Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

DOSEN BSA IAIN CIREBON MENJADI NARASUMBER SEMINAR IQLAB INDONESIA

Palembang – IQLAB (Ittihad Aqsam Al-Lughah Al-Arabiyah wa ‘Adabiha) Indonesia berhasil menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang berlangsung pada tanggal 29-30 April 2024 di Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus pusat IQLAB dan Pimpinan program studi Bahasa Arab se-Indonesia, mencatat kehadiran 24 delegasi dari program studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang berasal dari berbagai institusi di bawah naungan Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam sambutan hangatnya, Ketua IQLAB mengucapkan terima kasih yang tulus kepada tuan rumah atas keramah-tamahan dan dukungannya yang luar biasa dalam menyelenggarakan acara tersebut. Beliau menekankan betapa pentingnya asosiasi seperti IQLAB bagi program studi, khususnya dalam bidang bahasa dan sastra Arab, sebagai sebuah mitra strategis dalam menguatkan kurikulum dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Ketua IQLAB juga menyoroti peran vital asosiasi dalam memfasilitasi pertukaran ilmu dan pengalaman antara para akademisi, sehingga memperkaya wawasan dan kompetensi mereka. Kemitraan ini, menurut beliau, tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran dan penelitian, tetapi juga pada pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Arab yang lebih inovatif dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Rakernas IQLAB 2024 diramaikan dengan serangkaian kegiatan penting, salah satunya adalah seminar Bahasa dan Sastra Arab dengan mengusung tema “Al-Qodaya al-Mu’asirah fi Al-Alam Al-‘Arabiy” atau “Isu-Isu Kontemporer di Dunia Arab”. Seminar ini bertujuan untuk membuka wawasan dan mendalamkan pemahaman para peserta terhadap berbagai isu kontemporer yang saat ini dihadapi oleh dunia Arab. Melalui diskusi dan presentasi dari para ahli, seminar ini diharapkan dapat menjadi jembatan pengetahuan yang menghubungkan para peneliti, dosen, dan mahasiswa dengan dinamika terkini yang terjadi di dunia Arab, serta memperkaya kajian sastra dan bahasa Arab dengan perspektif yang lebih luas dan mendalam.

Dosen BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H. Rijal Mahdi, Lc., MA dan Erfan Gazali, MSI berpatispasi aktif dalam seminar IQLAB Indonesia dengan mempresentasikan hasil kajian mereka dalam bidang sastra Arab dengan judul “Gadis Jawa Dalam Literatur Arab Saudi”. Kajian yang disampaikan mengangkat dua novel Arab Saudi yang bertemakan keindonesian yang berjudul “Ghadan Ansa” karya Dr. Amal Muhammad Syata, dan novel yang berjudul “Al-Jawiyah” karya novelis Arab Saudi Muhsin Al-Ghamidi.

Di sisi lain, Rakernas IQLAB 2024 juga mengadakan lokakarya khusus yang fokus pada implementasi kurikulum dalam kerangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Lokakarya ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran gagasan dan strategi dalam merespon kebutuhan pendidikan yang terus berkembang, serta mengoptimalkan kerjasama antar program studi bahasa, sastra, dan budaya se-Indonesia. Peserta akan diajak untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam merumuskan pendekatan-pendekatan inovatif terhadap kurikulum yang tidak hanya relevan dengan tuntutan zaman, tetapi juga mendukung pengembangan keilmuan dan profesionalisme mahasiswa. Melalui kegiatan ini, IQLAB berharap dapat mendorong terciptanya ekosistem pendidikan yang lebih terbuka, kolaboratif, dan inovatif di bidang bahasa, sastra, dan budaya.