Cirebon 45132, West Java, Indonesia
0231-481264
bsa@syekhnurjati.ac.id

Visi dan Misi

VISI

Menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional pada tahun 2024 dalam penyelenggaran pembelajaran bahasa dan kajian kesusastraan Arab berbantuan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal

 

Unggul :

Prodi yang unggul bermakna ‘bernilai lebih, melampaui, dan kompetitif yaitu prodi bahasa dan sastra Arab memiliki kemampuan yang melebihi dan melampaui Standar  Nasional  Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan standar akreditasi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN PT)  serta berdaya saing pada tingkat ASEAN. Keunggulan prodi dibangun melalui kegiatan-kegiatan akademik yang bersifat substansial di bidang tridarma pendidkan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di bidang bahasa, kebahasaan dan kesusastraan arab.

Kearifan lokal :

Suatu gagasan konseptual yang hidup dalam masyarakat lokal, tumbuh dan berkembang secara terus-menerus dalam kesadaran masyarakat lokal dan dijadikan pedoman untuk menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan kebutuhan mereka melalui proses yang berulang-ulang, internalisasi dan interpretasi ajaran agama dan budaya yang disosialisasikan dalam bentuk norma-norma.

Nilai Keislaman :

Perangkat sistem keyakinan bersumber dari pokok ajaran Islam (aqidah, syariat, ahlaq) dan hasil interaksi manusia tanpa bertentangan dengan syariat yang menjadi panduan berkehidupan, bermasyarakat dan bernegara.

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa dan kebahasaan Arab yang profesional berdasarkan nilai-nilai keislaman untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab.
  2. Menyelenggarakan riset bidang  bahasa, kebahasaan dan kesusastraan Arab yang unggul dan berkualitas sehingga menjadi rujukan dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab.
  3. Menyebarluaskan pengalaman dan temuan-temuan inovatif dalam bidang bahasa, kebahasaan dan kesusastraan Arab melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dalam bentuk kemitraan dengan stakeholder dalam rangka menyiapkan lulusan yang profesional di bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab.
  5. Mengembangkan nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal melalui bidang bahasa dan kesusatraan Arab yang berkemajuan.