Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Mahasiswa BSA IAIN Cirebon sampaikan presentasi di UniSHAMS, Malaysia

Kedah, 5 Maret 2024, Dua orang mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Ushuluddin dan Adab, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Nur Faizah dan Melisa Citra Lestari, sukses memaparkan makalah mereka dalam program International Student Mobility (ISM) Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Kulliyah Usuluddin, Sains Al-Quran dan Bahasa Arab, Universiti Islam Antarabangsa Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSHAMS) Kedah, Malaysia, hari Selasa, 4 Maret 2024.

Presentasi yang bertempat di ruang pertemuan Fakultas Usuluddin, Sains Al-Quran dan Bahasa Arab, Unishams tersebut dihadiri oleh para civitas akademika fakultas. Nur Faizah memaparkan makalah berbahasa Arabnya yang berjudul “Tarjamaẗ kalimaẗ alʾamr fi suwraẗ huwd: dirāsaẗ muqāranaẗ bayna tarǧamaẗ wizāraẗ ʾaššu’un ʾaddiniyyaẗ ʾalʾinduwnīsiyaẗ wa almuṣḥaf ʾal mālizīy” (Terjemahan Kata Al-Amr Dalam QS Hud: Perbandingan Terjemahan Kemenag RI & Terjemahan Mushaf Malaysia). Sementara Melisa Citra Lestari menyampaikan makalah berjudul “Maʿna Kalimaẗ ’Uṣbaẗ fī ʾalqur’an ʾalkarīm: dirāsaẗ dilaliyaẗ ʿind Toshihiko Izutsu” (Analisis kata “usbah” dalam Al-Quran: Studi Semantik Toshihiko Izutsu).

Program ISM adalah program unggulan Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) dengan mengirim para mahasiswa ke beberapa negara di luar negeri untuk berkegiatan kolaboratif dengan universitas mitra di Kawasan Asia Tenggara, untuk wilayah Malaysia ada dua tempat yang menjadi tujuan lawatan yaitu Selangor dan Kedah. Universiti Islam Antarabangsa Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSHAMS) bagi IAIN Syekh Nurjati adalah mitra yang sudah terjalin hubungan dengan baik sejak tahun 2022.

ISM FUA 2024 di Unishams melibatkan 3 jurusan yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir dan juga Jurusan ilmu Hadis dengan masing-masing jurusan mengutus dua mahasiswa. Kegiatan ini adalah wujud nyata dari berbagai program kerjasama antar institusi dalam upaya meningkatkan wawasan dan pengalaman internasional mahasiswa. Dekan Fakultas Ushuluddin, Sains Al-Quran dan Bahasa Arab UniSHAMS, Dr. Mohamad Hazil bin Ismail, menyambut baik program ini dan menaruh harapan besar untuk kelanjutannya.

“Program ini membuka peluang bagi para mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan dan memperluas jaringan pertemanan di kancah global,” ujar Dr. Hazil.

Apresiasi tinggi juga datang dari Dr. Anwar Sanusi, M.Ag Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Beliau menilai program ISM ini sejalan dengan visi dan misi fakultas untuk melahirkan sarjana Muslim yang unggul dan berwawasan global.

“Capaian para mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin dan Adab dalam mempresentasikan makalah mereka di UniSHAMS merupakan bukti nyata kualitas dan potensi mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” ungkap Dr. Anwar.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof. Dr. Aan Jaelani, M.Ag, turut memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap program ISM. Beliau berharap program ini dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak mahasiswa di masa depan.