Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Sejarah Singkat

Pada tahun 2015, tim pengembangan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengambil langkah strategis dengan mengusulkan pendirian Program Studi Bahasa dan Sastra Arab. Inisiatif ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya memperkuat kajian dan pengajaran bahasa serta sastra Arab dalam konteks pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Usulan ini, yang muncul dari kebutuhan mendalam akan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Arab, merupakan langkah awal dalam mewujudkan visi untuk menambahkan dimensi baru dalam kurikulum akademik yang ditawarkan oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dengan dukungan penuh dari fakultas dan manajemen universitas, usulan tersebut kemudian dikembangkan menjadi proposal formal yang menyertakan rincian tentang kurikulum, sumber daya yang dibutuhkan, dan potensi kontribusi program studi terhadap pengembangan keilmuan dan kelembagaan.

Pada tanggal 16 September 2016, upaya tim pengembangan membuahkan hasil yang membahagiakan dengan diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 5196 Tahun 2016. Surat keputusan ini, yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA, memberikan legalitas resmi atas pendirian Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tanggal pengesahan ini kemudian ditetapkan sebagai hari Dies Natalis bagi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), menandai lahirnya sebuah entitas akademik baru yang siap memberikan kontribusi signifikan dalam kajian dan pengajaran bahasa serta sastra Arab. Keberhasilan ini disambut dengan antusiasme oleh komunitas akademik dan mahasiswa, menandai awal dari bab baru dalam sejarah pendidikan tinggi Islam di Cirebon.

Tujuan dari pendirian Program Studi Bahasa dan Sastra Arab ini jelas dan beragam. Pertama dan terutama, program ini dirancang untuk memperkuat dan mengembangkan keilmuan bahasa dan kesusastraan Arab, yang dianggap penting dalam memahami dan menginterpretasikan teks-teks keagamaan serta literatur klasik Arab. Selain itu, keberadaan jurusan ini juga dimaksudkan untuk memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan kelembagaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya dengan rencana pemekaran menjadi sebuah fakultas mandiri yang berfokus pada Sastra dan Humaniora. Dengan demikian, pendirian Program Studi Bahasa dan Sastra Arab tidak hanya menjadi tonggak sejarah bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, tetapi juga menjadi langkah penting dalam memperkaya lanskap pendidikan tinggi Islam di Indonesia, dengan menyediakan platform bagi pengembangan dan penguatan ilmu bahasa dan sastra Arab. Selama perjalanannya jurusan BSA telah mengalami masa kepemimpinan, yaitu :