Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Dosen BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menjadi Pembicara dalam Konferensi Internasional di Turki

Aulia Sholichah Iman Nurchotimah, M.Pd, Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi salah satu pembicara dalam International Conference on Medical and Health Sciences yang diadakan oleh ISRES (International Society for Research in Education and Science) di Antalya, Turki, pada 16-19 November 2023. Dalam konferensi yang dihadiri oleh para ahli dan praktisi kesehatan dari seluruh dunia, Aulia Sholichah menyoroti pentingnya pendidikan anti-kekerasan seksual bagi mahasiswa perguruan tinggi dalam makalahnya yang berjudul “The Urgency Anti-Sexual Violence Education for Higher Education Student.” Papernya menggambarkan urgensi pendidikan anti-kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi sebagai langkah proaktif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi mahasiswa.

Dalam presentasinya, Aulia menyajikan hasil penelitian dan analisis yang mendalam, menggarisbawahi dampak positif dari pendidikan tersebut terhadap kesejahteraan mental dan emosional mahasiswa. Dosen ini juga berbagi praktik terbaik dan pandangan dari pengalaman pengajarannya di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, memperkaya diskusi dengan perspektif uniknya sebagai pengampu bidang kajian pendidikan kewarganegaraan yang telah terlibat dalam upaya pendidikan di bidang kesehatan. Keberhasilan sang kadidat doktoral bidang kajian pendidikan kewarganegaraan sebagai pembicara dalam konferensi ini mencerminkan kontribusi positif dari akademisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sedang menyongsong transformasinya menuju Universitas Islam Negeri Siber.

IAIN Syekh Nurjati menguasai dalam isu-isu kesehatan global dan menunjukkan bahwa keahlian lintas disiplin ilmu seperti Pendidikan Kewarganegaraan dapat memberikan wawasan yang berharga dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di tingkat internasional.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof. Dr. Aan Jaelani, M.Ag mengungkapkan apresiasi mendalamnya terhadap partisipasi Aulia Sholichah dalam konferensi internasional tersebut. Dalam pernyataannya, belaiu menyatakan bahwa kehadiran dosen universitas dalam forum internasional ini merupakan bentuk kontribusi positif terhadap citra pendidikan tinggi Indonesia.

“Kami sangat bangga melihat salah satu dosen kami, berbicara di hadapan para ilmuwan dan praktisi kesehatan global. Tema yang diangkatnya, yakni pendidikan anti-kekerasan seksual, mencerminkan komitmen universitas kami terhadap menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi seluruh mahasiswa,” ujar Prof. Aan.