Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Mengadakan FGD Pematangan Kurikulum dan Persiapan Launching Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Cirebon 24/11/2023- Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas peninjauan kurikulum berbasis KKNI dengan orientasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta persiapan pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bidang Bahasa dan Sastra Arab. FGD ini diadakan di Dapoer Cendana Resto dan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Ushuludin dan Adab, Wakhid Nashruddin, Ph.D.

Maman Dzul ‘Iman, MA, Ketua Jurusan BSA, menyatakan bahwa jurusan ini serius dalam merancang kembali kurikulum berbasis KKNI dan MBKM. Ia menjelaskan bahwa ke depan, BSA akan mengelola dua konsentrasi keilmuan, yaitu Bidang Linguistik dan Sastra. Ini menjadikan BSA sebagai penyelenggara prodi BSA pertama di Indonesia yang memiliki dua konsentrasi keilmuan yang komprehensif. Kelas pada satu angkatan akan dipisahkan berdasarkan pilihan kompetensi mahasiswa.

Wakhid Nashruddin, Ph.D menambahkan bahwa transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC) harus diikuti dengan inovasi dan kreativitas, termasuk desain MBKM yang harus segera diimplementasikan. BSA diakui sebagai model pengelolaan jurusan dengan program tridarma yang bereputasi nasional dan internasional.

Sekretaris Jurusan BSA, Erfan Gazali, MSI, menyatakan bahwa BSA sedang mempersiapkan berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bidang bahasa dan sastra Arab. Tujuannya adalah menyediakan lulusan BSA dengan sertifikat kompetensi di bidang Bahasa dan Sastra, sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja. Pihaknya bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Kementerian Ketenagakerjaan serta memberikan pelatihan asesor kompetensi bagi para dosen.

Dosen BSA, Rijal Mahdi, Lc. MA, menyambut baik inisiatif tersebut dan menekankan pentingnya pembaharuan desain kurikulum dan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa. Pembaharuan kurikulum dan sertifikasi diharapkan menjadi katalisator bagi peningkatan kompetensi mahasiswa dan peningkatan kualitas program studi BSA.