (Penerimaan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021 dengan peserta sebanyak 810 Mahasiswa.

    PBAK pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena Pandemi pada saat ini pemerintah meniadakan kegiatan yang mengundang kerumunan. Untuk mensiasati hal tersebut FITK menyiarkan PBAK online melalui media live streaming zoom, youtube, dan instagram.

    Acara ini menghadirkan Dekan Fakultas FITK (Dr. H. Farihin, M.Pd.), Wakil Dekan I (Dr. H. Suteja, M.Ag.), Wakli Dekan II (Dr. Muslihudin, M.Ag.), Wakil Dekan III (Dr. Saifuddin, M.Ag.), dan Kabag TU FITK (H. Maman Abdurrachmanm SE, MM.). read more

    BIMBINGAN KARIR CALON WISUDAWAN DAN WISUDAWATI FITK 2020

    Sabtu, 19 September 2020 para calon wisudawan mengikuti Bimbingan Karir melalui Platform zoom, youtube, dan instagram. Bimbingan karir calon wisuda ini ditayangkan langsung dari Auditorium FITK lantai 5.

    Pemateri pada Bimbingan Karir calon wisuda ini Dr. Jejen Musfah, M.Pd. (Ketua Prodi Magister MPI UIN Syarif Hidayatullah) dan moderator pada acara oleh Zahrotus Saidah, MA.Pd. Acara ini bertema “Membangun Jiwa Enterpreneur di Era Disrupsi Menuju Sarjana yang ARIF (Adaptive, Responsive, Innovative and Futuristic). read more

    PENGUMUMAN PELAKSANAAN PLP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

    Melalui surat ini, kami beritahukan hal-hal sebagai berikut:

  • Daftar nama peserta dan kelompok PLP berikut nama DPL PLP ( cari info No.HP/WA DPL dan segera mengadakan komunikasi);
  • Selasa, 18 Agustus 2020, sosialisasi dan pembekalan peserta PLP oleh DPL (tempat, waktu, dan teknis pelaksanaan ditentukan berdasarkan hasil kesepakatan antara peserta PLP dengan DPL, mengikuti protokol kesehatan);
  • Rabu, 19 Agustus 2020, Pelepasan Peserta PLP oleh pihak Pimpinan Lembaga FITK bertempat di Gedung FITK ruangan Auditorium Lantai 5, waktu pukul 14.00 s.d. selesai (hanya diwakili 1 [satu] orang peserta [ketua kelompok])
    Catatan: Peserta akan dibekali surat pengantar dari Panitia PLP untuksekolah/madrasah yang sudah memberi rekomendasi lengkap, serta Buku Panduan PLP;
  • Tanggal 21-22 Agustus 2020, Peserta PLP melakukan survey lokasi tempat kegiatan PLP;
  • Pelaksanaan Kegiatan PLP mulai hari Senin, 24 Agustus 2020 sampai dengan hari Senin, 19 Oktober 2020;
  • Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi peserta PLP menyesuaikan diri dengan situasi,tempat, dan kondisi sekolah/madrasah (luring dan atau daring);
  • Pelaksanaan Ujian Praktik Mengajar dan Magang (jurusan MPI) disarankan pada kisaran minggu pertama dan atau minggu kedua pada Bulan Oktober 2020 (blangko daftar lembar ujian bisa dilihat pada buku Panduan PLP atau minta format lengkap pada DPL untuk difotokopi dan digandakan sesuai dengan kebutuhan peserta dan penguji, DPL dan Guru Pamong);
  • Ujian Laporan PLP, tanggal 24-25 Oktober 2020 oleh Penguji (DPL);
  • Demi ketertiban dan kelancaran kegiatan PLP, maka peserta PLP tidak diizinkan untuk pindah lokasi/tempat PLP yang telah ditetapkan oleh panitia Pelaksana;
  • Hal-hal yang belum tercantum dalam pengumuman ini, akan diberitahukan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan, melalui DPL .
  • read more