Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Webinar, Jurusan dan HMJ SKI boyong ANRI dan Perpusnas bahas Sumber Sejarah

(Cirebon, 20 Mei 2021)  Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan menyelenggarakan acara Web Seminar atau yang dinamakan dengan ngobrol webinar dengan dua (2) institusi besar sebagai acuan dari berbagai sejarawan yang ada di Indonesia, dalam hal ini Arsip Nasional RI dan Perpustakaan Nasional RI dengan 2 narasumber yang diundang, yakni bapak Akhmad Nakhrowi S.Hum sebagai peneliti dan arsiparis ahli dari Arsip Nasional Republik Indonesia, serta bapak Frial Ramadhan Supratman sebagai Pustakawan ahli dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Mengusung tema “Mengenal Ragam Sumber Sejarah di Arsip Nasional dan Perpustakaan Nasional” dan dilaksanakan pada hari kamis 20 Mei 2021, acara ini sendiri merupakan bagian daripada refleksi mata kuliah bibliografi yang diampu oleh salah satu dosen di Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam, dalam hal ini ialah bapak Aditia Muara Padiatra, M.Hum.

“Jadi acara ini adalah sebagai bagian dari representasi penelusuran sumber sejarah secara nyata, berhubung sekarang sedang masa pandemi dan barangkali di antara para mahasiswa kesulitan untuk dapat ke perpustakaan nasional dan arsip nasional untuk melakukan interaksi terhadap sumber, maka saya berinisiatif untuk menghadirkan arsip nasional dan perpustakaan nasional ke kampus kita di Cirebon, dengan menghadirkan 2 orang narasumber ahli yang insyallah mumpuni untuk dapat menyampaikan materi berkaitan ragam sumber sejarah di ANRI dan Perpusnas,” Ujar Bapak Aditia Muara Padiatra, M.Hum secara panjang lebar.

Berjalan mulai dari jam 09.00 sampai dengan 11.30 WIB, acara ini dibuka oleh ibu ketua Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam, Ibu Aah Syafaah, M.Ag, dan kemudian dilehat dengan kurang lebih 100 orang peserta yang kemudian tersebar baik di link zoom meeting maupun di kanal youtube, yang kebanyakan berasal dari masyarakat umum, para pustakawan dan arsiparis, serta mahasiswa-siswi sejarah kebudayaan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (ADT)

Sumber: https://web.syekhnurjati.ac.id/spi/2021/05/20/webinar-jurusan-dan-hmj-ski-boyong-anri-dan-perpusnas-bahas-sumber-sejarah/

HIMAPMI MERAYAKAN HARLAH DENGAN BERBAGI DI DESA SINDANGJAWA

HIMAPMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan CROWS (creativity in empowerment of society) sekaligus bakti sosial di Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Dengan tema: “Bersama PMI, Berkarya, Berdedikasi, dan Berdikari dengan solidaritas tinggi.” Yang dilaksanakan juga dalam rangka memperingati HUT ke-10 jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 27 April hingga 02 mei 2021.

Rangkaian CROWS diawali dengan pembukaan acara secara virtual via Zoom dan dilanjut dengan perlombaan-perlombaan. Terdapat 5 jenis perlombaan yang dilombakan yakni Perlombaan Cipta Essay, Cipta Puisi, Tari tradisional, Poster Digital dan Bernyanyi Solo. Perlombaan tersebut dibuka untuk semua mahasiswa/I di lingkungan Fakultas UAD, dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia. Adapun kegiatan lain berupa bakti sosial. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk dari implementasi pengabdian masyarakat sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Desa Sindang Jawa sebagai Desa MOU yang telah bekerjasama dengan pihak Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. read more

HMJ Filsafat Gelar Kegiatan Bakti Sosial “Kemilau Ramadhan; Bakti Sosial, Filsafat Peduli Kebajikan”

CIREBON – Himpunan Mahasiswa Jurusan Filsafat (HIMAFIL) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mengadakan kegiatan kemanusiaan berupa pembagian paket sembako kepada kaum dhuafa di Kota Cirebon. Kamis, (29/04).

Kegiatan ini bertemakan: “Kemilau Ramadhan; Bakti Sosial, Filsafat Peduli Kebajikan”. Kegiatan ini merupakan Kegiatan Rutin yang dilakukan oleh HIMAFIL setiap tahun di Bulan Ramadhan.

Kegiatan Kemanusiaan yang dilakukan HIMAFIL berupa pembagian sejumlah paket sembako kepada kaum dhuafa di Kota Cirebon tepatnya diberikan kepada warga Kp.kesunean selatan Kel. Kesepuhan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon. read more